7 Tempat Wisata di Surabaya – Heroisme Masa Penjajahan Melekat di Pojok-pojok Kota Surabaya

783
7 Tempat Wisata di Surabaya
7 Tempat Wisata di Surabaya

Arwini.com – Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi –  Apa yang ada di benak kita mengenai Surabaya? Ya pastinya nilai-nilai heroisme akan terpancar dalam benak kita karena Surabaya pada masa penjajahan merupakan benteng terkuat perlawanan melawan penjajah. Untuk itulah Surabaya dianggap sebagai great herritage dan namanya akan selalu dikenang sebagi simbol perlawanan.

Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia dan merupakan pusat bisnis terbesar di Jawa Timur, untuk itulah Surabaya memiliki peranan penting dalam pertumbuhan bangsa Indonesia. Dalam bidang pariwisata, Surabaya juga mempunyai berbagai tempat wisata yang mempunyai keunikan tersendiri dibanding daerah-daerah lainnya di Indonesia, berikut 7 tempat wisata di Surabaya.

Pantai Kenjeran

Surabaya memang terkenal dengan objek-objek wisata historisnya namun Surabaya juga mempanyai objek wisata pantai yaitu Pantai Kenjeran. Pantai Kenjeran adalah objek wisata pantai paling populer di Surabaya, karena pantai ini memiliki nuansa pantai yang sangat luar biasa.

Pada sore hari, traveler bisa melihat siluet langit jingga dengan disertai ombak yang mendesir. Sesuai namanya, pantai ini terletak di kecamatan Kenjeran, Surabaya.

Disekitar area pantai, terdapat taman-taman nan eksotis, sangat cocok bagi pasangan yang ingin merasakan nuansa romantis. Namun kalau ke pantai paling asyik memang menggelar tikar dan duduk-duduk sambil menikmati semilir angin pantai, dan traveler bisa melakukannya di Pantai Kenjeran.

Traveler selain bisa menikmati suasana pantai, juga dapat menyantap berbagai makanan khas Surabaya seperti sate kerang, lontong balap, lontong kupang dan lain-lain. Dan yang paling asyik dari pantai Kenjeran adalah traveler bisa melihat dari kejauhan jembatan Suramadu. Pantai Kenjeran ini merupakan pantai paling rekomended yang ada di Surabaya, maka jangan dilewatkan.

Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya memang sangat legend terutama karena memiliki koleksi fauna yang diklaim sebagai yang terbesar di Asia Tenggara. Meskipun beberapa waktu silam muncul berita yang melaporkan kematian satwa-satwa secara mendadak namun kepopuleran Kebun Binatang Surabaya tak juga turun.

Bagi traveler, Kebun Binatang Surabaya ini dapat menjadi alternatif tempat wisata terbaik, karena traveler bisa melihat berbagi satwa langka yang tak dapat ditemukan ditempat lain di Indonesia. Berbagai hewan bisa ditemukan di Kebun Binatang Surabaya ini mulai dari hewan tropis, sub-tropis bahkan hewan-hewan nocturnal yang hanya aktif pada malam hari.

House of Sampoerna

Indonesia memang sangat lekat dengan rokok, dan konsumsi rokok di Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Nah perlu anda tahu bahwa pioner dari produksi rokok berada di Surabaya, yaitu House of Sampoerna. House of Sampoerna merupakan rumah produksi rokok beserta museum berbagai item rokok dari masa ke masa.

Di sini traveler bisa menemukan berbagai kegiatan produksi rokok, dan juga berbagai barang yang berbau tembakau. Tempatnya sangat strategis yaitu berada ditengah-tengah pusat kota Surabaya dan kegiatan produksinya masih terus berjalan hingga hari ini.

Di bagian depan kompleks House of Sampoerna, traveler bisa melihat 4 pilar berbentuk rokok raksasa yang pastinya terlihat sangat unik dan elegan. Dibagian dalam tercium aroma ‘tembakau’ yang sangat menyengat namun enak.

House of Sampoerna memiliki dua lantai, lantai pertama digunakan untuk display berbagai hal menarik mengenai rokok dan di lantai dua digunakan untuk menyimpan berbagai souvenir. Jadi kalau ke Surabaya traveler harus menyempatkan diri mengunjungi House of Sampoerna.

Jembatan Suramadu

Tak afdol rasanya ke Surabaya tapi tak menyempatkan menyeberangi Jembatan Suramadu. Jembatan Suramadu dipercaya sebagai ikon ‘Surabaya modern’ karena lewat jembatan inilah segala kegiatan bisnis semakin dimudahkan. Singkatan dari Surabaya-Madura, Jembatan Suramadu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia.

Bayangkan anda melaju diatas jembatan yang mempunyai panjang 5 km, pastinya perjalanan liburan anda akan semakin menyenangkan. Apalagi pada malam hari, gemerlap lampu-lampu dan juga nuansa angin laut membuat siapapun yang melintasinya akan merasa seperti terbang diatas samudra.

Bentuknya terlihat sangat keren, kamu bisa menjadikan jembatan Suramadu ini sebagai latar belakang. Jembatan Suramadu ini dibangun pada tahun 2003 dan selesai pada 2009 yang lalu, dan dijadikan ikon percepatan pembangunan. Traveler dimanapun wajib melintasi jembatan raksasa di Surabaya ini.

Monumen Kapal Selam

Bagaimana jadinya kapal selam tapi berada di daratan? Nah itu bukan suatu yang mustahil karena traveler bisa menemukan kapal selam di pusat kota Surabaya yaitu Monumen Kapal Selam. Monumen Kapal Selam bukanlah replika kapal selam, tapi kapal selam asli yang diangkut dari lautan ke daratan.

Kapal selam ini memang ditujukan untuk mengenang jasa para pahlawan di masa penjajahan. Monumen Kapal Selam aslinya merupakan kapal selam KRI Pasopati 410 yang berhasil membebaskan Irian Barat dari cengkraman Belanda.

Monumen Kapal Selam terletak di Jalan Pemuda, Plasa Surabaya dan letaknya memang sengaja ditempatkan ditengah kota supaya orang-orang tahu bahwa dulu kapal selam ini pernah digunakan untuk mengusir Belanda. Traveler bisa melihat-lihat bagian dalam dari kapal selam, traveler akan ditemani oleh seorang guide untuk menjelaskan lebih detail mengenai kapal selam ini.

Tugu Pahlawan

Surabaya dikenal sebagai kota pahlawan karena di masa lalu banyak pahlawan yang gugur dalam membela negara. Nah untuk memuliakan jasa para pahlawan tersebut maka dibangunlah Tugu Pahlawan. Jadi rasanya enggak afdol kalau ke Surabaya tapi tidak menyempatkan diri ke Tugu Pahlawan. Tugu Pahlawan terletak di Jalan Pahlawan Surabaya, dekat dengan kantor Gubernur Jawa Timur.

Keberadaan Tugu Pahlawan ini memang merupakan simbol dari perlawanan, jika kamu lihat memang sepintas tugu ini hanya memanjang flat keatas namun jika diteliti terdapatdetail-detail arsitektur yang menyertainya.

Tugu Pahlawan ini mempuyai ruangan bawah tanah yang menyimpan foto-foto dokumentasi. Selain itu suasana disekitar Tugu Pahlawan juga sangat cozy, jadi tidak heran sangat banyak orang yang mengunjungi tempat wisata favorit di Surabaya ini.

Taman Bungkul

Kamu mau merasakan taman terbaik di Asia? Maka kamu harus mengunjungi Taman Bungkul di Surabaya. Taman Bungkul pernah dinobatkan sebagai taman terbaik di Asia pada 2013 yang lalu oleh PBB.

Uniknya Taman Bungkul ini sebenarnya adalah kawasan wisata relijius karena dibagian belakang kompleks taman terdapat makam Sunan Bungkul yang dikenal sebagai tokoh besar pada zamannya. Namun di era modern taman ini bertransformasi menjadi lebih futuristik namun tetap mengedepankan detail-detail budaya Jawa. Taman Bungkul ini terletak di pusat kota dan menjadi pusat relaksasi bagi siapa saja yang mengunjungi Surabaya.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi

Beberapa spot di Taman Bungkul bisa anda nikmati seperti jogging track, skateboard track, green area, panggung musik, hingga zona Wi-Fi gratis. Jika anda hanya ingin sekedar duduk-duduk menikmati sejuknya udara maka Taman Bungkul menyediakan taman yang dipenuhi dengan pepohonan. Selain itu dibagian samping Taman Bungkul terdapat berbagai penjual makanan yang menyediakan makanan khas Surabaya.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here