5 Tempat Wisata Religi Semarang yang Sayang untuk Dilewatkan

1725
Alamat Mesjid Agung Jawa Tengah Wisata Religi Semarang
Masjid Agung Jawa Tengah Semarang (Foto: Bpras.com)

Tempat Wisata Religi Semarang – Selain terkenal dengan Bandeng Presto dan Wingko Babat, Semarang juga terkenal akan wisata religi. Jadi saat kamu berada di Semarang, Jangan hanya menikmati makanan khas, namun sempatkanlah untuk mengunjungi beberapa tempat religi di Semarang guna menambah wawasan serta mendalami beberapa wahana rekreasi.

1. Masjid Agung Jawa Tengah, Perpaduan Arsitektur Jawa, Roma Hingga Negara Arab

Masjid Agung Jawa Tengah terletak di Jalan Gajah Raya, Desa Sambirejo, Gayamsari. Memiliki luas area hingga 7600 m2, masjid ini mampu menampung jamaah sekitar 15.000 hingg dijadikan sebagai salah satu masjid termegah di Indonesia.

Ada berbagai macam keunikan yang dapat kamu temukan di masjid ini, arsitektur Jawa, Roma, dipadukan dengan arsitektur Arab serta dihiasi dengan 6 buah payung hidrolik di halaman utama, seakan mengambarkan kamu sedangang berada di Masjid Nabawi, Madiah.

Payung hidrolik tersebut mampu menaungi 10.000 jamaah, namun hanya dibuka saat sholat Jumat saja. Keistimewaan lain yang dapat kamu temukan di tempat ini adalah menara Asmaul Husna atau biasa disebut Al Husna Tower. Tinggi menara ini sekitar 99m dan dilengkapi dengan teropong pandang Sangat cocok bagi kamu yang ingin memperhatikan suasana kota semarang dari ketinggian gedung.

Dengan semua keunikan serta keistimewaan tersebut, masjid kebanggaan warga Jateng ini didukung dengan fasilitas lengkap seperti perpustakaan, auditorium, ruang akad nikah, museum kebudayaan Islam, cafe muslim, pemandu wisata hingga penginapan. Selain itu, juga dilengkapi sarana bermain anak seperti air mancur, area bermain dan kereta kelinci.

Kamu pun tidak memerlukan biaya banyak untuk menikmati area wisata ini, hanya menyisihkan biaya sebesar 3.000 rupiah untuk memasuki Al Husna Tower dan kawasan masjid. Sangat cocok bagi kamu yang beragama Islam.

2. Klenteng Sam Po Kong, Arsitektur Khas Tiong Hoa yang Memiliki ketinggian 10 M

Klenteng Sam Po Kong adalah klenteng kebanggaan masyarakat Kota Bandeng. Klenteng ini berada di sebelah barat daya kota Semarang, tepatnya di daerah Simongan.

Klenteng ini memiliki arsitektur khas Tiong Hoa yang begitu menarik untuk dikunjungi. Di area ini terdapat sebuah Patung Laksamana Cheng Ho setinggi 10 m yang dijadikan sebagai patung tertinggi di Asean.

Kompleks Klenteng kebanggaan masyarakat Semarang ini begitu mempesona dengan anjungan serta gua Sam Po Kong di dalamnya. Ketika memasuki kawasan klenteng, kamu akan disuguhi sejarah Laksamana Cheng Ho, konon berlayar hingga ke Semarang.

Selain area yang luas, tempat berteduh serta arsitekur yang khas Tonghoa, Klenteng ini juga menyediakan pakaian ala prajurit Cina, cocok bagi kamu yang ingin mengabadikan moment foto khas negeri tirai bambu.

Cukup menyiapkan uang retribusi sekitar Rp 23.000, kamu dapat menikmati kekayaan sejarah semarang ini.

3. Gereja Blenduk, Nuansa Negri Kincir Angin dapat Kamu Temukan di Sini.

Gereja dengan nama asli Gereja Protestan Indonesia Barat Immanuel (GPIB Immanuel) atau Gereja Blenduk terletak di Jalan Letjend Suprapto 32 Kota Lama. Nama tersebut berasal dari bentuk atap yang menyerupai ‘membelenduk’ kubah setengah lingkaran.

Selain bentuk atap yang unik, interior gereja ini pun bergaya Neo Klasik dihiasi lampu gantung kristal serta bangku bangku ala Negeri Belanda yang masih bernuansa khas negri kincir angin.

Baca Juga: Tempat Wisata di Jawa Tengah selain Semarang

4. Pagoda dan Vihara Buddhagaya Watugong, Arsitektu Tingkok yang Dipadukan dengan Kelestarian Lingkungan Sekitar

Pagoda dan Vihara Buddhagaya Watugong terletak di Pundakpayung, Banyumanik, Semarang, Kompleks Pagoda dan Vihara ini berarsitektur khas Tiongkok yang tertata rapi serta berpadu dengan keindahan lingkungan di sekitar.

Dengan Budha Rupang yang begitu besar serta Pagoda yang memiliki 7 tingkatatan setinggi 45 meter, tempat ini dijadikan sebagai salah satu wisata favorit warga semarang dan sekitarnya.

Selain Pagoda yang tinggi, di tempat ini pun berderetan berbagai macam Patung Dewi dan Dewa, sangat cantik bila diabadikan dalam sebuah foto nuansa khas dewa dewi. Selain itu di kawasan ini dilengkapi dengan cottage, disiapkan bagi kamu yang ingin menginap serta lebih menikmati kesejukan dan kelestarian lingkungan sekitar.

5. Pura Agung Giri Natha, Nikamati Pemandangan Kota Semarang dari Ketinggian Bangunan Ini

Wisata religi terkahir yang masuk ke dalam daftar rekomendasi kami adalah Pura Agung Giri Natha. Tempat beribadatan Hindu ini terletak di Jalan Sumbing No 12 Semarang. Suasana asri khas Pulau Bali dapat kamu temukan di tempat ini.

Dengan ornamen khas masyarakat Hindu, pura ini menawarkan pemandangan indah di atas ketinggian bangunan pura. Di tempat ini, kamu dapat menikmati pemandangan kota semarang, seperti Pelabuhan Tanjung Emas, gedung-gedung tinggi peyangga kota, dan lain sebgainya.

Meskipun tempat ini memiliki ornamen khas Bali, namun tidak semua pengunjung dibolehkan masuk.

Kamu hanya boleh memasuki area wisata saat melepas alas kaki serta memakai selendang khas Pura Agung Giri Natha.

Setelah mengunjungi beberapa destinasi wisata religi di atas, jangan lupa untuk menyantap kuliner semarang yang dapat di temukan dengan mudah di beberapa titik.

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here