Ide Tempat Wisata Favorit di Bali yang Banyak Diburu Turis Domestik maupun Mancanegara

338
Tiket Masuk Obyek Wisata Tanjung Benoa Badung Bali
Wisata Tanjung Benoa Badung Bali, Foto Via Wisatahotelbali.com

Arwini.com, Tempat Wisata Favorit di BaliBali, pulau eksotis yang memiliki segudang surgan wisata. Tak heran jika lokasi wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dipilih oleh traveller baik domestik maupun mancanegara untuk menikmati liburan seru bersama keluarga atau sahabat.

Selain pesona alamnya, Bali juga masih kental dengan budaya tradisional yang sarat akan ritual keagamaan yang menjadi daya pikat tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.

Di antara sekian banyak lokasi wisata yang ada, berikut ini adalah rekomendasi 5 tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi:

1. Dekat dengan Bandara International, Pantai Kuta Menjadi Destinasi Nomor satu di Bali

Selain karena keindahannya lokasi wisata ini banyak dikunjungi karena dekat dengan Bandara Internasional Ngurah Rai. Dari bandara hanya butuh waktu sekitar 10 menit untuk mencapai lokasi wisata ini.

Jauh sebelum menjadi kawasan wisata yang populer, Pantai Kuta dulunya merupakan pelabuhan besar di Bali yang juga pusat perdagangan di Bali.

Pantai berpasir putih yang terkenal dengan istilah sunset beach ini terletak di Kecamatan Kuta, selatan kota Denpasar, Bali.

Alamat Pantai Kuta Bali
Pantai Kuta Bali, Foto Via Bisnis.com

Deburan ombaknya sangat bagus untuk olahraga surfing (selancar), terutama bagi peselancar pemula.

Fasilitas yang tersedia sangat lengkap, mulai dari area parkir, toilet, permainan air (selancar, banana boat dan waterboom), supermarket, souvenir, tempat penyewaan peralatan selancar, hingga restoran dan hotel.

Adapun untuk tiket masuk digratiskan oleh pengelola, namun tarif untuk menyewa papan selancar berkisar antara Rp 50.000-Rp150.000 termasuk pelatihan surfing selama 30 menit. Sedangkan untuk waterboom, tarif yang diberlakukan Rp 90.000 untuk anak-anak dan Rp 140.000 untuk dewasa.

2. Pura Tanah Lot, Wisata Unik yang Berada di atas Batu Karang di Pinggir Pantai

Pura Tanah Lot terletak di Beraban, Kediri, Tabanan atau sekitar 13 km dari kota Tabanan dan merupakan lokasi wisata yang sangat unik, dimana pura terletak di atas batu karang di pinggir pantai.

Pura ini dibangun sekitar abad ke-15 oleh seorang brahmana yang bernama Danghyang Niratha dan merupakan bagian dari pura laut yang difungsikan untuk memuja dewa penjaga laut.

Saat air laut pasang, pura akan dikelilingi oleh air sehingga tampak pura seolah berada di tengah laut dan hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Karena dianggap sakral, para pengunjung hanya diperbolehkan berada di pelataran pura saja, bahkan bagi wanita yang tengah datang bulan tidak diperkenankan untuk masuk.

Alamat Wisata Pura Tanah Lot Bali
Pura Tanah Lot Bali Foto Via Travelling-to-myindonesia.blogspot.co.id

Namun pengunjung masih bisa menikmati sumber air tawar atau Tirta Pabersihan di sekitar pura. Sumber air tawar ini tentu sangat unik, karena di tengah air laut yang asin ada sumber air tawar yang biasanya digunakan umat Hindu untuk menyucikan diri.

Keberadaan ular suci di lokasi pura juga menjadi pemandangan yang menarik, dimana ular berbisa yang diyakini sebagai penunggu pura tersebut dapat dilihat dan dipegang oleh pengunjung dengan meletakkan koin.

Untuk tiket masuk, pengunjung hanya membayar Rp 10.000. Dengan retribusi murah tersebut, para pengunjung dapat menikmati beberapa fasilitas di lokasi wisata ini. Selain itu terdapat juga area parkir, art shop, jasa tatto temporary, kuliner hingga penginapan dan hotel.

3. Pantai Sanur Denpasar Bali, Sunrice Beach yang Cocok bagi Pecinta Surfing

Ombak di Pantai Sanur sangat cocok bagi para penggemar surfing, sehingga banyak turis asing yang mengunjugi pantai ini.

Berbeda dengan Pantai Kuta yang populer dengan keindahan sunsetnya, Pantai Sanur sering disebut sunrise beach yang menyajikan keindahan pantai saat sunrise.

Alamat Pantai Sanur Denpasar Bali
Pantai Sanur Denpasar Bali Foto Via Wisataindonesiaraya.com

Terletak di Desa Sanur, Denpasar, Bali, lokasi Pantai Sanur bisa ditempuh dengan waktu sekitar 20-30 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Untuk tiket masuk, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gartis, hanya biaya parkir saja.

Adapun fasilitas di kawasan pantai ini juga cukup lengkap, mulai dari area parkir, souvenir, toilet, kuliner, kafe, bar, hingga hotel bertaraf internasional.

4. Desa Sangeh, Ratusan Kawanan Kera yang Siap menemani Para Wisatawan

Sangeh sangat populer karena keberadaan ratusan kera yang banyak berkeliaran di area wisata ini dan dikeramatkan oleh penduduk setempat. Di lokasi ini juga ada sebuah pura yang bernama Pura Bukit Sari.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali sekitar 70 menit perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Untuk masuk, pengunjung hanya dikenai tarif sebesar Rp 5.000 untuk biaya perawatan dan kebersihan di lokasi wisata tersebut.

Biaya Masuk Obyek Wisata Desa Sangeh Bali
Wisata Desa Sangeh Bali, Foto Via Traditional-wedding.com

Tips untuk berwisata di tempat ini adalah membawa sedikit makanan untuk kera dan simpanlah barang berharga dalam tas agar tidak diambil oleh kawanan kera. Adapun fasilitas yang tersedia antara lain area parkir, dan kios penjual makanan.

5. Tanjung Benoa Badung, Tempat Bermainnya Keluarga Kecil di Bali

Lokasi wisata yang satu ini terletak di Kecamatan Tanjung Benoa, Kabupaten Badung, dan merupakan pusat permainan dan olahraga air. Jenis permainan air meliputi snorkeling, jetski, sea walker, banana boat, parasailing, wakeboard, scuba diving, fliying fish, water ski dan lainnya.

Pengunjug juga bisa melihat penyu raksasa di pulau penyu dengan menggunakan perahu dari Tanjung Benoa.

Tiket masuk ke lokasi wisata bervariasi, yaitu Rp 5.000 per mobil, Rp 10.000 untuk bus ber-plat Bali, dan Rp 15.000 untuk bus luar Bali.

Tiket Masuk Obyek Wisata Tanjung Benoa Badung Bali
Wisata Tanjung Benoa Badung Bali, Foto Via Wisatahotelbali.com

Untuk wahana watersport dikenakan tarif yang bervariasi sesuai dengan permainan yang dipilih dengan kisaran harga mulai dari Rp 75.000 hingga Rp 400.000, dimana harga tersebut sudah termasuk asuransi, peralatan dan pajak.

Mudahan Artikel Deretan 5 Destinasi Tempat Wisata di Bali yang banyak diburu Turis Mancanegara bermanfaat. Selamat Berselancar

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here