Normalkah Telat Haid 10 hari, Atau saya Sedang Hamil?

66092
Telat Haid Selama 10 Hari
Telat Haid Selama 10 Hari

Telat Haid 10 Hari – Sebagian wanita memberikan tanda pada kalender mereka saat menstruasi berlangsung. Pemberian tanda ini bukan tanpa maksud, melainkan sabagai penanda bahwa menstruasi pada bulan berikutnya akan terjadi pada tanggal sekian. Tidak hanya sebagai acuan untuk melakukan aktivitas, tanda ini juga membantu dalam mengetahui kelainan siklus menstruasi (tidak teratur).

Beberapa wanita mengalami siklus menstruasi yang lancar atau terjadi di tanggal yang sama tiap bulannya. Namun tidak sedikit wanita yang mengalami siklus haid tidak teratur. Seperti terjadi terlalu dini, terlambat seminggu hingga telat 10 hari dari tanggal yang telah ditentukan bulan sebelumnya.

Kondisi ini menimbulkan beberapa pertanyaan, seperti:

  • Saya mengalami telat haid selama 10 hari, Apakah saya positif hamil?
  • Bagaimana dengan testpack yang menunjukkan hasil negatif, Normalkah telat haid 10 hari?

Kedua pertanyaan di atas bisa terjawab dengan menggunakan testpack. Jika alat tersebut menunjukkan hasil postifif, selamat Anda telah menantikan kelahiran seorang bayi. Namun jika hasil yang muncul adalah negatif berarti ada kelainan yang terjadi dengan siklus menstruasi yang Anda alami, lanjutkan membaca untuk mengatasi hal tersebut.

Penyebab Telat haid 10 Hari

  • Hormon tidak teratur

Menstruasi tidak teratur bisa disebabkan oleh kondisi pikiran yang sedang tidak stabil, seperti stress ataupun depresi. Apabila hal tersebut terjadi, maka akan berdampak pada hormon yang tidak bekerja secara teratur. (baca: Perubahan hormon saat haid)

  • Diet Tidak Terkontrol

Selanjutnya yang dapat menyebabkan telat haid 10 hari adalah diet yang tak terkontrol. Apabila diet dilakukan secara ketat hingga asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak terpenuhi maka diet ini dapat menyumbat keluarnya darah kotor, haid pun tak kunjung datang.

  • Berat Badan Berlebihan

Masalah berat badan pun merupakan salah satu penyebab telat haid. Wanita yang mengalami kenaikan ataupun penurunan berat badan secara drastis dapat memberikan pengaruh kepada hormon estrogen dan progesteron yang berdampak pada keterlambatan haid.

Cara Mengatasi Telat Haid 10 Hari dengan Aktivitas Sederhana di Rumah

Usai mengetahui beberapa hal yang menyebabkan menstruasi terlambat 1 minggu atau bahkan 10 hari dari tanggal yang telah ditentukan di bulan sebelumnya, berikut cara mengatasi telat haid 10 hari yang bisa Anda praktekkan di rumah:

1. Istirahat yang Cukup

Setiap manusia memerlukan waktu istirahat yang cukup, tidak terkecuali para wanita yang sedang mengalami siklus menstruasi tidak lancar. Sekurang-kurangnya, dibutuhkan istrahat sekitar 8 jam selama sehari, 5-6 jam di malam hari dan 2-3 jam di siang hari.  Hal ini dapat membantu dalam melancarkan siklus menstruasi.

2. Kurangi Aktivitas yang Memberatkan

Jangan memforsir diri dengan melakoni berbagai aktivitas yang sangat berat. Kelelahan adalah salah satu faktor yang dapat menimbulkan stress, dimana stress bisa menjadikan menstruasi terjadi tidak lancar. Bagi Anda yang merasa bulan ini sudah telat datang bulan selama 10 hari, cobalah untuk menambah waktu istirahat dan mengurangi beberapa kegiatan yang memicu kelelahan dan stress.

3. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Siklus datang bulan yang tidak lancar dapat diatasi dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang sehat, penuh gizi dan juga nutrisi. Apa saja kah itu? Menu makan tersebut tak perlu jauh dicari, buah dan sayur adalah jawabannya.

Selain bermanfaat dalam menjaga kesehatan, buah dan sayuran juga membantu dalam melancarkan haid. Tambahkan menu makanan Anda dengan beberapa lauk pauk, sayur dan buah yang mengandung zat besi dan serat tinggi. Beberapa menu yang disarankan diantaranya adalah daging merah, kacang-kacangan, ataupun buah pepaya.

4. Olahraga Teratur

Dengan berolahraga secara teratur, tidak hanya siklus menstruasi yang ikut normal, namun kerja organ di dalam tubuh pun turut normal. Tak perlu melakukan aktivitas olahraga yang meberatkan, lakukan secara rutin olaharaga ringan seperti stretching secara dan jogging.

5. Minum Ramuan Kunyit Asam

Kunyit asam merupakan ramuan khas jawa yang telah terbukti membantu dalam menjaga menstruasi secara baik. Selain dapat mengatasi telat haid, ramuan kunyit asam juga bermanfaat dalam meringankan rasa nyeri yang timbul ketika datang bulan.

Cara mengatasi telat haid dengan kunyit asam:

  • Siapkan kunyit dan asam yang sudah dibersihkan
  • Parutlah kunyit secukupnya
  • Campurkan parutan kunyit yang telah disaring dengan asam yang telah disediakan
  • Masukkan ke dalam gelas yang telah di isi dengan air hangat
  • Tambahkan sedikit gula
  • Lalu minumlah.

Kesimpulan

Telat haid tidak berarti seorang dikatakan sedang hamil, bisa saja karena perubahan pola hidup yang telah dijalani. Selain telat haid, terkadang seorang akan mengalami perubahan siklus di tiap bulannya. Jika hal demikian terjadi, Anda bisa membaca artikel kami solusi siklus haid berubah yang telah kami terbitkan beberapa waktu yang lalu.

Demikianlah ulasan mengenai Penyebab telat menstruasi selama 10 hari dan tata cara mengatasinya. Mudahan bermanfaat

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here