Destinasi Taman Wisata Alam Gunung Pancar Bogor

1449
Obyek Wiata Gunung Pancar Bogor
Gunung Pancar Bogor (Foto: Detik.com)

Arwini.com, Taman Wisata Alam Gunung Pancar Bogor – Kota Bogor mempunyai berbagai destinasi wisata yang sangat pas untuk dikunjungi saat musim liburan tiba. Salah satu destinasi wisata yang sedang ngehits terutama di kalangan muda-mudi adalah Taman Wisata Alam Gunung Pancar.

Terletak di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, objek wisata ini menjadi lokasi favorit untuk menikmati berbagai keindahan alam dan berbagai wahana mengasyikan khas objek wisata gunung.

Gunung Pancar mendapatkan popularitasnya terutama dengan banyaknya orang yang membagikan foto-foto Gunung Pancar di media sosial. Selain dari Bogor, pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan dari Gunung Pancar berasal dari Jakarta dan kota-kota sibuk lainnya, hal tersebut karena mereka bisa mendapatkan ketenangan dan berbagai hal menyenangkan lainnya di Gunung Pancar, Bogor.

Gunung Pancar memiliki ketinggian 800 mdpl, dan mempunyai kontur tanah yang landai dengan kemiringan 20-40%. Bagi kamu yang ingin mengunjungi ikon kota Bogor ini kamu bisa melewati Gerbang Tol Sentul Selatan, setelah itu masuk ke Desa Babakan Madang.

Tidak perlu khawatir soal kondisi jalan, karena kondisinya cukup baik dan kamu dapat mencapai spot objek wisata Gunung Pancar dengan lancar. Diperlukan sekitar 20 menit perjalanan, bagi backpacker bisa menggunakan jasa ojek agar lebih cepat sampai di Gunung Pancar.

Setelah melewati jalan yang landai disertai pemandangan eksotis khas pegunungan, kamu bisa menemukan gerbang Gunung Pancar. Suasana nyaman dan asri sudah mulai terasa setelah sampai di objek wisata Gunung Pancar.

Kondisi iklim Gunung Pancar memang lumayan dingin apalagi pada malam hari. Suhu udara berkisar 22o C pada malam hari dan 30o  pada siang hari. Kondisi alam dari Gunung Pancar masih sangat terjaga kealamiannya, traveler bisa menemukan berbagai pohon tropis menjulang tinggi seperti jamuju, pinus, puspa, saninten dan lain-lain.

Dan tak kalah kerennya dengan gunung-gunung yang lain, traveler bisa menemukan berbagai jenis satwa seperti babi hutan, kera, jelarang, owa dan lain-lain. Jika kamu pernah mengujungi objek wisata di gunung (baca: tangkuban perahu) pasti akan menemukan berbagai jenis burung, begitu juga dengan Gunung Pancar, traveler bisa menemukan berbagai jenis burung seperti elang, kutilang, ayam hutan merah, jalak dan lain-lain.

Untuk tiket masuk, Taman Wisata Alam Gunung Pancar memberikan tarif yang sangat murah yaitu Rp.2.000 saja untuk wisatawan lokal dan Rp.15.000 untuk wisatawan manca negara.

Harga tersebut tergolong sangat murah, karena pengunjung bisa menikmti berbagai spot wisata yang mengagumkan sekaligus wahana-wahana menarik didalamnya. Untuk parkir sendiri dipatok dengan harga murah yaitu Rp.1.000 untuk motor, Rp.1.500 untuk mobil dan Rp.2.500 untuk bus.

Taman Wisata Alam Gunung Pancar mempunyai spot wisata favorit yaitu pemandian air panas, dimana banyak orang rela berlama-lama untuk berendam di airnya yang sangat menenangkan.

Untuk bisa menikmati spot terbaik di Gunung Pancar ini kamu harus melewati trek yang disampingnya terdapat pohon-pohon pinus. Setelah itu kamu akan menemukan gerbang Air Panas Gunung Pancar dan harus membayar tiket masuk.

Tarif yang dipatok adalah Rp.10.000 untuk dewasa dan Rp.3.000 untuk anak. Di area pemandian air panas ini juga terdapat area parkir yang sangat luas.

Selain pemandian air panas, Taman Wisata Alam Gunung Pancar juga mempunyai berbagai lokasi menarik lainnya seperti makam keramat dan juga adanya pegaleran kesenian khas Jawa Barat. Selain itu traveler juga bisa menikmati kegiatan lainnya seperti berkemah, hiking, berkuda dan lain-lain.

 

 

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here