Fase Perkembangan Janin Usia 4 Bulan (Usia Kandungan 14-17 Minggu)

15790
Tahapan Perkembangan Janin Usia 4 Bulan
Pola Perkembangan Janin Usia 4 Bulan

Arwini.com – Kini tibalah permulaan trimester kedua atau tahapan pertama dari perkembangan janin usia 4 bulan. Beberapa ibu hamil merasa masa ini merupakan trimester paling nyaman karena sebagian besar gejala kehamilan yang mengganggu mulai mereda atau bahkan menghilang.

Loading...

Rasa mual akan mulai berkurang, tingkat energi akan bertambah, tidak lagi ingin buang air kecil sesering sebelumnya. Meskipun payudara Bunda tetap besar, rasa perih payudara juga akan berkurang.

Perubahan lain pda perkembangan janin usia 4 bulan ini terletak di akhir bulan, perut bagian bawah yang semula hanya terlihat seperti perut orang kekenyangan akan mulai tampak seperti perut orang hamil. Ulasan lengkapnya bisa bunda simak pada paragraf selanjutnya.

Perkembangan Janin Usia 4 Bulan (Kandungan Usia 14-17 Minggu)

  • Minggu Ke 14, Pertumbuhan Rambut.

Pada awal trimester kedua, janin tumbuh dengan kecepatan berbeda-beda; beberapa janin tumbuh lebih cepat dari yang lain seperti pertumbuhann janin bulan pertama. Meskipun dengan kecepatan pertumbuhan yang berbeda-beda, semua janin melalui tahap-tahap perkembangan yang sama.

Pada minggu ini, bayi bunda yang ukurannya saat ini sebesar kepalan tangan Bunda akan bergerak ke posisi yang lebih lurus karena lehernya semakin panjang dan kepalanya lebih tegak.

Di puncak kepala mungil yang menggemaskan ini, tumbuh beberapa helai rambut. Demikian pula alis dan rambut tubuhnya. Jangan khawatir, rambut di tubuhnya itu tidak permanen. Mantel bulu halus ini tumbuh untuk menghangatkan bayi Bunda. Fungsinya seperti selimut bulu.

Setelah bayi Bunda memiliki cukup banyak timbunan lemak, sebagian besar bulu itu akan berguguran, meskipun beberapa orang bayi, terutama yang lahir secara cepat, masih memiliki selimut lembut ini ketika dilahirkan.

  • Minggu ke-15, Mulai Menghisap Jari.

Panjang tubuh janin Bunda sekarang mencapai 11,4 sentimeter, sedangkan berat badanya sekitar 57-85 gram, kira-kira sebesar jeruk.

Posisi telinga janin mulai bergeser menuju kedua sisi kepala (dahulu tampak lebih dekat ke leher), sedangkan matanya berpindah dari kedua sisi kepala ke depan wajah.

Pada sat ini, bayi Bunda sudah memiliki kekuatan dan kemampuan menyelaraskan gerak untuk menggoyangkan jemari tangan dan kaki, serta menghisap ibu jari.

Bukan itu saja, ia pun dapat menghisap dan menelan. Meskipun Bunda mungkin belum merasakan gerakan apapun dari si kecil pada minggu ini seperti yang kemi sebutkan pada perkembangan janin bulan ketiga (hanya denyut jantung terdengar), bayi Bunda dapat melakukan beberapa gerakan, seperti menendang, menekuk anggota tubuh serta menggerakkan lengan dan kaki.

  • Minggu ke-16, Peka Sentuhan.

Bayi Bunda terus tumbuh dengan pesat hingga berat badannya mencapai 85-142 gram dan panjang tubuhnya mencapai 10-13 sentimeter. Otot-ototnya menjadi lebih kuat, terutama otot punggung yang memungkinkan si kecil sedikit meluruskan tubuh.

Calon bayi Bunda tampak semakin menggemaskan dengan wajah yang memiliki mata, telinga di tempat yang tepat, dan kedua mata yang sekarang sudah dapat bergerak.

Benar mata bayi Bunda dapat membuat gerakan kecil dari satu sisi ke sisi lain dan dapat merasakan cahaya, meskipun kelopak matanya masih tertutup.

Bayi Bunda juga lebih peka terhadap sentuhan. Ia akan menggeliat jika Bunda menepuk atau mengelus perut, meskipun Bunda mungkin belum mampu merasakan reaksinya.

  • Minggu ke-17, Latihan Menelan.

Perhatikan telapak tangan Bunda. Kira-kira, sebesar itulah ukuran bayi Bunda sekarang; panjang tubuhnya sekitar 13 sentimeter dan berat tubuhnya sekitar 142 gram atau lebih. Lapisan lemak ditubuhnya mulai berbentuk, tetapi ia masih sangat kurus, kulitnya pun masih tembus pandang.

Pada minggu ini, bayi Bunda banyak berlatih untuk mempersiapkan kelahirannya. Keterampilan penting yang terus diasahnya adalah mengisap dan menelan. Jantungya menghasilkan sekitar 140-150 denyutan permenit.

Gejala Fisik Kehamilan Bulan Keempat

  1. Kelelahan
  2. Lebi jarang buang air kecil
  3. Hilang atau berkurangnya rasa mual dan ingin muntah (sebagian wanita masih mengalami bahkan sebagian lainya masih permulaan)
  4. Sembelit
  5. Nyeri ulu hati, rasa mulas, kembung dan begah.
  6. Payudara terus membesar, tetapi rasa nyerinya mulai berkurang
  7. Sakit kepala, pusing atau limbung, terutama jika mengubah posisi secara mendadak.
  8. Hidung tersumbat dan terkadang mimisan; telinga seolah-olah tersumbat.
  9. Gusi mudah berdarah
  10. Selera makan bertambah
  11. Pembengkakan ringan di pergelangan dan telapak kaki, dan terkadang di telapak tangan dan wajah
  12. Varises di kaki atau wasir
  13. Sedikit peningkatan lender vagina
  14. Gerkan janin menjelang akhir bulan (tetapi biasanya tidak seawall ini, kecuali pada kehamilan kedua atau selanjutnya).

Gejala Kejiwaan Kehamilan Bulan Ketiga

  1. Perubahan suasan hati; meliputi mudah marah, tidak rasional, atau mudah menangis tanpa alasan.
  2. Merasa gembira atau takut karena pada akhirnya anda terlihat hamil
  3. Frustasi karena pakaian lama anda tidak lagi cukup, tetapi anda belum erlihat “cukup hamil” untuk mengenakan baju hamil.
  4. Merasa ceroboh, pelupa, mudah menjatuhkan benda-benda dan sulit untuk berkonsentrasi.

Tahapan Selanjutnya:

Terimah kasih telah berkenan meluangkan waktu membaca artikel perkembangan janin usia 4 bulan. Salam hangat penulis

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here