Temukan Cara Mengatasi Kulit Berminyak Secara Alami

825
Cara Mengatasi Kulit Berminyak Secara Alami

Arwini.com – Kulit berminyak adalah masalah biasa yang sering dialami manusia dan terkadang dianggap menggangu penampilan. Kulit terasa lengket dan lebih rentan terhadap kotoran, debu, serta jerawat adalah masalah yang selalu mengiringi.

Kulit yang memproduksi terlalu banyak minyak akan membuatnya mudah dihinggapi debu, kuman, kotoran, dan benda kecil lainnya yang dapat mengendap hingga masuk ke dalam lapisan kulit.

Jika hal ini terjadi, tidak hanya jerawat saja yang akan timbul, akan tetapi juga masalah kulit lainnya. Seperti kulit kusam, lengket, menjadi sensitif dan lain sebagainya. Oleh karena itu, diperlukan cara mengatasi kulit berminyak yang efektif sebelum timbul masalah yang lain.

Hindari Penyebab Kulit Berminyak

Kulit yang berminyak banyak disebabkan oleh makanan, gaya hidup, lingkungan serta genetis.

Apabila kulit Anda merupakan jenis yang ini dan produksi minyaknya cenderung berlebihan, maka salah satu tips merawat kulit berminyak adalah dengan menghindari jenis-jenis makanan seperti:

  1. Gorengan, mengandung banyak minyak yang juga akan menimbulkan lemak dan kolestrol penyebab kulit berminyak.
  2. Jeroan, pemicu utama yang harus paling dihindari.
  3. Jenis tepung yang berwarna putih, memacu produksi hormon androgen menjadi meningkat, sehingga produksi minyak juga meningkat.
  4. Coklat dan Makanan yang mengandung banyak gula

Selain itu, tingkat lemak dan kolestrol yang tinggi juga dapat menjadi penyebab utama kulit berminyak. Oleh karena itu, seseorang yang memiliki berat badan berlebih juga akan cenderung memiliki kulit lebih berminyak dari yang tidak.

Menerapkan pola hidup sehat untuk mendapatkan berat badan yang ideal juga dapat membantu mengurangi produksi minyak di dalam tubuh.

Pilih Kosmetik yang Tepat untuk Kulit Anda

Cara mengatasi kulit berminyak lainnya adalah dengan mengetahui jenis kosmetik yang cocok untuk Anda. Kulit jenis ini harus menghindari kosmetik yang mengandung alkohol.

Alkohol memang akan memberikan efek dingin dan membersihkan, akan tetapi justru akan menambah produksi minyak pada wajah.

Pilih jenis kosmetik yang khusus untuk kulit ini, dan biasanya yang paling baik adalah yang mengandung bahan alami. Contoh yang paling baik untuk kulit berminyak adalah masker dari perasan jeruk nipis atau lemon.

Keduanya mengandung antiseptik yang akan membantu membersihkan kotoran yang menempel, memperkecil pori-pori dan membatasi produksi minyak di permukaan. Jeruk nipis dan lemon juga akan membantu menghilangkan jerawat.

Mengatasi kulit berminyak secara maksimal dapat dilakukan dengan mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat. Hindari makanan yang menjadi penyebabnya, dan konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung vitamin E, sayuran berwarna hijau serta buah.

Apabila Anda ingin memakai masker, buah pun dapat dijadikan sebagai solusinya. Makanan yang mengandung antioksidan dan seng juga baik untuk mengurangi produksi minyak.

Antioksidan akan membantu menjaga kesehatan sel kulit dan menjaganya agar lebih kuat dari serangan debu, kotoran, sinar matahari dan polusi penyebab jerawat dan kulit berminyak.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here