Fase Perkembangan Janin Usia 2 Bulan (Minggu Kelima-Kedelapan)

3703
Pola Perkembangan Janin Usia 2 Bulan
Perkembangan Janin Usia 2 Bulan

Perkembangan Janin Usia 2 Bulan – Jika bunda belum memberitahu siapapun perihal kehamilan, bayi bunda akan membocorkan rahasia tersebut dengan menampakkan berbagai gejala kehamilan, seperti rasa mual, air liur yang bertambah, desakan untuk buang air kecil sepanjang hari, dan perut yang terasa begah.

Loading...

Gejala tersebut akan memaksa untuk menyesuaikan diri dengan fakta bahwa ada kehidupan baru yang sedang tumbuh dalam diri bunda. Jika sebelumnya bunda belum mengetahui gejala-gejala yang akan dialami wanita saat bulan pertama, kami menyarankan membaca artikel perkembangan janin usia 1 bulan yang telah kami terbitkan beberapa hari yang lalu.

Berikut arwini.com akan sebutkan perkembangan janin Usia 2 Bulan (sekitar minggu ke 5 hingga minggu ke 8).

Tahapan Perkembangan Janin Usia 2 Bulan

Minggu Ke-5 (Bulan Kedua)

Embrio kecil bunda sekarang mirip dengan kecebong (lengkap dengan ekor mungilnya) yang tumbuh dengan sangat cepat. Kini ukurannya hampir sama dengan bijik jeruk (terlihat kecil namun lebih besar dibandingkan ukuran janin bulan pertama).

Pada minggu ini, perkembangan janin bunda ditandai dengan pembentukan jantung dan sistem peredaran darah. Kedua tanda ini merupakan anggota tubuh yang pertama bekerja.

Jantung bayi bunda terdiri dari dua saluran kecil yang disebut pipa jantung. Meskipun sangat jauh dari fungsi mestinya, jantung sederhana tersebut mulai dapat berdenyut dan dapat dilihat melalui USG.

Selain pipa jantung, mulai berbentuk pula pipa saraf yang kelak berkembang menjadi otak dan sumsum tulang belakang. Saat ini pipa saraf masih terbuka, tetapi akan tertutup pada minggu berikutnya.

Minggu ke-6 (Bulan Kedua)

Jarak antara puncak kepala dan pantat digunakan untuk menentukan ukuran bayi di dalam rahim karena kaki mungil si kecil baru terbentuk dan berada dalam posisi tertekuk sehingga panjang seluruh tubuh janin sulit ditentukan.

Berapa ukuran bayi bunda sekarang? Jarak antar puncak kepala dan pantat janin sekitar 5-6 milimeter. Minggu ini juga akan menjadi awal perkembangan rahang, pipi, dan dagu.

Lekukan di kedua sisi kepala akan membentuk saluran telinga. Titik-titik hitam pada wajah akan membentuk mata sedangkan benjolan kecil di depan kepalanya akan berubah menjadi hidung dalam beberapa minggu.

Bagian tubuh lain yang mulai terbentuk minggu ini: ginjal, hati, dan paru-paru. Jantung mungil bayi bunda akan berdenyut 80 kali per menit dan menjadi semakin cepat setiap hari.

Minggu ke-7 (Kulan Kedua)

Janin bunda sungguh menakjubkan; ia memiliki ukuran 10.000 kali lebih besar daripada hari pertama kehamilan. Kini, tubuhnya se-ukuran sebutir buah beri berwarna biru.

Sebagian besar pertumbuhan itu berpusat di kepala (sel-sel otak baru mulai terbentuk dengan kecepatan 100 sel permenit). Mulut dan lidah Janin bunda akan terbentuk pada minggu ini.

Demikian pula kuncup lengan dan kaki janin, mulai tumbuh hingga menyerupai dayun, dan mulai terbagi menjadi ruas tangan, lengan, bahu, tungkai, lutut dan kaki. Ginjal juga sudah berada pada tempatnya, dan siap menjalankan fungsinya mengolah limbah.

Minggu ke-8 (bulan Kedua)

Janin bunda tumbuh sangat cepat hingga ukuran tubuhnya mencapai sekitar 1,3 sentimeter. Bibir, hidung, kelopak mata, kaki dan punggungnya mulai terbentuk.

Kendati masih terlalu dini untuk didengar dari luar, jantung sudah berdenyut pada kecepatan 150 kali permenit. Pada minggu ini, janin mulai dapat bergerak, walaupun gerakan ini masih terlalu lemah untuk dapat bunda rasakan.

Gejala Kehamilan Usia Kandungan 2 Bulan

Telah kami sebutkan pada gejala kehamilan bulan pertama bahwa setiap kehamilan wanita berbeda satu sama lain. Bunda mungkin mengalami semua gejala ini pada satu waktu atau waktu lain, atau hanya beberapa diantaranya.

Beberapa gejala merupakan kelanjutan dari gejala yang sudah muncul pada bulan sebelumnya, sementara gejala yang lain mungkin baru pertama kali dialami.

Bunda pun mungkin mengalami gejala lain yang kurang umum atau jarang terjadi. Bunda tidak perlu khawatir, semuanya dapat diatasi dengan mudah sesuai arahan dokter. Gejala kehamilan bulan kedua ini diantaranya:

  • Gejala Fisik Kehamilan Bulan Kedua
  • Lelah, kurang bertenaga, mengantuk
  • Sering buang air kecil
  • Mual dengan atau tanpa muntah
  • Air liur berebih
  • Sembelit
  • Nyeri ulu hati
  • Mengidam dan membenci makanan
  • Perubahan payudara
  • Keputihan
  • Sakit kepala, pusing atau limbung
  • Perut agak membulat (pakaian terasa sempi)

Gejala Kejiwaan Kehamilan Bulan Kedua

  • Gejolak kejiwaan (seperti sindrom pramenstruasi) meliputi perubahan suasana hati, mudah marah, tidak rasional, mudah menangis tanpa alasan yang jelas.
  • Merasa khawatir, takut atau bahagia.
  • Merasa tak percaya dengan kehamilan sendiri (apakah ada bayi di dalam tubuh)

Meskipun orang-orang di sekitar bunda belum menyadari kehadiran si kecil di dalam perut, bunda mungkin menyadari bahwa pakaian terasa agak menyempit di sekitar pinggang, bunda pun mungkin memerlukan bra dengan ukuran yang lebih besar.

Pada perkembangan janin usia 2 bulan ini, rahim bunda yang seukuran kepalan tangan akan tumbuh menjadi seukuran buah jeruk yang besar.

Tahapan Selanjutnya:

Keadaan Janin Usia 3 Bulan

Keadaan Janin Usia 4 Bulan

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here