Daftar Alamat Pusat Aneka Souvenir dan Kerajinan Tangan Khas Jogja

3508
Pusat Kerajinan Tangan Gerabah Kasongan Jogja
Gerabah Kasongan Bantul

Arwini.com – Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dipilih oleh traveller dalam menikmati masa liburannya. Selain menyuguhkan berbagai potensi wisata alam, seni dan budaya hingga pendidikan, Jogja juga dikenal dengan aneka ragam jenis kerajinan tangan yang dihasilkan dari beberapa sentra kerajinan yang ada di kota ini. Bagi Anda yang penasaran dengan kerajinan tangan di Jogja, berikut ini adalah daftar wisata kerajinan tangan paling populer di Jogja yang sebaiknya Anda tahu.

Loading...

1. Sentra Kerajinan Gerabah Kasongan

Terletak di Pedukuhan Kajen, Desa Kasongan, Bantul, Yogyakarta sentra kerajinan gerabah ini menyuguhkan aneka ragam jenis kerajinan gerabah yang unik dan cantik.

Anda bisa mengunjungi beberapa galeri keramik yang ada di wilayah ini untuk mendapatkan aneka souvenir dan barang seni dengan berbagai desain dan corak etnik yang menawan.

Di tempat wisata kerajinan tangan ini Anda juga bisa menyaksikan secara langsung proses pembuatan keramik, bahkan Anda pun bisa memesan motif yang diinginkan. Salah satu kerajinan garabah yang banyak diminati oleh wisatawan adalah patung sepasang pengantin yang lebih dikenal dengan istilah Loro Blonyo.

Hal ini tidak lepas dari mitos mengenai keberadaan Loro Blonyo yang bisa membawa hoki dan kelanggengan dalam berumahtangga. Namun demikian terlepas dari mitos tersebut, banyak wisatawan yang tertarik dengan bentuk dan desain patung keramik Loro Blonyo yang unik.

Pusat Kerajinan Tangan Gerabah Kasongan Jogja

Dalam perkembangannya, Kasongan bukan hanya menghasilkan produk gerabah sebagai komoditi unggulan melainkan juga jenis kerajinan lainnya yang unik, seperti dari bahan glugu (batang pohon kelapa), tanaman yang dikeringkan hingga kerajinan dari kerang.

2. Sentra Kerajinan Batik Tulis Giriloyo

Giriloyo, Imogiri, Bantul, Yogyakarta merupakan salah satu kampung batik yang legendaris di kota Jogja. Sentra kerajinan tangan batik tulis banyak dikunjungi oleh wisatawan hingga para pemburu batik tulis asli dengan kualitas yang sudah tidak diragukan lagi.

Pusat Kerajinan Batik Tulis Giriloyo Jogja

Baca Juga: Tempat Wisata Terbaru di Jogja

Di kampung batik ini tersedia paket wisata belajar membatik yang bisa diikuti oleh peserta dengan jumlah minimal 5 orang hingga 500 orang, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatakan pengalaman membatik langsung dari ahlinya.

3. Sentra Kerajinan Kulit Manding

Terletak di Jalan Parangtritis Km 11, Desa Wisata Kerajinan Kulit Manding sudah cukup populer di kalangan wsiatawan, jika di Bandung ada Cibaduyut makan di Jogja ada Manding yang merupakan sentra kerajinan kulit dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Di kawasan wisata kerajinan kulit ini Anda bisa mendapatkan produk berbahan kulit dengan harga yang relatif terjangkau, mulai dari dompet, ikat pinggang, sepatu, tas, jaket, hingga aksesoris dan hiasan dinding yang unik.

Alamat Sentra Kerajinan Kulit Manding Bantul Jogja

Selain bisa melihat secara langsung proses produksi kerajinan kulit, Anda juga bisa memesan produk tertentu sesuai dengan desain yang Anda inginkan, cukup menarik bukan?

4. Sentra Kerajinan Perak Kotagede

Kotegede dikenal sebagai sentra kerajinan perak yang sudah sangat populer di kalangan wisatawan, tak heran jika kawasan ini menjadi salah satu destinasi wisata kerajinan tangan yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, terlebih bagi para pecinta aksesoris perak.

Kerajinan Tangan Perak Kotagede Jogja

Berbagai jenis produk berbahan perak bisa Anda dapatkan di kawasan ini, mulai dari perhiasan dan aksesoris cantik, pernak-pernik hiasan untuk rumah hingga berbagai souvenir cantik yang layak untuk dijadikan buah tangan.

5. Sentra Kerajinan Batik Kayu Krebet

Desa wisata Batik Kayu Krebet terletak di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul.

Potensi wisata kerajinan tangan berupa batik kayu merupakan produk unggulan yang sangat menarik karena batik diaplikasikan dalam media kayu yang tentunya membutuhkan ketelitian tingkat tinggi karena pola dibuat secara manual.

Tak heran jika hasil produk kerajinan tangan dari Krebet banyak diminati oleh wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

Pusat Kerajinan Batik Kayu Krebet Jogja

Beberapa produk kerajinan yang bisa Anda dapatkan di kawasan desa wisata ini adalah topeng, aksesoris, wayang, patung kayu, kotak perhiasan hingga hiasan untuk rumah dengan harga yang bervariasi tergantung desain dan tingkat kesulitannya.

Baca Juga: Daftar Tempat Belanja Murah di Jogja

Sebagai desa wisata, Krebet juga menyediakan fasilitas homestay bagi Anda yang ingin menikmati waktu liburan Anda dalam suasana pedesaan yang sejuk dan asri, dengan kisaran harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 100.000 per malam.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here