10 Tempat Wisata Favorit di Bogor, Wisata Kece di Buitenzorg

Tempat Wisata Favorit di Bogor
Menikmati Keindahan Alam Kota Bogor

Arwini.com, Tempat Wisata Favorit di Bogor – Bogor dikenal sebagai wilayah dengan curah hujan yang cukup tinggi, sehingga memiliki suhu udara yang relatif dingin.

Ditambah dengan kekayaan tumbuhan yang ada di wilayah ini, menjadikan Bogor sebagai daerah yang berhawa sejuk.

Tak heran jika kemudian Bogor banyak dipilih masyarakat di kota sekitarnya, seperti Jakarta sebagai destinasi wisata alam untuk sejenak melepaskan kepenatan dari hiruk pikuk kesibukan di kota yang semakin padat.

Berbagai sebutan bagi kota Bogor merepresentasikan sebuah tempat yang aman, sejuk dan sangat cocok untuk dikunjungi.

Bogor mempunyai beberapa kuliner serta tempat wisata populer, bahkan menginspirasi daerah-daerah lain untuk meningkatkan potensi kepariwisataan.

Berikut rekomendasi 10 tempat wisata favorit di Bogor yang Wajib dikunjungi:

1. Istana Bogor

Istana Bogor merupakan Istana Kepresidenan yang bisa dikunjungi oleh masyarakat.

Terletak di Jalan H. Juanda, Istana Bogor menjadi salah satu dari enam istana Presiden yang menyimpan koleksi seni dari para seniman ternama.

Setidaknya ada sekitar 448 lukisan, 216 patung dan 196 keramik bernilai seni tinggi yang saat ini tersimpan di museum Istana Bogor.

Destinasi Wajib di Bogor
Istana Kepresidenan Bogor / Febrialamsyah.deviantart.com

Salah satu yang menjadi daya tarik Istana Bogor adalah keberadaan rusa tutul (Axis axis) asal Nepal yang tetap terpelihara dengan baik dan dilestarikan hingga saat ini. Rusa-rusa tersebut pertama kali didatangkan pada tahun 1808.

Untuk mengunjungi lokasi wisata bersejarah ini, pengunjung harus meminta izin dari Sekretaris Negara Kepala Rumah Tangga Kepresidenan Bogor beberapa hari sebelumnya.

Warga Bogor biasa berjalan-jalan di sekitar Istana Bogor pada akhir pekan untuk sekedar memberi makan rusa-rusa di halaman Istana Bogor dengan wortel yang banyak dijual di sekitarnya.

2. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan tempat wisata favorit di Bogor yang wajib dikunjungi, karena selain menikmati keindahan alamnya yang memiliki banyak koleksi tumbuhan langka, tempat ini bisa dijadikan wisata edukasi bagi Anda dan keluarga.

rekomendasi Tempat Wisata di Bogor
Kebun Raya Bogor / Initempatwisata.com

Setidaknya ada sekitar 15.000 jenis tumbuhan di lokasi yang memiliki luas hingga 87 hektare ini. Dengan tiket masuk seharga Rp 14.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 25.000 untuk wisataan asing, harga tersebut sudah termasuk asuransi dan tiket masuk ke Museum Zoologi.

Dengan fasilitas menarik seperti Laboratorium Treub, Laboratorium Kultur Jaringan, Griya Anggrek, Garden Shop Kebun Raya Bogor, lokasi wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.30 WIB-17.00 WIB. Selain fasilitas di atas, Kebun Raya Bogor juga dilengakapi dengan perpustakaan, toko souvenir dan museum.

3. Taman Safari Cisarua

Taman Safari Cisarua merupakan tempat wisata favorit seanjutnya yang barada dalam list kami.

Terletak di Desa Cibereum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, wisata ini tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Obyek Wisata canik di Bogor
Taman Safari Cisarua Blogor / Bubuhansamarinda.com

Setidaknya ada 2.500 satwa di lokasi wisata ini, termasuk diantaranya adalah satwa yang hampir punah, seperti komodo, jerapah, harimau Benggala, orang utan, singa, anoa, dan lainnya.

Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam dan melihat berbagai jenis satwa di alam bebas.

Dengan menggunakan mobil, pengunjung akan diajak melihat langsung bagaimana aktivitas para satwa layaknya di habitat aslinya.

Fasilitas di lokasi ini cukup menarik, diantaranya seperti Fun Zone dan waterpark, cowboy show, safari treck, hingga berenang dengan lumba-lumba.

Adapun untuk tiket masuk, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp150.000 untuk dewasa dan Rp 140.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk wisatawan asing diberlakukan tarif sebesar Rp 300.000 untuk dewasa dan Rp 250.000 untuk anak-anak.

4. Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari merupakan lokasi wisata alam yang menawarkan wisata agro yang sangat menarik.

Dengan luas mencapai 264 hektare, lokasi wisata yang terletak di Kecamatan Cileungsi, Bogor ini merupakan tempat pelestarian kekayaan alam terutama buah-buahan tropis jenis bibit unggul dari seluruh Indonesia.

Dengan tiket masuk sebesar Rp 35.000, tempat wisata ini buka mulai jam 09.00 WIB-16.30 WIB.

Daftar Tempat Wisata di Bogor yang Wajib dikunjungi
Taman Wisata Mekarsari Bogor / Id.theasianparent.com

Di lokasi wisata ini pengunjung tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar.

Untuk mendapatkan informasi mengenai tanaman apa saja yang sedang berbuah, pengunjung bisa menelpon pihak pengelola Taman Mekarsari.

Ada beberapa fasilitas yang bisa dinikmati di lokasi wisata ini, mulai dari berkeliling dan memetik buah, fasilitas kolam pemancingan, dan berbagai wahana permainan seru.

Di antaranya ada Pongo Show, Bangunan air terjun, Kawasan bunga bangkai, Outbond, Kids Fun Valley, Kawasan rusa tutul, Baby zoo, Danau rekreasi dan Family Garden.

5. The Jungle Waterpark

Lokasi wisata favorit ini menawarkan permainan air yang seru dan menantang, namun demikian tempat wisata yang terletak di Jalan Bogor Nirwana Raya, Dreded Pahlawan, Bogor ini juga menyediakan wahana permaian yang aman untuk anak-anak.

Tempat Wisata Wajib di Bogor
The Jungle Waterpark Bogor / Wisatapedi.com

Kami memasukkan ke dalam list tempat wisata favorit di Bogor karena selain memiliki wisata alam dan wahana permainan air yang seru, lokasi wisata ini juga dilengkapi berbagai fasilitas lain seperti Bird Park, Gokart arena, Flying fox, Ghost house, The biggest aquarium, hingga 4D Cinema.

Tempat wisata ini buka mulai pukul 10.00 WIB-18.00 WIB, sedangkan di akhir pekan buka mulai pukul 09.00 WIB-18.00 WIB.

Adapun untuk tiket masuk, pengunjung dikenakan tarif Rp 80.000 untuk hari Senin-Jum’at, dan Rp 100.000 untuk hari Sabtu dan Minggu.

6. Situ Gede

Tempat wisata selnjutnya dalam list kami adalah Situ Gede. Situ Gede merupakan sebuah danau atau lebih tepatnya telaga yang berukuran besar. Situ sendiri berarti telaga dan Gede berarti besar.

Destinasi wisata unik di Bogor ini di masa liburan selalu dipenuhi wisatawan yang ingin merasakan relaksasi maksimum.

Tempat wisata ini bisa kamu temukan di Kelurahan Situ Gede, Bogor Barat. Apa yang bisa ditemukan oleh traveler adalah berbagai wahana yang dapat membuat pikiran menjadi cair.

Tempat Wisata Favorit di Bogor
Wisata Situ Gede / Tempatwisatadibogor.net

Traveler bisa mencoba berbagai hal seperti memancing, menaiki perahu atau jalan-jalan di area hutan.

Udara yang ada di Situ Gede sangat sejuk dan traveler bisa bersantai ria dengan menggelar tikar di spot-spot yang ada di Situ Gede.

Hutan yang mengitari Situ Gede adalah hutan Dramaga, sebuah kawasan hutan yang dikembangkan pemerintah.

Traveler juga bisa menemukan berbagai penjual makanan yang terletak di beberapa area Situ Gede, bahkan warung penjual makanan tersebut berada masuk sedikit kedalam hutan, bisa dibayangkan betapa excited nya kita saat mengunjungi dreamland ini.

Situs Gede dapat dicapai dari kota Bogor kurang lebih 3 km dan traveler harus melewati berbagai trek hutan sebelum menemukan Situ Gede ini.

7. Kampung Budaya Sindangbarang

Kalau ke suatu tempat terkenal pasti kita bertanya-tanya mengenai asal-usulnya, nah kalau ke Bogor pasti juga bertanya-tanya mengenai asal-usul terbentuknya Bogor.

Tempat paling tepat untuk mencari tahu asal-usul kota Bogor adalah Kampung Budaya Sindangbarang.

Kampung Budaya Sindangbarang dipercaya telah ada sejak abad 12 yang lalu dan dipercaya juga sebagai asal muasal munculnya Bogor.

Daftar Wisata Alam Budaya di Bogor
Kampung Budaya Sindangbarang Bogor / Pegipegi.com

Kampung Sindangbarang adalah suatu kawasan kerajaan tempat tinggal dari istri Prabu Siliwangi. Dalam naskah babad pajajaran dikemukakan bahwa Kampung Budaya Sindangbarang merupakan lokasi pelatihan para ksatria.

Apa yang akan ditemukan traveler selain suasana pedesaan adalah berbagai kegiatan pentas seni, ornamen-ornamen khas Sunda, situs-situs purbakala dan hal-hal eksotis lainnya.

Selain itu bagi kamu yang ingin merasakan sensasi lebih, bisa mengikuti pelatihan tari dan gamelan.

Uniknya lagi baik itu rumah maupun orang-orang yang menghuni Kampung Budaya Sindangbarang juga sangat eksotis, orang-orang yang menghuni Kampung Budaya Sindangbarang disebut kokolot atau sesepuh yang mengenal lebih dalam budaya Sunda.

Bagi kamu yang ingin merasakan nuansa unik dari sebuah tempat maka Kampung Budaya Sindangbarang sangat cocok untuk dikunjungi.

8. Warso Farm

Warso Farm adalah satu dari sekian banyak tempat wisata favorit di Bogor. Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh maniak durian, namun bagi yang tidak suka durian juga dapat mengunjunginya.

Warso Farm merupakan kawasan perkebunan buah durian yang terletak di Desa Cihedeung Kecamatan Cipelang Kabupaten Bogor.

Daftar Obyek Wisata Cantik di Bogor
Warso Farm Bogor / Nanidjabar.blogspot.com

Tempat wisata unik ini dirintis oleh seorang pensiunan TNI yang juga bernama Warso. Karena memiliki interest agak ekstrem terhadap buah durian, maka Warso akhirnya membangun Warso Farm ini.

Kawasan Warso Farm sangat luas yaitu sekitar 8,5 hektar dan dipenuhi dengan berbagai pohon durian dari berbagai jenis.

Travaler bisa menemukan varian buah durian langka yang tidak dapat ditemukan ditempat lainnya.

Selain itu dibagian area Warso Farm terdapat sebuah toko yang menjual berbagai produk berbahan dasar durian.

9. Gunung Pancar

Gunung Pancar memang terkenal dengan trek pendakiannya sehingga banyak pendaki banyak yang menginjakan kaki di gunung ini. Selain itu Gunung Pancar juga mempunyai berbagai hal-hal menyenangkan yang dapat dinikmati oleh para wisatawan.

Menikmati Keindahan Wisata Gunung Pancar Bogor
Gunung Pancar Bogor / Jalan2.com

Berbagai kegiatan seperti biking, camping, jogging, berkuda bisa dilakukan di gunung Pancar. Namun memang poin utama dari gunung Pancar adalah kondisi alamnya yang masih sangat perawan.

Udara yang sejuk dan juga pepohonan tinggi menghiasi area di seluruh kawasan Gunung Pancar.

Traveler bisa menemukan satwa-satwa liar dan juga bunga-bunga eksotis yang sangat susah untuk ditemukan di tempat lain. Selain itu best spot lainnya di Gunung Pancar adalah pemandian air panasnya.

10. Taman Riung Gunung

Banyak sekali destinasi dan tempat wisata favorit di Bogor yang menawarkan kebun teh sebagai penawaran utamanya. Nah salah satu kawasan kebun teh paling oke di Bogor adalah Taman Riung Gunung.

Tempat Wisata Murah di Bogor dan Sekitarnya
Taman Riung Gunung Bogor / Awalinfo.blogspot.com

Taman ini lebih tepatnya disebut taman relaksasi karena siapapun yang mengunjunginya pasti akan rileks total.

Taman Riung Gunung memiliki kawasan perkebunan teh yang sangat luas, traveler bisa berjalan-jalan ataupun melakukan kegiatan fotografi.

Selain perkebunan teh, Taman Riung Gunung juga mempunyai beberapa wahana menarik seperti taman bermain anak, camp ground, swimming pool dan lain-lain.

Bagi kamu yang ingin merasakan kenyamanan sempurna maka harus mengunjungi Taman Riung Gunung ini.

Baca Juga: Tempat Wisata di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

Mudahan ulasan 10 tempat wisata favorit di Bogor dapat memanjakan liburan Kamu. Selamat Berlibur!

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here