Tips Agar Tidak Mudah Haus ketika Berpuasa di Bulan Ramadhan

2686

Arwini.com – Tips agar tidak mudah haus ketika berpuasa di Bulan Ramadhan sangatlah perlu agar bisa menjaga stamina tubuh dan tidak mudah lemas saat berpuasa.

Seperti yang kita ketahui bahwa tinggal beberapa minggu lagi bulan Ramadhan akan segera tiba, bagaimana persiapan Anda sebagai seorang muslim untuk menyiapkan segala kebutuhan di bulan yang penuh berkah ?

Banyak kebutuhan yang harus disiapkan diantaranya untuk memperlancar kewajiban berpuasa bagi Anda seorang muslim. Kesehatan harus terjaga dan menghilangkan hal-hal yang akan membatalkan puasa. Salah satu hal yang kurang bisa terkontrol saat berpuasa adalah rasa haus.

Bagi sebagian orang puasa menjadi hal yang biasa dilakukan. Namun sebagian lagi seperti beberapa pekerja berat konstruksi bangunan dan beberapa pekerja outdoor lainnya sangat sulit menahan haus di kala puasa.

Untuk menghindari haus yang membatalkan puasa berikut ini beberapa tips agar tidak mudah haus ketika berpuasa di bulan ramadhan serta untuk menjaga tubuh agar tetap sehat saat berpuasa.

cnnindonesia.com

Tips agar Tidak Mudah Haus Puasa Ramadhan

1. Minum delapan gelas air

Meminum air delapan gelas air dalam satu hari disarankan untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dalam enjalani aktivitas. Bedanya saat hari biasa kita dapat mengonsumsinya sewaktu-waktu. Namun pada saat puasa dapat dilakukan saat berbuka dan sahur.

Cara yang tepat untuk mengatur asupan minuman 8 gelas dalam sehari saat sahur dan berbuka puasa adalah dengan mengkonsumsi 2 gelas saat berbuka, 2 gelas di saat setelah shalat tarawih, 2 gelas saat bangun tidur dan 2 gelas setelah sahur.

Hal demikian akan lebih membantu dalam mengatur cairan dalam tubuh dan menstabilkan asupan air saat di Bulan Ramadhan. Cara ini juga efektif untuk memenuhi kebutuhan mineral dan mengurangi dehidrasi.

2. Hindari makanan pedas

Bagi Anda yang memiliki selera pedas, sangat dianjurkan untuk lebih mengurangi asupan makanan pedas terutama saat bersantap sahur. Makanan pedas akan membuat Anda cenderung lebih mengalami haus saat beraktifitas di siang hari.

Selain makanan pedas, makanan yang asin juga dapat meningkatkan kebutuhan cairan sehingga akan membuat Anda merasa cepat haus. Dengan mengurangi makanan pedas dan asin akan membantu mengurangi kebutuhan cairan dalam tubuh dan rasa haus.

3. Perbanyak makan buah-buahan

Saat menikmati santap sahur sebaiknya Anda juga menyeimbangkan dengan mengkonsumsi buah yang terbukti kaya akan serat dan cairan. Buah akan membuat pencernaan bekerja lebih lama dan akan mengurangi rasa haus terutama saat berpuasa.

Buah juga mengandung gula alami yang baik bagi Anda dengan kandungan glukosa alami ang baik untuk asupan gizi. Buah yang baik mengandung banyak air seperti semangka. Namun perlu diperhatikan juga konsumsi buah dengan cukup jangan terlalu berlebihan.

4. Kurangi aktivitas kurang bermanfaat

Beberapa aktivitas kurang bermanfaat dapat dihindari saat berpuasa, hal-hal yang kurang baik tersebut misalnya seperti bicara terlalu keras ataupun melakukan hal yang sebenarnya tidak perlu dilakukan pada saat itu.

Membicarakan tentang puasa, di Bulan Ramadhan memang menjadi puasa yang wajib bagi kaum muslim. Namun tak hanya itu Anda juga dapat melakukan puasa di bulan selain bulan Ramadhan diantaranya yaitu puasa sunah, puasa daud dan lain sebagainya.

Puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh baik secara rohani maupun jasmani. Dengan puasa, organ pencernaan akan diberikan kesempatan untuk beristirahat. Secara rohani akan meningkatkan kesabaran dan juga mendapatkan pahala tentunya jika diimbangi dengan niat baik.

Hikmah Menahan Lapar dan Haus di Bulan Ramadhan

Puasa dapat memiliki kebaikan yang tidak terduga sebelumnya. Tidak hanya mendapatkan pahala saja berikut ini beberapa dari hikmah puasa di bulan Ramadhan diantaranya yaitu :

1. Melatih disiplin waktu

Beberapa kegiatan seperti sahur, berbuka, shalat tarawih dan witir serta beberapa kegiyang ada di luar kebiasaan sehari-hari akan membuat hidup menjadi lebih disiplin pada waktu.

2. Memberikan keseimbangan dalam hidup

Pada saat menjalani puasa maka kita akn beribadah dan hawa nafsu akan terkurangi. Dengan demikoan keseimbangan antara dunia dan akhirat dapat terlaksana.

3. Mempererat silaturahmi

Dengan adanya bulan puasa Ramadhan seseorang akan melakukan banyak ibadah di masjid terutama saat menjelang isya. Dengan melakukan sholat berjamaah aka seseorang akan lebih akrab dengan lingkungan sekitarnya.

4. Lebih peduli terhadap sesama

Saat puasa maka kita akan merasakan adanya rasa lapar dan haus serta akan membuat kita lebih bersyukur dengan apa yang kita dapatkan saat berpuka puasa dan menambah kenikmatan didalamnya.

5. Setiap kegiatan baik dinilai ibadah

Bulan yang penuh berkah saat kita menunaikan ibdah puasa segala amal kita akn dicatat berlipat dan sangat memberikan banyak hidayah bagi kita.

Tidak hanya sekedar berbuat baik saja kita harus ikhlas dengan apa yang telah kita perbuat tanpa mengungkit kembali diwaktu mendatang.

Sekian artikel mengenai tips agar tidak mudah haus ketika berpuasa di bulan ramadhan semoga bermanfaat dan dapat diambil hikmahnya.

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here