Resep Es Cincau Yang Segar dan Nikmat di Tenggorokan

65
Resep Es Cincau

Arwini.com – Resep es cincau yang nikmat dan menyegarkan ini sangat banyak dicari. Hal ini karena selain melepaskan dahaga, es cincau juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Cincau bisa membuat tubuh lebih sejuk, sehingga minuman ini cocok untuk menemani makan gorengan. Sebenarnya cara membuat es cincau sangatlah muda dan bagi masyarakat di kampung sudah biasa.

Cincau terdiri dari dua jenis yaitu cincau hitam dan cincau hijau. Kalau dibuat minuman sama-sama segar dan biasanya dijadikan untuk pelengkap hidangan buka puasa romadhon. Cincau hijau ini terbuat dari daun cincau yang telah diperas sampai keluar lendirnya, lalu disaring dan didinginkan. Sementara cincau hitam disebut dengan janggelan atau cao oleh masyarakat.

Apabila kamu mau resep es cincau lebih lezat, maka tambahkan susu kental manis ke dalamnya. Namun, kalau tidak suka dengan susu, kamu bisa menggantinya dengan santan. Apapun bahan yang nantinya kamu tambahkan ke es cincau tetap membuat es ini enak dan menyejukkan tenggorokan. Sebagai pertimbangan nilai gizinya, susu lebih dipilih.

Nah, bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara mempersiapkan es cincau spesial, bisa simak ulasan kami berikut ini. Semua bahan-bahannya bisa kamu dapatkan di pasar atau supermarket terdekat kok. Daripada membeli yang belum tentu rasanya, coba yuk buat sendiri!

Inilah Resep dan Cara Membuat Es Cincau Spesial

Bahan-bahan yang disiapkan :

  • Cincau hitam atau cincau hijau secukupnya, potong dadu atau sesuai selera.
  • 1 kaleng susu kentam manis atau santan kelapa yang sudah dimasak dengan daun pandan.
  • Es batu sesuai selera
  • Teh celup atau teh herbal secukupnya
  • Gula putih sesuai selera
  • Air panas secukupnya

Langkah penyajian resep es cincau :

  • Pertama, masukkan air panas ke dalam gelas dan masukkan 1 sachet teh celup aduk sampai air berubah menjadi teh. Tambahkan 1-2 sdm gula putih dan aduk lagi sampai gula larut.
  • Masukkan potongan-potongan cincau sesuai selera kamu dan keluarga, tambahkan es batu yang sudah disiapkan.
  • Tuangkan susu atau air santan secukupnya hingga manis pas di mulut kamu.
  • Tada.. es cincau spesial siap disajikan.

Akan tambah spesial lagi kalau dimasukkan potongan buah strawberry, potongan nangka kecil ataupun rumput laut. Kolang-kaling juga membuat varian rasanya lebih mantap kok. Kreasikan sesuka kamu atau menurut selera keluarga terutama anak-anak. Minuman ini cocok menemani kebersamaan kamu dan keluarga pada siang hari dan saat weekend di rumah.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara membuat resep es cincau ini? Masih berpikir untuk membelinya yang tidak tahu terjaga kebersihan dan kesehatannya? Segera praktikkan di rumah, sehingga pas bulan puasa nanti, kamu bisa menjadikan es cincau sebagai minuman pembuka yang nikmat. Nantikan info resep minuman sehat dan makan bergizi dari kami selanjutnya. Jangar ragu share ya!!

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here