Fase Perkembangan Janin 5 Bulan dalam Kandungan Usia Minggu 18-22

6880
Fase Perkembangan Janin Usia 5 Bulan
Perkembangan Janin Usia 5 Bulan

Perkembangan Janin 5 Bulan– Semua yang seblumnya samar-samar kini semakin jelas. Kemungkinan, pada bulan ini atau awal bulan berikutnya yaitu pertumbuhan janin usia 6 bulan, anda akan merasakan gerakan bayi Anda untuk pertama kalinya.

Sensasi yang menakjubkan itu bersama dengan perut yang semakin membesar dan membuat kehamilan anda terasa lebih nyata. Mespikupun masih cukup lama hingga bayi anda lahir, sangat menyenangkan ketika menyadari ada seseorang di dalam diri anda.

Fase 1: Perkembangan janin Usia 5 bulan minggu ke-18

Dengan panjang 14 sentimeter dan berat 142 gram (seberat dada ayam yang anda makan) bayi anda membesar secara mengagumkan dibandingkan bayi usia 4 bulan, sehingga anda mulai dapat merasa geliatan, gulingan, tendangan, dan pukulan.

Rangkaian keterampilan lain yang dikuasai bayi anda sekarang adalah menguap dan cegukan. Bayi anda yang unik sekarang menjadi lebih unik lagi, lengkap dengan sidik jari pada tangan dan kaki.

Fase II: Perkembangan janin Usia 5 bulan minggu ke-19

Pada minggu ini, panjang tubuh bayi anda mencapai 15,2 sentimeter dan beratnya mencapai 227 gram; kira-kira seukuran sebuah mangga besar. Sebenarnya, lebih mirip dengan buah mangga yang dicelupkan ke dalam keju cair.

Zat pelindung putih (mirip keju) sekarang membungkus kulit bayi anda yang peka, melindunginya dari cairan ketuban di sekitarnya. Tanpa pelindung terebut, bayi akan tampak sangat keriput saat dilahirkan. Lapisan tersebut akan menghilang menjelang kelahiran, tetapi bayi yang terlahir premature terkadang masih terbungkus zat tersebut saat dilahirkan.

Fase III: Perkembangan janin Usia 5 bulan minggu ke-20

Ukuran bayi anda sekarang sebesar blewah di dalam perut yang sebesar buah melon, beratnya sekitar 283 gram dan panjanganya 16,5 sentimeter. USG pada bulan ini dapat mendeteksi jenis kelamin bayi jika anda ingin mengetahuinya.

Apapun jenis kelaminnya, bayi pasti sedang sibuk saat ini. Jika bayi perempuan, rahimnya telah terbentuk, indung telurnya memiliki sekitar 7 juta sel telur primitive dan saluran kelaminya mulai berkembang.

Jika bayi anda laki-laki, buah zakarnya mulai turun dari rongga perut. Dalam beberapa bulan, buah zakarnya akan jatuh ke dalam kantung buah zakar yang sekarang masih dalam tahap perkembangan.

Sekarang, ia memiliki cukup banyak ruang di dalam rahim anda sehingga dapat menggeliat, membalikkan tubuh, menendang, mmukul, bahkan sesekali berjungkir balik. Jika anda belum merasakan gerakan tersebut, tunggulah ming-mingu beriktnya.

Fase IV: Perkembangan janin Usia 5 bulan minggu ke-21

Seberapa besar bayi anda minggu ini? Apakah sama dengan bulan ke empat? Panjangnya sekitar 17,8 sentimeter dan pertumbuhan berat bayi usia 5 bulan ini hampir 312 gram (seperti buah pisang besar).

Berbicara tentang pisang, anda sebaiknya memakan pisang minggu ini, jika anda ingin bayi anda mencicipinya. Begitu juga dengan wortel. Mengapa? Karena cairan ketuban berada dari hari ke hari brgantung pada apa yang anda makan (terasa mani saat makan pisang, dan terasa pedas saat makan cabe), dan sekarang bayi anda akan menelan cairan dari makanan yang anda makan (untuk memperoleh zat gizi sekaligus sebagai latihan mencerna dan menelan).

Barikut ini beberapa perkembangan bayi bulan kelima lainnya: panjang lengan dan kaki mencapai perbandingan yang sesuai, saraf di otak dan otot kini sudah tersambung, dan tulang rawan di seluruh tubuh berubah menjadi tulang keras. Dengan demikian, bayi Anda kini dapat melakukan gerakan terkordinasi dan tidak lagi sekedar entakan.

Fase V: Perkembangan janin Usia 5 bulan minggu ke-22

Berat badan bayi anda sekitar ½ kilogram dengan panjang hampir 20 sentimeter, kira-kira seukuran boneka kecil. Akan tetapi, boneka ini adalah makluk hidup dengan indera peraba, penglihat, pendengar, dan perasa.

Apa yang diraba bayi anda? Mungkin ia memegang tali pusar serta berlatih menggenggam sehingga ia kelak dapa menggengam jemari anda.

Apa yang dilihat bayi anda? Meskipun rahim adalah tempat yang gelap, janin pada usia ini dapat membedakan terang dan gelap meskipun kedua kelopak matanya masih tertutup.

Jika menyorotkan cahaya senter ke arah perut, mungkin anda merasakan bayi anda bereaksi, mungkin mencoba memalingkan diri dari cahaya.

Apa yang didengar bayi? Suara anda dan orang-orang di dekat anda, suara denyut jantung, derau usus, bunyi aliran darah, gelegak asam lambung, gonggongan anjing, bunyi sirene, suara televise yang keras.

Apa yang dicicipi bayi? Apapun yang anda makan akan dirasakan oleh bayi.

Pola tahapan perkembangan janin usia 5 bulan ini semakin dirasakan pada bulan berikutnya, karena mengalami perubahan yang lebih meyakinkan.Mudahan bermanfaat

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here