Langkah Mudah Atasi Sering Buang Air Kecil pada Ibu Hamil

Sering Buang air Kecil pada ibu Hamil
Konsultasi Ke Dokter / Healthtalk.umn.edu

Sering Buang Air Kecil Pada Ibu Hamil – Apakah Anda sering bolak balik ke kamar mandi hanya untuk pipis? Atau tidak sengaja ngompol saat batuk atau tertawa? Bisa jadi Anda sedang mengalami kehamilan.

Sering buang air kecil merupakan indikasi adanya kehamilan pada perempuan, walaupun frekuensinya tidak hanya di awal-awal kehamilan saja, melainkan pada hamil tua pun penyakit sering buang air kecil ini bisa saja muncul.

Biasanya kondisi ini muncul pada trimester pertama kehamilan (6 minggu) atau bisa juga pada kehamilan tua. Agar semakin jelas, berikut informasi penting mengenai penyakit sering buang air kecil pada ibu hamil.

Penyebab Sering Buang Air Kecil Pada Ibu Hamil

Sebenarnya apa sich penyebab sering buang air kecil pada ibu hamil? Penyebabnya adalah proses alamiah pada saat kehamilan.

Pada saat hamil, muncul hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) yang disebabkan oleh sel-sel yang berkembang pada plasenta.

Hormon Hcg tersebut meningkatkan aliran darah pada area panggul dan ginjal wanita, sehingga ibu hamil menjadi sering buang air kecil.

Semakin terbukanya aliran darah pada kedua organ tersebut, membuat ibu hamil menjadi lebih sering dan cepat buang air kecil. Selain itu penyebab sering buang air kecil adalah adanya tekanan pada kandung kemih ibu hamil.

Selain sebab-sebab di atas, sering buang air kecil pada ibu hamil bisa juga disebabkan oleh kondisi organ yang berubah saat hamil.

Misalnya adalah semakin merenggangnya organ miss V, yang membuat ibu hamil menjadi gampang sekali kencing.

Selain itu, kondisi rahim juga semakin membesar saat kehamilan, hal ini membuat aliran air urin menjadi susah tertahankan.

Sering buang air kecil pada ibu hamil bisa juga dikarenakan oleh kondisi bumil yang sering kehausan, sehingga porsi minumnya semakin meningkat dan akhirnya jadi sering kencing.

Apakah Penyakit Sering Buang Air Kecil pada Ibu Hamil Berbahaya?

Sejauh buang air kecil tidak mengganggu kehidupan ibu hamil, maka kondisi ini tidak berbahaya bagi kesehatan.

Kondisi ini sangat normal terjadi pada ibu hami, jadi jangan khawatir akan efek yang mungkin timbul dari kondisi ini. Kecuali jika frekuensi buang air kecil sangat ekstrem dan membuat ibu hamil kewalahan, maka jangan ragu untuk menghubungi dokter terdekat.

Apa yang Harus Ibu Hamil Lakukan?

Meskipun secara medis, buang air kecil merupakan hal yang normal. Namun efek yang pasti timbul dari kondisi ini adalah ketidaknyamanan. Oleh karena itu ibu hamil bisa melakukan hal-hal dibawah ini:

1. Jongkok

Posisi paling pas untuk ibu hamil saat kencing adalah jongkok dan lebarkan kaki agak panjang. Hal tersebut membantu kandung kemih menjadi kosong, dan ibu hamil tidak perlu bolak balik ke kamar mandi.

2. Senam Kegel

Senam kegel merupakan salah satu cara terbaik agar bumil tidak terlalu sering buang air kecil. Senam kegel membuat area panggul menjadi kuat dan mampu menahan aliran urin saat dibutuhkan.

3. Minum Sebanyak-banyaknya

Jangan pernah mengorbankan ketidaknyaman dengan kesehatan bayi didalam perut Anda. Tetap konsumsi air sebanyak-banyaknya, agar Anda dan bayi Anda tetap sehat.

4. Hindari Minuman yang Mengandung Kafein

Minuman-minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh dapat membuat bumil menjadi sering buang air kecil. Demi kenyamanan bumil, sebaiknya hindari minuman-minuman yang mengandung kafein.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here