Mulai Ketinggian 3.428-4.884 mdpl, 7 Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia ini Menjadi Dambaan Pendaki Gunung

1400
Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia
Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia

Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia –¬†Indonesia merupakan wilayah dengan jumlah gunung yang relatif banyak baik itu gunung merapi yang masih aktif maupun bukan. Hal ini terjadi karena Indonesia dilewati oleh 2 sirkum pegunungan berapi yaitu sirkum mediterania maupun sirkum pasifik.

Terlebih dengan adanya pertemuan 3 lempeng bumi di wilayah Indonesia yang meliputi lempeng Eurasia, lempeng Pasifik dan lempeng Indo-Australia, maka semakin memicu terbentuknya pegunungan di Indonesia dalam jumlah yang banyak.

Beberapa gunung di Indonesia bahkan memiliki puncak dengan ketinggian di atas 4.000 mdpl. Berikut ini adalah daftar 7 puncak gunung tertinggi di Indonesia yang sebaiknya Anda tahu.

Puncak Jaya

Jika Gunung Himalaya adalah gunung tertinggi di Asia, maka Puncak Jaya merupakan gunung tertinggi di Benua Australia dan Oceania. Puncak Jaya merupakan puncak gunung tertinggi di Indonesia dan merupakan puncak tertinggi dari Pegunungan Jaya Wijaya di Provinsi Papua. Dengan puncak mencapai ketinggian 4.884 mdpl, puncak gunung ini diselimuti oleh salju yang dikhawatirkan akan semakin menipis akibat pemanasan global.

Puncak Jaya juga dikenal dengan sebutan Carstensz Pyramid sesuai dengan nama penjelajah asal Belanda Jan Carstenszoon yang menemukan pertama kali adanya gletser di Puncak Jaya pada tahun 1623. Nama Carstensz Pyramid diubah menjadi Puncak Soekarno pada tahun 1963 dan kemudian dikenal dengan Puncak Jaya.

Meski demikian nama Carstensz Pyramid masih sangat dikenal oleh para penjelajah dan pendaki gunung. Selain Puncak Jaya, Pegunungan Jaya Wijaya juga memiliki gunung lain dengan ketinggian di atas 4.000 mdpl, yaitu Puncak Mandala dengan ketinggian 4.760 mdpl, Puncak Trikora (4.730 mdpl), Puncak Idenberg (4.673), Puncak Yamin (4.535), dan Puncak Carstensz Timur (4.400 mdpl).

Gunung Kerinci

Dengan ketinggian mencapai 3.805 mdpl, Gunung Kerinci menjadi gunung tertinggi kedua di luar Papua yang terletak di Sumatera, tepatnya di Bukit Barisan sekitar 130 km dari Padang dan merupakan salah satu ikon dari Taman Nasional Kerinci Seblat.

Gunung Kerinci merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia yang masih aktif dan terakhir meletus di tahun 1970. Dengan adanya kawah yang berwarna kehijauan, para pendaki akan disuguhi pemandangan luar bisa di ketinggian Puncak Gunung Kerinci.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi teringgi kedua di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.726 mdpl yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Menurut kepercayaan umat Hindu puncak Gunung Rinjani dianggap sebagai tempat suci yang merupakan tempat tinggal para dewa.

Keindahan pemandangan di Gunung Rinjani sudah tidak diragukan lagi, sehingga banyak pendaki yang ingin berpetualang ke gunung ini.

Di ketinggian 2.000 mdpl para pendaki akan disuguhi dengan pesona kaldera yang membentuk Segara Anak dengan kedalaman mencapai 230 m dan sering digunakan untuk memancing.

Di sebelah selatan danau ada Segara Endut dan di sisi timur terdapat Gunung Barujari yang juga masih aktif dan terakhir meletus di tahun 2009. Di lokasi ini juga terdapat sumber mata air panas yang diyakini bisa digunakan untuk terapi kesehatan.

Gunung Semeru

Gunung Semeru dengan puncak tertingginya Mahameru merupakan gunung berapi yang tertinggi ke tiga di Indonesia dan tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl. Pemandangan di Gunung Semeru sangat menakjubkan, dimana setiap 10 menit terjadi letusan vulkanis dari kawah Jonggring Saloka.

Gunung ini terletak di Pegunungan Tengger dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini menyajikan pemandangan danau Ranu Kumbolo dengan luas mencapai 5 hektar di tengah jalur pendakian dan bunga abadi Edewiss di lereng-lerengnya yang tentu semakin membuat para pendaki terpesona.

Gunung Jatimojong

Terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Gunung Jatimojong memiliki ketinggian mencapai 3.430 mdpl dan bisa diakses melalui jalur pendakian dari Desa Karangaan. Gunung ini memiliki puncak tertinggi dengan sebutan Rante Mario dan bukan merupakan gunung berapi.

Gunung Slamet

Gunung Slamet terletak di perbatasan Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang dengan ketinggian mencapai 3.428 mdpl. Meski jalur pendakian terbilang sulit namun gunung ini kerap disambangi pendaki gunung yang ingin menikmati keindahan Gunung Slamet.

Baca Juga: Puncak Gunung tertinggi di Jawa

Di kaki gunung terdapat kawasan wisata Baturraden yang sudah cukup populer bagi para wisatawan.

Gunung Bukit Raya

Puncak Gunung Bukit Raya terletak di Pegunungan Schwaner dengan ketinggian mencapai 2.278 mdpl dan termasuk dalam lingkungan Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya. Gunung ini terletak di perbatasan antara Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah yang didominasi oleh hutan hujan tropika yang masih terjaga kelestariannya.

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here