Fase Perkembangan Janin 6 Bulan dalam Kandungan Usia Minggu 23-27

10638
Pola Perkembangan Janin Usia 6 Bulan
Perkembangan Janin Usia 6 Bulan

Perkembangan Janin 6¬†Bulan –¬†Penyebab gerakan-gerakan di dalam perut anda saat ini sudah tidak ragukan lagi pasti ulah buah hati anda, bukan gas yang ada dalam tubuh anda. Kini, setelah lengan dan kaki mungil itu lebih kuat, perkembangan gerakan tubuh bayi terkadang akan tampak dari luar dan dapat menghibur orang-orang disekitar anda.

Bulan ini adalah akhir trimester kedua. Berarti anda hampir menempuh dua pertiga perjalanan. Anda masih akan tumbuh demikian juga dengan bayi anda. Yang beratnya saat ini relatif ringan dibandingkan berat yang akan anda bawa pada satu atau dua bulan selanjutnya.

Tahapan Pertama: Perkembangan janin Usia 6 bulan minggu ke 23

Kulit bayi anda tampak akan kendur dan menggantung dari tubuh kecilnya. Penyebabnya, pertumbuhan kulit bayi lebih cepat daripada penumpukan lemak sehingga belum tersedia cukup banyak lemak untuk mengisi kulit tersebut. Jangan cemas, lemak akan mulai mengejar ketertinggalanya.

Sejak minggu ini, bayi anda yang panjangnya sekitar 20 sentimeter dan baratnyanya lebih dari 0,5 kilogram akan mengalami kenaikan berat badan (demikian juga dengan anda).

Pada akhir bulan ini, berat badan bayi anda akan menjadi dua kali lipat dari beratnya yang sekarang. Setelah proses penimbunan lemak selesai, bayi anda menjadi lebih padat. Pada saat ini, organ dan tulang masih dapat terlihat melalui kulit yang memiliki rona kemerah-merahan akibat pertumbuhan pembuluh balik dan pembuluh nadi di bawah kulit. Namun, pada bulan kedelapan (baca: berat badan bayi usia 8 bulan), tidak ada lagi bayi yang tembus pandang.

Tahapan Kedua: Perkembangan janin Usia 6 bulan minggu ke 24

Sekarang, bayi anda memiliki berat 0,7 kilogram dan panjang 22 sentimeter. Setiap minggu, berat badanya naik sekitar 170 gra. Sebagian besar berat tersebut berasal dari penumpukan lemak serta pertumbuhan organ, tulang, dan otot.

Saat ini wajah mungil byi anda hampir spenuhnya terbentuk dan sangat menggemaskan. Lengkap dengan bulu mata dan alis serta sedikit rambut di kepalanya. Apakah rambut bayi anda cokelat, pirang atau merah? Sebenarnya pada saat ini, warnanya masih seputih salju karena masi belum ada pigmen/zat warna di dalamnya.

Tahapan Ketiga: Perkembangan janin Usia 6 bulan minggu ke 25

Bayi anda tumbuh besar dengan cepat hingga mencapai panjang 23 sentimeter dan berat lebih dari 0,7 kilogram. Pembuluh kaipler terbentuk dibawah kulit dan terisi darah.

Pada akhir pekan ini, kantung udar yang dilapisi pembulu kapiler juga akan berkembang di dalam paru-paru bayi guna mempersiapkan sang bayi untuk menghirup udara segar. Namun, paru-paru itu belum siap untuk bernapas sebab ia masih memerlukan banyak penyempurnaan seperti pertumbuhan bayi usia 5 bulan.

Meskipun paru-paru mulai membentuk surfaktan, yakni zat yang akan membantu paru-paru mengembang setelah persalinan, paru-paru bayi masih belum cukup berkembang untuk mengirimkan oksigen dalam jumlah yang cukup ke dalam aliran darah dan melepaskan karbondioksia dari darah.

Lubang hidung bayi yang sebelumnya masih tertutupi kini mulai terbuka. Hal ini memungkinkan bayi berlatih untuk bernapas. Pita suara bayi pun mulai berfungsi sehingga sesekali menimbulkan cegukan.

Tahapan Keempat: Perkembangan janin Usia 6 bulan minggu ke 26

Pada saat ini, bayi anda sudah mencapai berat 1 kilogram dan panjang 23 sentimeter. Perkembangan penting lainnya: mata bayi mulai terbuka. Selama beberapa terakhir, kelopak mata masih tertutp.

Lingkaran warna mata masih belum memiliki banyak pigmen sehingga warna mata bayi anda masih belum bisa diapstikan. Namun ia mulai dapat melihat, meskipun tidak banyak yang dapat dilihatnya di dalam rahim yang gelap. Akan tetapi, dengan indera pendengar dan penglihat semakin kuat, bayi anda akan lebih banyak bergerak ketika melihat cahaya terang atau mendengar suara keras berbeda dengan janin dan bayi usia 2 bulan yang tidak merespon apapun.

Kenyataanya, jika suatu benda yang mengeluarkan suara cukup keras di dekatkan ke perut anda, sikecil akan bereaksi dengan mengedipkan amata dan menggeliat.

Tahapan kelima: Perkembangan janin Usia 6 bulan minggu ke 27

Bayi anda akan memasuki tahap baru dalam pertumbuhannya. Panjang tubuhnya tidak lagi diukur dari puncak kepala hingga pantat., melainkan dari ujuang kepala hingga ujunga kaki.

Pada minggu ini, panjang dari ujung kepala hingga ujung kaki sekitar 38 sentimeter berat badanya juga meningkat hingga melampuai 1 kilogram. Bayi anda sekarang memiliki lebih banyak kuncup perasa dilidahnya daripada yang ia akan miliki saaat dilahirkan dan setelahnya.

Artinya, bayi anda hanya dapat merasakan perubahan cita rasa cairan ketuban ketika anda memakan maanan yang berbeda, tetapi ia dapat bereaksi terhadap perubahan tersebut. Beberapa bayi bereaksi terhadap makanan pedas dengan cegukan, sedangkan bayi lainnya bereaksi dengan cara menenang.

Demikianlah proses perkembangan bayi dan janin usia 5 bulan. Kedepannya diharahkan lebih peka terhadap tahapan tersebut sehingga memudahkan anda saat kelahiran si kecil. Salam penulis

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here