Cara Ampuh Atasi Sakit Maag saat Menstruasi Berkunjung

4195
Sakit Maag saat Menstruasi
Wanita Sakit Maag / Chronicbodypain.net
Advertisement
Loading...

Arwini.com, Sakit Maag saat Menstruasi– Maag merupakan penyakit yang diakibatkan oleh naiknya asam lambung yang memberikan dampak iritasi pada lambung. Iritasi ini, memicu rasa tidak nyaman hingga menimbulkan rasa sakit yang sangat pedih.

Maag bisa terjadi karena beberapa faktor seperti dinding lambung yang rapuh, stress, pola makan yang tidak teratur, kebiasaan mengkonsumsi obat penghilang nyeri seperti aspirin dan ibuprofen, dll.

Secara umum sakit maag bisa dibagi ke dalam 4 tingkatan, yaitu:

  1. Maag ringan yang biasanya disebabakan oleh naiknya produksi asam lambung.
  2. Maag sedang yang sering ditandai dengan gejala seperti nyeri dan mual/muntah.
  3. Maag kronis yang memiliki gejala lebih parah dari sebelumnya.
  4. Kanker lambung yang disebabkan oleh adanya mikroorganisme yang menyerang lambung.

Sakit maag yang kambuh ketika menstruasi tentu bisa menimbulkan ketidaknyamanan, terlebih jika menstruasi juga disertai dengan keluhan nyeri haid.

Saat sakit maag kambuh, seorang wanita tidak hanya merasakan nyeri haid saja tetapi ia akan mengalami keluhan lain yang mengiringinya.

Advertisement
Loading...

Keluhan lain tersebut dapat berupa nyeri pada ulu hati, mual atau muntah, nafsu makan menurun, perut kembung, sering bersendawa, nyeri dada, leher maupun punggung, hingga rasa terbakar pada ulu hati dan tenggorokan.

Agar tidak menimbulkan efek yang lebih parah, sahabat arwini dapat mencoba beberapa aktivitas berikut untuk mengurangi rasa nyeri sakit maag saat menstruasi:

  1. Hindari makanan pedas, asam ataupun makanan yang mengandung gas seperti kol, sawi, dan minuman bersoda karena jenis makanan tersebut bisa membuat iritasi pada lambung semakin parah.
  2. Hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi karena bisa meningkatkan produksi asam lambung.
  3. Makan secara teratur dan jangan sampai terlambat makan.
  4. Makan dalam porsi kecil namun sering dan pastikan untuk mengunyah makanan sampai lembut.
  5. Perbanyak konsumsi makanan sehat dan hindari makanan siap saji, gorengan, daginga olahan atau yang berlemak.
  6. Istirahat yang cukup dan hindari stress.
  7. Olahraga teratur dan perbanyak minum air putih.

Saat Anda telah melakukan ketujuh tips di atas, namun tidak membuahkan hasil. Cobalah menggunakan bahan alami di bawah ini. Resep alami ini dapat membantu Anda mengatasi sakit maag saat menstruasi berkunjung.

1. Kunyit

Kunyit mengandung antioksidan yang cukup tinggi dan sangat bermanfaat untuk manjaga kesehatan tubuh, selain itu kunyit juga memiliki khasiat ampuh untuk mengatasi gejala sakit maag.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan manghaluskan 2 rimpang kunyit dan merebusnya dengan air sampai mendidih.  Selanjutnya saring dan minum selagi hangat sebelum makan siang dan sebelum tidur malam.

2. Temulawak

Temulawak memiliki sifat menenangkan lambung dan antiinflamasi yang bermanfaat untuk mengatasi iritasi atau peradangan pada lambung.

Selain itu, temulawak juga berfungsi mempercepat kinerja usus halus sehingga kerja lambung lebih ringan.

Untuk mengatasi sakit maag yang kambuh saat menstruasi, gunakan 2 rimpang temulawak  dan potong tipis-tipis kemudian rebus dengan 5 gelas air hingga menjadi 3 gelas saja.  Minum sehari 3 kali sebelum makan hingga keluhan maag hilang.

3. Mentimun

Mentimun memiliki sifat mendinginkan sehingga jika dikonsumsi saat maag kambuh akan mengurangi keluhan yang menyertainya.

Untuk mendapatkan manfaatnya, mentimun bisa dikonsumsi langsung atau dibuat jus.

4. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang bisa membantu mencerna makanan.  Untuk mengatasi keluhan maag yang kambuh, pepaya bisa dijadikan alternatif untuk mengobati sakit maag saat menstruasi.

Selain buah pepaya, daun pepaya juga bisa memiliki khasiat yang sama dengan buahnya.

Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan 2 lembar daun pepaya ukuran sedang yang tidak terlalu tua.

Campurkan air perasan daun pepaya dengan segelas air hangat dan sedikit garam lalu minum pada pagi hari sebelum sarapan.

Selain dengan bahan alami tersebut, sakit maag yang kambuh saat haid juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi susu hangat.

Meskipun menstruasi dan maag tidak berhubungan secara langsung, namun perubahan hormon bisa memungkinkan terjadinya perubahan emosi atau stress dan pola makan yang tidak sehat sehingga memicu kambuhnya sakit maag.

Oleh karena itu pastikan untuk selalu menjaga pola makan sehat dengan gizi yang seimbag dan hindari hal-hal yang bisa memicu kambuhnya maag.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here