Peuyeum Bandung: Nikmati Kudapan Legendaris Khas Tanah Parahiyangan

650
Makanan Khas Peuyeum Bandung yang Melegenda

Arwini.com – Indonesia terkenal dengan berbagai jenis makanannya yang eksotis, tradisional dan mempunyai cita rasa khas bandung. Di era modern ini makanan-makanan eksotis tersebut sering dikombinasikan dengan berbagai makanan modern, namun banyak penjual yang masih menjajakan makanan tradisional apa adanya, sesimpel mungkin.

Tanah parahiyangan memiliki berbagai makanan khas, termasuk di kota Bandung terdapat jenis makanan yang sangat eksotis yaitu peuyeum.

Hari ini siapa yang tak kenal peuyeum? Tak afdol rasanya ke Bandung tanpa mencicipi makanan-makanan dengan bahan dasar peuyeum. Peuyeum Bandung memang makanan legendaris, selama berabad-abad lamanya masyarakat Sunda masih mengkonsumsi peuyeum sebagai penganan wajib.

Banyak orang non-sunda bertanya-tanya apa itu peuyeum? Peuyeum merupakan bahasa sunda yang memiliki arti tape, jika direlasikan dengan peuyeum Bandung adalah tape singkong. Terdapat juga peuyeum beras ketan, namun peuyeum singkong masih lebih populer.

Popularitas peuyeum sangat fenomenal, jika kamu melakukan perjalanan ke daerah-daerah di Jawa Barat, kamu akan menemukan penjual-penjual peuyeum di pinggir jalan. Karena rasanya yang khas, seolah-olah orang yang mencicipinya sedang berada di kota Bandung, menjadikan peuyeum sangat populer terutama untuk dijadikan oleh-oleh.

Peuyeum merupakan penganan ikonik tanah parahiyangan, keberadaanya sekaligus melestarikan kekayaan kulinari khas Indonesia. Pada zaman dahulu, orang-orang Sunda sering memanfaatkan peuyeum sebagai makanan penghangat ditengah kondisi iklim yang dingin. Banyaknya pohon-pohon singkong membuat masyarakat Sunda saat itu memanfaatkannya sebagai makanan wajib.

Baca Juga: Tradisi dan Budaya Unik yang Hanya Ditemukan di Indonesia.

Dewasa ini peuyeum dijual oleh berbagai pedagang, baik itu dijual simpel ataupun diolah menjadi makanan tertentu. Peyeum yang dijual simpel tanpa tambahan apapun biasanya dijual dengan cara digantungkan, dan memiliki aroma yang khas.

Sepintas peuyeum terlihat sangat simpel, namun dalam proses pembuatannya membutuhkan ketelatenan. Untuk menghasilkan peuyeum berkualitas, biasanya dipilih singkong berkualitas tinggi lalu kemudian dikukus hingga matangnya pas. Setelah itu singkong tersebut diberi ragi dan disimpan rapat-rapat selama 2-3 hari.

Peuyeum berkualitas tinggi biasanya memiliki aroma yang wangi dan memiliki rasa yang tidak terlalu manis. Peuyeum tersebut sangat disukai baik oleh warga Bandung itu sendiri maupun wisataman non-Bandung yang menjadikan peuyeum sebagai buah tangan wajib untuk keluarga di rumah.

Peuyeum bisa ditemukan di daerah-daerah lain Jawa Barat, namun biasanya banyak orang menyebut peuyeum dengan sebutan peuyeum Bandung.

Dewasa ini muncul berbagai olahan makanan dengan peuyeum sebagai bahan dasarnya. Salah satu olahan makanan dari peuyeum adalah colenak (dicocol enak). Colenak merupakan makanan olahan dari peuyeum, dimana peuyeum dikombinasikan dengan taburan kelapa dengan sirup gula merah.

Rasanya sangat enak dan lezat, terutama jika dimakan hangat-hangat. Selain colenak terdapat berbagi olahan peuyeum, yang lagi ngehits adalah peuyuem crispy, lah kok bisa peuyeum crispy, renyah-renyah gitu?

Ternyata peuyeum yang agak basah tersebut bisa dibuat crispy dengan cara digoreng dengan suhu tinggi, lalu dijadikan stik seperti french fries.

Biasanya peuyeum krispi ini memiliki varian rasa yaitu coklat, strawberry dan original. Kudapan olahan peuyeum tersebut bisa dinikmati dengan secangkir kopi atau teh.

Selain peuyeum crispy, terdapat berbagai olahan peuyeum lainnya seperti peuyeum ball, peuyeum cake, bolu peuyeum dan lain-lain.

Baca Juga: Tips Liburan Murah Menyenangkan di Bandung

Bagi kamu yang akan mengunjungi kota Bandung, jangan lupa untuk membeli makanan-makanan olahan dari peuyeum tersebut, dijamin ketagihan!

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here