Puncak Gunung Tertinggi di Jawa yang Melambaikan Tangan untuk Didaki

1988
Jalur Pendakian Gunung Semeru Tertingi Pertama di Jawa

Daftar Puncak Gunung Tertinggi di Jawa – Bagi kamu seorang mountaineer (pendaki gunung profesional) mengenal lebih dalam gunung-gunung tertinggi adalah suatu keharusan. Termasuk gunung-gunung tertinggi di Jawa, dimana medan pendakiannya tidak kalah dengan gunung-gunung tertinggi di dunia lainnya.

Indonesia telah dikenal sebagai kawasan dengan gunung-gunung tinggi nan eksotis, dimana para pendaki bisa mendapatkan kepuasan saat mendakinya. Jawa yang termasuk dalam jajaran Ring of Fire (Cincin Api), mempunyai banyak gunung berapi yang masih aktif.

Bagi kamu yang memiliki hobi ekstrem, mendaki gunung berapi di pulau Jawa mempuyai kesan tersediri. Jalur ekstrem dan landscape tropis yang menawan, membuat gunung-gunung tertinggi di Jawa bisa menjadi trek pendakian kamu berikutnya.

Dalam artikel ini kamu akan menemukan 4 gunung tertinggi di Jawa beserta keindahan-keindahan alam didalamnya.

1. Gunung Semeru

Siapa saja yang pernah menonton film 5 cm pasti familiar dengan gunung ini. Ya gunung semeru merupakan gunung yang kembali populer setelah kemunculan film yang dibintangi oleh Raline Shah dan Herjunot Ali tersebut.

 

Selain itu gunung yang mempunyai sebutan lain yaitu Mahameru tersebut juga dikenal sebagai gunung tertinggi di pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl).Jalur Pendakian Gunung Semeru Tertingi Pertama di Jawa

Gunung ini juga diketahui masih aktif hingga saat ini, dan sering mengeluarkan letupan-letupan kecil disertai kepulan asap abu dan batu kerikil. Banyak orang yang mencoba untuk mendaki gunung semeru karena pemandangannya yang luar biasa eksotis, selain godaan puncak Mahameru sebagai puncak tertinggi di pulau Jawa.

2. Gunung Slamet

Gunung tertinggi kedua di pulau Jawa adalah gunung Slamet dengan ketinggian 3,428 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung ini sangat terkenal terutama bagi pendaki gunung ekstrem, selain karena treknya yang menantang, juga gunung ini sangat lekang dengan mitos-mitos yang berkembang didalamnya.

Rute Pendakian

Selain itu pendaki juga akan menemukan hal-hal menarik saat proses pendakian, salah satunya perpustakaan kuda keliling gunung Slamet. Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah dan sering menjadi destinasi wisata favorit warga lokal maupun dari luar negeri.

3. Gunung Sumbing

Banyak pendaki berburu sunrise di puncak gunung Sumbing, selain karena pemandangannya yang tak ada duanya, juga karena gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di pulau Jawa. Dengan ketinggian 3,371 mdpl membuat gunung Sumbing menjadi destinasi bergengsi bagi para pendaki, yang menginginkan trek ekstrem dan landscape yang eksotis khas pulau Jawa.  Jalur Gunung Sumbing yang Eksotis Nan Tinggi di Jawa

Gunung Sumbing terletak di 3 kabupaten di Jawa Tengah yaitu Wonosobo, Temanggung dan Magelang.

Terdapat banyak kawah-kawah kecil yang mengeluarkan asap belerang, dan para pendaki mesti melalui jalur aman untuk mendaki gunung Sumbing ini.

4. Gunung Arjuno

Gunung terakhir dalam daftar 4 gunung tertinggi di pulau Jawa adalah gunung Arjuno. Dengan ketinggian 3,339 meter dari permukaan laut menjadikan gunung Arjuno sebagai gunung favorit bagi para pendaki untuk menikmati trek menantang.

Baca Juga: Misteri Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Arjuno dikenal sebagai gunung yang memiliki akar kuat dalam kepercayaan masyarakat Jawa, adannya situs-situs kuno membuat gunung Arjuno masih kental akan suasananya yang masih sangat tradisional. Namun karena keeksotisannya, banyak pendaki dari dalam maupun luar negeri sering singgah untuk mendaki gunung Arjuno tersebut.

Jalur Gunung Arjuno tertinggi Ke 4 di Jawa

Gunung Arjuno identik dengan tokoh pewayangan Mahabharata yaitu Arjuna, untuk mencapai titik puncak, pendaki mesti melewati 3 daerah yaitu Lawang, Tretes dan Batu. Selain sebagai trek pendakian terfavorit, gunung Arjuno juga menawarkan tempat-tempat wisata luar biasa lainnya.

 

Demikianlah Ulasan Puncak Gunung Tertinggi di Jawa yang Wajib kamu daki. Selamat Mendaki

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here