Cara Sederhana Mencegah Timbulnya Jerawat saat Menstruasimu Berkunjung

272
Penyebab Jerawat saat Menstruasi
Penyebab Jerawat saat Menstruasi

Cara Sederhana Mencegah Timbulnya Jerawat saat Menstruasimu Berkunjung

Menstruasi merupakan sebuah siklus yang setiap bulannya selalu dialami oleh wanita yang sudah menginjak masa pubertas. Saat menstruasi datang, biasanya timbul beberapa gejala haid yang antara lain dapat memicu demam, kemudian kerap kali emosi tidak terkendali, pinggang terasa sakit, perut terasa mual, bahkan sampai dengan timbulnya jerawat di wajah.

Menjadi salah satu masalah yang sering kali timbul saat menstruasi, jerawat tentu adalah hal yang tidak menyenangkan (baca: noda jerawat). Kecenderungan jerawat di wajah menjadikan wajah kurang bersih yang akhirnya membuat seorang wanita pun kurang percaya diri.

Coba kita perkirakan seperti ini, jika jerawat selalu muncul saat terjadinya menstruasi, berarti setiap bulan wajah akan dihingapi oleh jerawat. Nah, apabila jerawat di wajah yang timbul pada siklus menstruasi di bulan kemarin ternyata belum meradang di bulan ini dan kemudian muncul lagi jerawat yang baru bagaimana? Wajah kita akan diramaikan oleh banyak jerawat bukan? Hal ini tentu akan membuat kita semakin kurang percaya diri.

Tidak perlu dikhawatirkan secara berlebih. Pasalnya, hal itu masih dapat dicegah dengan beberapa cara. Berikut cara mencegah supaya jerawat tidak timbul disaat menstruasi datang.

1. Jaga Kebersihan Wajah

Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah wajah yang dihinggapi debu atau kotoran. Dimana debu tersebut lalu bercampur dengan minyak kulit yang ada di wajah kita.

Dalam kondisi menstruasi ataupun tidak, debu yang menempel dan mengendap pada lapisan kulit bakal memicu hadirnya jerawat. Maka dari itu, jagalah kebersihan wajah secara rutin dengan mencuci muka paling tidak sehari 2 atau 3 kali lebih lanjut untuk perawatan wajah bisa baca ini wajah sehat.
Mencuci wajah dengan memakai air bersih dapat membantu melunturkan debu yang bercampur dengan minyak serta juga keringat di wajah. Selain memakai air, menggunakan sabun pencuci muka juga dapat membantu menjadikan wajah bersih bersinar dan terbebas dari kotoran.

Apabila cara ini anda tempuh secara berkala, maka disaat anda menstruasi (baca: proses menstruasi), kemungkinan untuk timbulnya jerawat akan semakin kecil.

2. Hindari Aktivitas yang Menimbulkan Stress

Stress merupakan faktor utama yang memicu munculnya jerawat. Sel-sel pada kulit mempunyai reseptor atas hormon stress (baca: Atasi stres). Dimana reseptor itu akan bekerja ketika sebum terbentuk. Sebum ialah substansi yang merupakan gumpalan bakteri yang telah menghalang di pori-pori.

Disaat sebum telah menghalangi pori-pori, munculah jerawat serta komedo di kulit wajah kita. Sebum sendiri dapat diproduksi lebih banyak saat seseorang sedang mengalami stress atau sedang banyak pikiran.

Hindarilah beberapa aktivitas yang menimbulkan stress ketika dalam keadaan menstruasi. Seringlah untuk berfikir yang positif supaya hati pun terus merasakan bahagia.

3. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Mengonsumsi buah dan sayur yang memiliki kandungan nutrisi akan bisa untuk mencegah munculnya jerawat. Terlebih adalah buah dan sayur yang mengandung serat serta vitamin C.

Buah dan sayur yang mempunyai kandungan serat dan juga vitamin C antara lain adalah apel, jeruk, pepaya, kemudian juga bayam.

Kandungan serat dan juga vitamin C yang ada dalam sayur dan buah apabila kita konsumsi akan membantu kulit kita lebih terjaga dan nampak lebih cerah. Apabila kesehatan kulit terjaga, tentunya jerawat pun tak mudah datang.

4. Mengoleskan Masker Apel

Seperti yang diulas sebelumnya bahwa apel merupakan salah satu buah yang mengandung serat dan vitamin C. Dimana kandungan nutrisi yang ada pada buah apel akan membantu untuk menyehatkan kulit.

Buah apel juga bermanfaat untuk membantu proses regenerasi kulit dan juga akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat di wajah. Nah, selain mengonsumsi buah apel, optimalkan juga dengan menggunakan buah apel sebagai masker wajah.

Caranya pun tak sulit. Haluskan buah apel dengan cara di jus ataupun di tumbuk biasa. Setelah itu campurkan bersama madu san barulah lumurkan ke wajah anda.

Biarkan hingga mengering terlebih dahulu, usai itu cucilah wajah dengan air bersih. Lakukan tahap ini secara rutin pada saat seminggu mendekati tanggal menstruasi.

5. Jaga Asupan Cairan Tubuh

Tubuh yang kekurangan cairan akan nampak jelas, dimana wajah akan terlihat mudah untuk kering serta juga mudah kusam. Kondisi wajah yang mudah untuk kering dan kusam inilah yang menjadi pemicu munculnya jerawat.

Maka dari itu, jaga asupan cairan tubuh dengan memperbanyak minum air putih. Konsumsilah air putih yang banyak tidak hanya ketika sebelum, saat, ataupun sesudah menstruasi saja, namun setiap hari.

Demikianlah artikel Cara Sederhana Mencegah Timbulnya Jerawat saat Menstruasimu Berkunjung. Jika dirasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk mensshare ke teman kamu.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here