Resep Masakan Sehat untuk Buka Puasa di Bulan Ramadhan

528

Arwini.com — Resep masakan sehat untuk buka puasa di bulan ramadhan  memang sangat dibutuhkan oleh seseorang yang berpuasa agar tubuhnya selalu dalam keadaan sehat dan fit ketika berpuasa.

Loading...

Seperti yang diketahui bahwa bulan ramadhan merupakan bulan di dalam kalender Islam yang dirayakan umat Muslim untuk berpuasa dan hal tersebut wajib khususnya bagi umat islam.

Berpuasa ini hukumnya wajib bagi umat Islam yang dilaksanakan 1 tahun sekali selama 1 bulan penuh. Karena puasa wajib ini merupakan salah satu Rukun Islam.

Kata ramadhan sendiri berasal dari bahasa Arab ramida yang artinya panas yang menghanguskan atau juga kekeringan. Puasa memang merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam, namun tidak wajib bagi orang–orang yang berhalangan tetapi harus diganti.

Maksud berpuasa sendiri adalah menahan untuk tidak makan apapun, tidak minum apapun, tidak merokok, maupun tidak berhubungan seksual dari subuh hingga petang. Untuk menyempurnakan puasa, maka juga harus menghindari perbuatan dosa atau berkata jelek.

Berkata jelek disini seperti memfitnah, menghina, berbohong, mengutuk, dan lain sebagainya. Ketika berpuasa kita harus bisa menjaga lisan dan juga perbuatan.

Karena umat Islam menahan lapar mulai dari subuh hingga petang atau maghrib, sehingga ada istilah tersendiri makan saat sebelum subuh dan makan setelah maghrib. Untuk makan sebelum subuh disebut makan sahur, sedangkan makan setelah maghrib disebut berbuka.

Saat-saat berbuka puasa inilah yang sangat ditunggu-tunggu. namun sebelum itu, pastinya Anda kebingungan mengenai masakan untuk menu yang sesuai saat berbuka puasa. Makanan sehat biasanya menjadi menu pilihan seorang ibu.

Biasanya sebelum makan, orang-orang mengkonsumsi takjil terlebih dahulu. Takjil ini dapat berupa es yang berasal dari buah-buahan atau dapat juga buah-buahan segar tanpa diolah. Untuk makanan sehat berbuka puasa yang disarankan, antara lain:

  1. Saran pertama menu buka puasa yaitu sayuran hijau yang telah diolah. Sayuran hijau sangat bermanfaat agar memaksimalkan kesehatan yang Anda miliki. Selain itu, sayuran ini sangat mudah dicerna tubuh Anda dan kandungan alkalinnya tinggi.
  2. Selanjutnya biji-bijian atau kacang-kacangan yang sangat mudah dicerna. Selain itu juga memiliki sumber protein yang cukup baik.

Contohnya seperti biji bunga matahari, walnut, biji labu, kacang mete, almond, kacang tanah, kacang hijau, kacang brazil, dan kacang macadamia yang cocok untuk buka puasa.

  1. Menu selanjutnya yang disarankan untuk buka puasa yaitu beras merah. Beras merah ini berbeda dengan beras putih, perbedaannya terletak pada kulit pada beras merah yang masih utuh.

Nasi yang berasal dari beras merah ini cukup direkomendasikan para ahli diet dan para ahli gizi untuk sumber energi.

  1. Menu sehat terakhir yaitu oat yang sangat sesuai untuk menu buka puasa. Karena banyaknya manfaat yang dimiliki oat ini.

Manfaat yang diperoleh yaitu memberikan tubuh Anda kandungan vitamin E, selenium, zinc, besi, tembaga, protein, mangan, serta magnesium.

Resep Masakan Sehat untuk Buka Puasa di Bulan Ramadhan

Untuk menambah energi ketika berbuka puasa, maka resep masakan sehat untuk buka puasa di bulan ramadhan menjadi salah satu pilihan. Berikut resep buka puasa yang dapat Anda coba:

  1. Resep Nasi Bakar Merah

Bahan-bahan:

  1. Minyak wijen dengan takaran 1 sdt
  2. Minyak zaitun atau dapat juga menggunakan minyak sayur sebanyak 2 sdm
  3. Bawang putih yang dicincang sebanyak 3 siung
  4. Bawang bombay yang dicincang sebanyak 50 gram
  5. Cabai merah yang diiris tipis sebanyak 3 buah
  6. Daun bawang yang diiris tipis sebanyak 2 batang
  7. Jamur merang yang dipotong-potong sebanyak 50 gram
  8. Dada ayam yang telah direbus dan dipotong dadu sebanyak 200 gram
  9. Nasi dari beras merah sebanyak 500 gram
  10. Wortel yang dicincang halus sebanyak 100 gram
  11. Daun pisang dan juga lidi seperlunya
  12. Garam sebanyak 2 sdt, merica bubuk sebanyak 1 sdt, kecap manis sebanyak ½ sdm

Langkah-langkah membuat nasi bakar merah:

  1. Pertama-tama siapkan wajan yang diberi minyak zaitun dan juga minyak wijen kemudian panaskan. Selanjutnya masukkan bawang putih, bawang bombay, dan cabai merah lalu aduk hingga tercium bau harum.
  2. Kemudian masukkan jamur merang, daging ayam yang telah dipotong dadu, dan wortel ke dalam wajan tersebut lalu aduk hingga merata. Untuk tambahan, masukkan merica bubuk, garam, dan juga kecap manis ke dalamnya.
  3. Setelah bahan-bahan di atas tercampur merata, masukkan nasi dari beras merah dan disusul dengan daun bawang. Aduk-aduk nasi hingga tercampur dengan bahan-bahan tadi.
  4. Nasi ini bisa dibagi menjadi 4 yang kemudian dimasukkan ke dalam daun pisang. Jangan lupa untuk memasang lidi di kedua ujung, kemudian Anda bisa mulai membakarnya hingga harum. Setelah itu, sajikan untuk menu berbuka puasa.

Sekian resep masakan sehat untuk buka puasa di bulan ramadhan serta menu sehat yang disarankan untuk buka puasa yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat buat Anda.

 

 

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here