9 Tips Belajar Aktif Sepanjang Bulan Ramadhan, Puasa harus tetap Semangat!

1510
Tips Belajar Aktif Sepanjang Bulan Ramadhan

Arwini.com – Tips belajar aktif sepanjang bulan Ramadhan bisa menjadi salah satu solusi untuk tetap semangat meskipun sedang berpuasa. Kewajiban berpuasa selama bulan Ramadhan tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para pelajar. Perut yang lapar dan mata yang mengantuk lazim dialami di saat jam pelajaran. Tak jarang hal itu membuat siswa kurang konsentrasi dalam menerima pelajaran.

Begitu juga dengan orang tua yang selalu memperhatikan perkembangan anak, kita bisa menggunakan metode belajar metossori dengan melakukan beragam pendekatan agar anak selalu memperhatikan pelajaran mereka.

Bulan Ramadhan bisa menjadi momen untuk melatih kedisiplinan dan juga meningkatkan keimanan. Disiplin dalam menjalankan ibadah puasa dan mengikuti pelajaran menjadi dua hal yang bisa dijalani secara beriringan. Tetap semangat dalam berpuasa dan belajar bisa dilakukan dengan tips belajar aktif saat puasa Ramadhan berikut ini.

Tips Belajar Aktif Sepanjang Bulan Ramadhan agar tetap Semangat

1. Awali sahur dengan makanan sehat dan bergizi

Mengkonsumsi makanan sehat yang bergizi saat sahur sangatlah penting sebagai bekal untuk menjalani aktifitas seharian. Perbanyak minum air putih di malam hari juga sangat penting untuk mengganti cairan tubuh yang hilang pada siang hari.

Demikian juga pada saat berbuka puasa, mencukupi kebutuhan gizi harian sangat penting untuk menjaga stamina dan kekebalan tubuh selama berpuasa. Dengan stamina yang baik tubuh akan tetap fit menjalani aktifitas di sekolah, meski sedang berpuasa.

2. Hindari tidur setelah sahur

Salah satu godaan yang sulit dicegah setelah sahur adalah rasa kantuk yang hebat. Meski mengantuk, usahakan untuk tidak tidur. Sebaiknya menunggu hingga waktu sholat Subuh tiba dan segera menjalankan sholat Subuh. Sholat berjamaah di masjid tentu memiliki keutamaan yang lebih jika dibandingkan sholat sendiri di rumah.

Setelah sholat subuh, kita bisa melanjutkan aktifitas atau mempersiapkan diri untuk pergi ke sekolah. Ingat, kebiasaan tidur setelah sahur atau sholat Subuh hanya akan membuat tubuh merasa lemas dan tidak bersemangat. Hayo, siapa yang pernah merasakannnya?

3. Atur jadwal harian

Kegiatan selama bulan Ramadhan tentu akan sedikit berbeda dengan bulan lainnya. Oleh karena itu penting untuk mengatur jadwal sesuai dengan aktifitas
yang akan dijalani. Kita bisa menyesuaikan waktunya dengan kegiatan sehari-hari agar lebih teratur. Dengan jadwal kegiatan yang terencana kita bisa belajar efektif selama Ramadhan.

4. Manfaatkan tidur siang

Tidurnya orang yang sedang berpuasa itu termasuk ibadah. Namun bukan berarti tidur seharian ya. Kita bisa manfaatkan waktu luang di siang hari untuk beristirahat dan tidur siang, untuk sejenak mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Tidur selama 30 menit sampai 1 jam saja sudah cukup untuk membuat tubuh segar kembali.

5. Belajar setelah tidur siang

Karena tubuh sudah kembali segar, maka setelah tidur siang bisa dimanfaatkan sebagai waktu yang efektif untuk belajar. Dimana otak akan lebih mudah mencerna pelajaran setelah sejenak beristirahat. Tapi setelah belajar tidak boleh tidur lagi ya!

6. Belajar via online

Kita juga bisa memanfaatkan teknologi internet untuk belajar via online. Beberapa pelajaran yang mungkin tidak ada materinya di dalam buku bisa dicari di internet agar materi yang dipelajari lebih lengkap.

7. Belajar agama dan mengaji

Manfaatkan waktu di sore hari untuk belajar agama dan mengaji. Dengan kegiatan ini waktu tidak akan terbuang percuma tapi memberikan manfaat yang baik untuk diri kita. Dari pada main game di warnet, lebih baik memanfaatkan waktu untuk menambah ilmu agama dan ibadah. Bulan Ramadhan itu sangat singkat, jadi jangan sia-siakan keberkahannya.

8. Olahraga ringan

Puasa bukan halangan untuk tetap berolahraga agar tubuh tetap sehat. Tapi meski begitu sebaiknya memilih jenis olahraga yang ringan dan tidak terlalu berat. Kita bisa jalan pagi, bersepeda atau senam ringan di rumah.

9. Perbanyak ibadah

Bulan Ramadhan menjadi momen istimewa untuk memperbanyak ibadah karena pada bulan ini Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipat ganda bagi hamba-Nya. Jadi jangan sia-siakan kesempatan untuk beribadah karena nilainya lebih istimewa. Tapi ingat, setelah bulan Ramadhan pun ibadahnya juga harus tetap semangat ya!

Saat menjalani puasa selama bulan Ramadhan tentu banyak godaan yang akan menguji kekuatan iman kita. Dengan tips belajar aktif selama bulan Ramadhan semoga aktifitas belajar dan kewajiban menjalankan puasa bisa berjalan lancar tanpa hambatan. Niatkan hati untuk menjalankan ibadah puasa secara ikhlas semata-mata karena Allah SWT, niscaya semua ibadah akan terasa ringan dan menyenangkan.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here