7 Tempat Wisata di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

1111
Tempat Wisata di Jawa Barat yang Ramai
Tempat Wisata di Jawa Barat yang Wajib dikunjungi

Arwini.com – Bagian barat pulau Jawa memiliki beberapa destinasi wisata yang sangat recommended untuk dikunjungi. Pada masa silam, Jawa Barat sering menjadi rebutan berbagai kerajaan di pulau Jawa karena letaknya yang strategis dan kondisi alamnya yang sejuk dan indah.

Di era modern ini Jawa Barat tetap menjadi primadona sebagai suatu daerah yang memiliki tempat-tempat wisata indah. Jawa Barat juga sangat luas, dari utara ke selatan, terdapat banyak destinasi wisata dengan segala karakteristiknya, berikut 7 tempat wisata di Jawa Barat  paling recommended di era modern ini.

1. Gunung Tangkuban Parahu

Gunung Tangkuban Parahu bisa jadi merupakan destinasi wisata paling recommended di Jawa Barat karena berbagai alasan salah satunya adalah nuansa alamnya. Nuansa alam di Gunung Tangkuban Parahu seakan-akan sangat sesuai dengan cerita rakyat yang berkembang tentang Tangkuban Parahu itu sendiri.

Kisah tentang Sangkuriang yang mencintai Dayang Sumbi yang merupakan ibunya sendiri, sehingga rela membuat sebuah perahu raksasa dan kemudian proyek tersebut gagal dan ia pun menendangnya hingga terbalik.

Gunung Tangkuban Parahu merupakan gunung berapi yang masih aktif, sehingga traveler bisa melihat berbagai asap sulfur berbuih di beberapa spot di tempat wisata ini.

Terletak di kawasan Lembang, Gunung Tangkuban Parahu menawarkan berbagai spot wisata dan spot terbaik adalah kawah raksasanya dimana traveler bisa melihat pemandangan luar biasa indahnya. Selain itu kawah di Gunung Tangkuban Parahu sering dijadikan objek fotografi karena nuansa alamnya yang sangat indah.

2. Jalan Braga

Inilah sebuah jalan yang membuat Bandung dikenal dunia dan memiliki nilai-nilai artistik yang sangat kental. Pada zaman dahulu, Jalan Braga merupakan kompleks para bangsawan Belanda dan merupakan cikal bakal Bandung sebagai kota mode karena Jalan Braga ini awal mula adanya toko-toko mode bergaya Paris.

Area sepanjang 700 meter ini merupakan maskot dari pariwisata Bandung, karena bangunan-bangunannya yang masih memiliki style timeless dan original. Jalan Braga di era modern, mungkin merupakan kombinasi sempurna antara nilai-nilai kontemporer dengan klasik.

Jalan Braga ini sekarang lebih dikenal dengan sebutan Braga City Walk yaitu sebuah kawasan wisata yang menjadi jagoan dari Bandung itu sendiri. Kawasan ini selain memiliki toko-toko bergaya bangunan Eropa juga terdapat tempat-tempat hiburan seperti kondominium, hotel, shopping mall, cafe dan lain-lain. Jalan Braga ini merupakan salah satu tempat wisata paling recommended di Jawa Barat.

3. Wisata Ujung Genteng

Tempat wisata Ujung Genteng menawarkan sebuah kawasan wisata yang full package dan traveler bisa dengan rileks menikmati itu semua. Terdapat dua spot menarik di Ujung Genteng yaitu pantai dan air terjunnya.

Wisata Ujung Genteng ini terletak di ujung selatan Sukabumi dan traveler bisa merasakan sensasi wisata dengan dua karakter air yang berbeda yaitu air laut dan air tawar.

Wisata pantai yang ada di Ujung Genteng sangat terkenal karena kondisi alamnya yang masih sangat perawan, yah memang inilah keunggulan Ujung Genteng yaitu kondisi alamnya masih sangat terjaga.

Salah satu area pantai paling eksotis di Ujung Genteng adalah pantai Pangumbahan. Keindahan pantainya bahkan sudah sangat mengglobal, tidak heran jika tempat ini sering disinggahi oleh wisatawan asing untuk menjajal ombaknya lewat olahraga surfing.

Selain itu di pantai Pangumbahan terdapat sebuah penangkaran penyu dan di momen-momen tertentu traveler bisa melepas ribuan tukik ke permukaan laut. Selain pantai Pangumbahan masih banyak pantai-pantai eksotis lainnya di Ujung Genteng seperti pantai Tenda Biru, pantai Armanda Ratu, pantai Ombak 7 dan lain-lain.

Selain wisata pantainya, Ujung Genteng juga mempunyai wisata pantai air terjun yang memiliki keindahan luar biasa. Salah satunya adalah Curug Cikaso, traveler bisa menemukan 3 buah air terjun yang menyatu dalam sebuah harmoni.

Traveler bisa merasakan dinginnya air terjun Cikaso ini dengan berenang-renang di area kolam. Selain Curug Cikaso, Ujung Genteng juga mempunyai destinasi air terjun lainnya yaitu Air Terjun Luhur.

4. Museum Etnobotani

Orang-orang Indonesia memang belum terlalu aware pada objek wisata museum. Namun di era modern ini kesadaran akan pentingnya kemajuan membuat museum harus segera menjadi budaya mainstream.

Salah satu objek wisata paling unik yang ada di Indonesia adalah Museum Etnobotani, yaitu museum yang memperlihatkan adanya hubungan tumbuh-tumbuhan dengan kebudayaan suku-suku yang ada di Indonesia.

Museum ini bisa traveler temukan di Jalan Juanda No 22-24 Bogor dan diresmikan oleh BJ Habibie pada tahun 1982 silam. Yang bisa traveler temukan adalah berbagai tumbuhan dan barang-barang yang terbuat dari tumbuhan tersebut serta hubungannya dengan budaya suku-suku yang ada di Indonesia. Objek wisata di Bogor ini sangat unik dan merupakan tempat wisata paling recommended di Indonesia.

5. Taman Wisata Mekarsari

Awalnya merupakan kawasan konservasi namun berubah menjadi kawasan wisata yang menunjukan berbagai hal mengenai buah-buahan. Taman Wisata Mekarsari bisa traveler temukan di Jalan Cileungsi – Jonggol KM3 Bogor dan merupakan salah satu kawasan konservasi buah-buahan terbesar di dunia.

Apa yang bisa traveler temukan adalah kawasan yang hanya spesifik pada buah-buahan, sebuah dreamland yang sangat cantik. Terdapat ribuan varietas buah dan juga jutaan pohon yang ada di Taman Wisata Mekarsari ini.

Di Taman Wisata Mekarsari ini traveler bisa menemukan hal-hal menarik sekaligus edukatif. Traveler bisa berjalan-jalan sambil mempelajari berbagai hal tentang budidaya buah-buahan dan juga bisa menikmati wahana-wahan menarik lainnya.

6. Cibulan

Cibulan merupakan suatu kawasan wisata yang sangat unik di Kuningan Jawa Barat. Traveler bisa menemukan kolam-kolam yang berisikan ikan-ikan dewa yaitu ikan berukuran besar yang dianggap memiliki keramat tersendiri.

Traveler bisa berenang-renang dengan ikan-ikan magis tersebut atau sekadar ingin relaksasi di tempat unik ini. Selain itu traveler juga bisa menemukan tujuh mata air yang ditengahnya terdapat sebuah petilasan.

Ketujuh mata air tersebut semakin menambah eksotis tempat wisata ini, tujuh mata air ini juga dianggap memiliki nilai-nilai spiritual. Pemandian di Cibulan ini selalu ramai pengunjung karena kualitas airnya yang selalu bersih dan terjaga kealamiannya.

7. Pantai Pelabuhan Ratu

Sukabumi memiliki tempat wisata populer yaitu Pantai Pelabuhan Ratu selain karena mitos tentang Nyi Roro Kidul yang membuatnya semakin terkenal. Memang mitos tersebut membuat bulu kuduk banyak orang menjadi berdiri namun hal tersebut tidak membuat tempat wisata ini menjadi sepi.

Kondisi pantai dan juga infrastrukturnya sangat bagus dan menjadi lokasi paling tepat untuk relaksasi. Pantai Pelabuhan Ratu ini memiliki ombak yang besar namun pengunjung masih bisa berjalan-jalan di area tertentu.

Setiap tahun di Pantai Pelabuhan Ratu ini selalu diadakan sebuah ritual yang bernama Hajat Laut, dan banyak wisatawan lokal maupun global yang mengabadikan pesta rakyat tersebut.

Pantai ini sangat recommended untuk dikunjungi dan terdapat sangat banyak penginapan premium di area sekitar Pantai Pelabuhan Ratu.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here