7 Tempat Wisata di Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi

1096
Tempat Wisata di Jawah Tengah yang Wajib dikunjungi




7 Tempat Wisata di Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi – Jawa Tengah merupakan ‘jantung’ pulau Jawa dan memiliki banyak destinasi wisata baik itu pegunungan, pantai, objek historis, kulinaria dan lain-lain. Jawa Tengah sangat identik dengan nilai-nilai tradisi yang sangat eksotis, tidak heran jika di mayoritas tempat wisata kental akan unsur tradisi.

Jawa Tengah memiliki beberapa Kabupaten yang masing-masing mempunyai destinasi-destinasi wisata populer. Dalam artikel ini anda akan menemukan 7 tempat wisata di Jawa Tengah yang namanya sudah sangat populer dan menjadi buruan para traveler dikunjung.

Sebagai sebuah provinsi yang ada di tengah-tengah pulau Jawa, Jawa Tengah sangat mudah diakses baik dari timur maupun barat Jawa, berikut 7 tempat wisata di Jawa Tengah.

1. Gunung Prau

Pesona dari gunung Prau memang tak semelesat gunung Rinjani di Lombok, namun berkat bantuan media sosial, orang-orang dari penjuru Indonesia mulai mengetahui keindahan gunung yang terletak di Kabupaten Wonosobo ini.

Gunung ini menjadi sangat populer karena ‘golden sunrise’ dan ‘golden sunset’ nya yang dicap sebagai yang terbaik di Asia. Gunung ini berdekatan dengan Datarang Tinggi Dieng, jadi traveler bisa sekaligus berlibur ke beberapa spot wisata di Dieng.

Gunung Prau ini merupakan gunung favorit para pendaki akhir-akhir ini karena menawarkan sejuta pesona pada para pendaki.

Selain puncak gunung Prau, traveler juga bisa menemukan berbagai spot-spot indah seperti kawasan perkebunan teh yang sangat fresh ataupun kawasan bukit yang dipenuhi dengan bunga Daisy, bisa dibayangkan betapa indahnya tempat ini.

Selain itu di atas ketinggian, traveler bisa melihat Telaga Warna yang ada di Dataran Dieng yang terlihat sangat cantik, danau dengan warna air berbeda-beda. Dan spot paling spesial dari gunung Prau adalah ‘golden sunrise’ nya, bahkan banyak orang rela menginap diatas ketinggian 2565 mdpl hanya untuk melihat matahari menyembul dari balik awan-awan magis yang mengitari gunung Prau. Objek wisata ini merupakan unggulan pariwisata yang ada di Jawa Tengah.

2. Kepulauan Karimunjawa

Salah satu kepulauan eksotis yang ada di Jawa Tengah adalah Kepulauan Karimunjawa. Kepulauan Karimunjawa merupakan suatu kawasan cagar alam yang mempunyai pesona alam yang luar biasa indahnya.

Traveler bisa melihat dengan jelas terumbu karang warna-warni dengan ikan-ikan yang mengitarinya. Pesona Karimunjawa menjadi daya tarik bagi wisatawan terutama dijadikan sebagai tempat wisata unggulan di Kabupaten Jepara.

Terlihat seperti terapung, pulau ini membuat Kepulauan Jawa begitu dicintai banyak pengunjung. Pasir putih yang mengitari Kepulauan Karimunjawa menampakkan panorama indah yang disertai dengan tempat bersantai untuk sekedar menikmati suasana tenang nan damai.

Kaya akan vegetasi dan satwa liar, Karimunjawa dijadikan sebagai Taman Nasional. Berbagai hal menarik bisa ditemukan traveler di Kepulauan ini seperti hutan bakau yang sangat eksotis, hewan-hewan langka seperti penyu sisik, elang laut dada putih, penyu hijau dan lain-lain.

Spot paling oke di Kepulauan Karimunjawa adalah terumbu karang dan ikan-ikan hias yang begitu indah, tidak heran jika banyak wisman menjajal snorkeling di tempat wisata eksotis ini.

3. Ketep Pass

Ketep Pass merupakan tempat paling pas untuk melihat landscape gunung Merbabu dan gunung Merapi. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan starting point menuju tempat-tempat wisata lainnya di Magelang juga memiliki seabreg fasilitas wisata seperti bioskop mini, ruang penelitian, museum vulkanologi, gardu pandang dan lain-lain.

Ketep Pass memiliki fasilitas lumayan lengkap seperti Gardu Pandang, dimana traveler bisa melihat keseluruhan pemandangan gunung Merbabu dan gunung Merapi secara bersamaan. Anda seperti diberi ruang khusus untuk melihat pemandangan paling indah seumur hidup anda.

Objek wisata ini merupakan objek wisata jagoan Jawa Tengah yang belakangan ini mulai marak dibicarakan oleh para pecinta wisata alam. Selain objek yang keren, tempat ini dapat dijadikan tempat alternatif untuk belajar, terdapat nilai-nilai edukasi yang sulit ditemukan ditempat lain di Indonesia.

4. Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng bisa jadi merupakan tempat wisata terbaik di Jawa Tengah karena berbagai spot wisata alam first class nya. Dunia sudah mengetahui keindahan Dieng, terlihat dari banyaknya turis yang berdatangan ke negeri dewa dewi ini.

Di Dataran Tinggi Dieng, traveler disuguhkan beberapa lokasi wisata dengan karakteristik berbeda-beda. Telaga Warna merupakan salah satu spot terbaik di Dataran Tinggi Dieng, memiliki siluet warna yang berbeda membuat tempat wisata ini sangat unik dan menjadi favorit banyak wisatawan.

Lalu ada bukit Sikunir, dimana traveler bisa melihat pemandangan sunrise dan sunset terbaik di Dieng. Lalu ada kawah-kawah yang membuat siapa saja yang melihatnya tak akan berhenti untuk memuji Tuhan yang telah menciptakannya.

Dataran Tinggi Dieng terletak di Kabupaten Wonosobo dan merupakan tempat wisata populer di Jawa Tengah. Memiliki ketinggian 2000 mdpl, Dataran ini relatif mempunyai hawa dingin, sangat cocok bagi anda yang ingin liburan khas pegunungan.

5. Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah salah satu tempat bersejarah dan siapapun yang berkunjung akan merasa berada di zaman kolonialisme. Lawang Sewu merupakan sebuah gedung bekas kantor perusahaan kereta api Belanda.

Terletak di Semarang, Lawang Sewu awalnya diberi nama Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS hingga masyarakat Semarang banyak menyebutnya dengan sebutan Lawang Sewu yang berarti seribu pintu. Hingga Aura yang timbul di tempat ini memiliki kesan vintage dan retro yang semakin menambah keindahannya.

Penamaan tersebut merujuk pada jumlah pintu yang sangat banyak. Objek wisata di Jawa Tengah ini begitu populer dan menjadi destinasi terbaik untuk fotografi khususnya foto pre wedding.

6. Candi Prambanan

Tempat wisata terbaik lainnya di Jawa Tengah adalah Candi Prambanan yaitu kawasan candi Hindu terbesar di Indonesia. Banyak sekali cerita-cerita rakyat yang menyertai keberadaan candi di Kabupaten Klaten ini.

Candi Prambanan sangat populer dan hampir selalu ramai dikunjungi setiap tahunnya, kepopulerannya bahkan bisa disamakan dengan Candi Borobudur. Saking berharganya, candi ini dikukuhkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Candi ini dibangun oleh Rakai Pikatan untuk menandingi kemegahan Candi Borobudur dan terbukti hingga hari ini kedua candi memiliki peminat yang sangat banyak.

7. Pantai Kartini

Pantai Kartini merupakan pantai terbaik di Kabupaten Jepara dan memiliki hal-hal menarik didalamnya. Di tempat ini, terdapat gedung raksasa berbentuk kura-kura hingga dinamakan Kura-Kura Ocean Park.

Baca Juga: Tempat Wisata Favorit di Jawa Barat

Traveler dapat menemukan berbagai akuarium dari berbagai spesies ikan laut dan penyu. Selain itu, terdapat juga mini theater dan lounge yang membuat tempat wisata ini semakin asyik. Beberapa orang percaya bahwa air laut yang ada di Pantai Kartini dapat menyembuhkan penyakit. Terlepas dari itu objek wisata ini sangat bagus dan termasuk objek wisata favorit di Jawa Tengah.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here