5 Trik Sukses Membangun Bisnis Online bagi Pemula

665

Langkah Awal Membangun Bisnis Online – Maraknya bisnis online yang berkembang saat ini tentu memberikan tantangan tersendiri bagi Anda yang ingin memulai jenis bisnis yang berbasis internet ini.  Ada beberapa keuntungan dalam berbisnis online, seperti kemudahan akses hingga 24 jam, produknya yang fleksibel, tidak terikat tempat dan lebih hemat dalam hal permodalan khususnya untuk dropshiper.

Namun demikian selain berbagai kemudahan yang bisa diperoleh dalam berbisnis online, perlu dipertimbangkan juga tantangan yang harus dihadapi, diantaranya adalah kemampuan teknis perihal internet maupun website, perawatan software maupun perangkat komputer hingga kemungkinan resiko terjadinya penipuan online yang bisa merugikan.

Lalu bagaimanakah agar bisnis online yang akan dibangun bisa berkembang dan sukses?  Berikut ini adalah 5 trik sukses membangun bisnis online bagi pemula yang bisa Anda coba.

Menentukan jenis produk yang akan dijual

Sebelum memulai bisnis online, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jenis produk yang akan dijual secara online.

Apakah produk berupa barang fisik, jasa ataukah digital.  Tentunya pemilihan produk disesuaikan dengan minat dan interest Anda pada produk tersebut.

Jika Anda lebih interest untuk berjualan barang fisik, maka Anda bisa memutuskan jenis produk apa yang akan dijual.  Apakah produk fashion, hebal, makanan, elektronik, gadget, aksesoris, barang antik, otomotif dan lainnya yang menurut Anda memiliki prospek untuk disukai pasar.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui prospek produk tersebut akan diminati oleh pasar adalah dengan riset pasar.  Penting bagi Anda untuk mengetahui produk apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini, dan jangan hanya fokus pada produk yang akan Anda jual.

Menjual produk yang banyak peminatnya tentu akan lebih mudah laku daripada menjual produk yang sepi peminat.

Membuat lapak online dan optimalkan promosi

Untuk berbisnis online tentu Anda membutuhkan lapak online sebagai tempat untuk menjual produk ke pasar.  Sebagai langkah awal Anda bisa memanfaatkan media sosial, situs marketplace maupun aplikasi sosial chat.

Minimal Anda menguasai Facebook, Instagram maupun Twitter dan BBM sebagai media untuk mengenalkan dan mempromosikan produk Anda.

Agar lebih banyak orang yang mengetahui bisnis Anda, maka langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan promosi melalui media sosial tersebut.

Tak kenal maka tak sayang, istilah tersebut bisa menjadi gambaran bagi bisnis online Anda, semakin sedikit yang mengetahui produk Anda semakin sedikit pula orang yang akan berminat untuk membeli produk Anda.

Membuat website sendiri

Jika Anda ingin serius membangun bisnis online, langkah ketiga yang bisa dilakukan adalah membuat website sendiri.  Dengan website ini Anda telah memiliki lapak online sendiri sehingga lebih memudahkan untuk mempromosikan jualan Anda, cukup dengan mengarahkan pengguna media sosial pada link menuju situs Anda.

Tentunya dengan memiliki web khusus, bisnis Anda akan lebih menjual karena dianggap lebih profesional, kredibel dan terpercaya, dengan begitu konsumen akan lebih nyaman dalam membeli produk Anda.

Anda pun tidak perlu khawatir jika memiliki pengetahuan yang minim perihal pembuatan website, karena saat ini sudah banyak jasa pembuatan website yang bisa Anda ajak kerjasama.

Isi website dengan konten yang menarik

Mengisi website dengan konten yang menarik dan berkualitas bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan bisnis online Anda.

Sebagai langkah awal Anda bisa memulai dengan informasi yang sederhana seputar profil usaha, galeri berupa gambar produk, alamat usaha atau contact person dan bagaimana cara order mapun transaksi pembayarannya.  Lengkapnya informasi akan memudahkan konsumen untuk mempelajari produk Anda secara detail dan meningkatkan minat untuk membeli.

Menjaga kepercayaan konsumen

Salah satu tantangan yang bisa menghambat perkembangan bisnis online adalah kekhawatiran masyarakat akan resiko terjadinya kecurangan ataupun penipuan secara online, sehingga sangat penting bagi Anda untuk membangun kepercayaan konsumen agar bisnis Anda tetap terpercaya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjelaskan produk sedetail mungkin.  Jika produk tersebut berkualitas tinggi maka hal itu bisa disebutkan secara detail, demikian juga jika sebaliknya.

Jangan hanya karena mengejar banyak keuntungan Anda mengatakan produk Anda berkualitas tinggi padahal biasa saja dan menjualnya dengan harga yang tinggi.

Reputasi usaha Anda adalah taruhannya, sehingga sebisa mungkin penjelasan produk memang sesuai dengan kondisi barang yang akan dibeli oleh konsumen.

Jika konsumen puas dengan produk Anda bukan tidak mungkin akan kembali membeli, bahkan mempromosikan kepada teman-temannya, dan hal ini tetntunya akan lebih menguntungkan bagi bisnis Anda.

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here