Fase Perkembangan Janin 8 Bulan (Usia Kandungan 32-35 Minggu )

200
Perkembangan Janin Usia 8 Bulan
Perkembangan Janin Usia 8 Bulan

Perkembangan Janin Usia 8 Bulan – Pada bulan kedua terakhir ini, Anda mungkin masih tetap menikmati setiap momen kehamilan, atau merasa semakin lelah karena tubuh Anda terus-menerus bertambah besar. Bagaimana pun perasaan anda, pasti seadang asyik-asyiknya memikirkan peristiwa yang telah dinantikan:

kelahiran sang buah hati. Tentu saja, bersama kegembiraan yang tertumpuk-tumpuk (saya akan segera melahirkan), anda dan suami mugkin merasa sedikit cemas terutama jika hali ini merupakan kehamilan pertama sebagi orang tua.

Dengan mengungkapkan perasaan-perasaan yang amat normal itu, dan mendengarkan pengalaman teman atau sudara yang telah lebih dahulu menjadi orang tua, anda akan menyadari bahwa setiap orang merasakan hal yang sama pada pengalaman pertama mereka.

Perkembangan Janin Usia 8 Bulan Minggu ke 32

Pada minggu ini, bayi Anda mencapai berat hampir 2 kilogram dan tinggi/panjang sekitar 46 sentimeter, dan pertumbuhan bukanlah satu-satunya agenda pada masa-masa ini.

Tidak hanya si ibu yang sibuk mempersiapkan segala sesuatu untuk menyambut kehadiranya, ia pun tengah sibuk mempersiapkan penampilan perdananya.

Dalam minggu-minggu terakhr ini, si bayi sedang berlatih, berlatih lagi, dan terus berlatih untuk mengasah kemampuan yang ia perlukan guna beratahan hidup di luar rahim.

Beberapa latihan tersebut, di antaranya menelan, bernapas, menendang, dan mengisap. Berbicara tentang mengisap, bayi mungil Anda telah mampu mengisap ibu jarinya (baiklah, mungkin itu tidak penting dalam bertahan hidup, tetapi bukankah itu pemandangan yang sangat indah?).

perubahan lain dalam minggu ini: dengan semakin banyaknya timbunan lemak di bawah kulit bayi Anda, ia tidak lagi transparan.

Perkembangan Janin Usia 8 Bulan Minggu ke 33

Pada masa-masa ini, berat badan bayi naik hampir secepat kenaikan berat badan Anda (rata-rata sekitar 225 gram setiap minggu), artinya ia telah mengalami kenaikan berat badan lebih dari 2 kilogram sejauh ini.

Meskipun demikian, ia masih akan tetap tumbuh semakin tumbuh semakin tinggi (besar). Tingginya akan bertambah lebih kurang 2,5 sentimeter pada pecan ini dan beratnya akan bertambah hingga pada hari H mencapai hampir du kali lipat dari beratnya sekarang.

Dengan bayi sebesar itu di dalam rahim anda sekarang, cairan ketuban mencapai jumlah maksimal. Hal ini menjelaskan mengapa setiap pukulan dan tendnagan terkadang membuat anda ama sangat tidak nyaman:

Bantalan cairan yang meredamnya lebih tipis. Antibody juga bergerak dari tubuh Anda menuju tubuh bayi Anda seiring dengan upayanya untuk membangun kekebalan tubuhnya sendiri.

Antibody ini akan sangat membantu ketika berada di luar nanti dan akn melindunginya dari bermacam-macam kuman di tempatnya bermain.

Perkembangan Janin Usia 8 Bulan Minggu ke 34

Saat ini, tinggi bayi Anda mungkin hampir mencapai 50 sentimeter, sedangkan beratnya mencapai sekitar 2,2 kilogram. Jika bayi Anda laki-laki, minggu inilah saat ketika buah zakarnya turun dari perut menuju tujuan akhirnya, yaitu kantung buah zakar.

Sekitar 3-4% bayi laki-laki dilahirkan dengan buah zakar yang tidak turun, tetapi hal ini tidak perlu dikhawatirkan sebab buah zakar biasanya akan turun ke tempat yang semestinya sebelum ulang tahun pertamanya. Berita lain:

kuku-kuku mungilnya mungkin telah mencapai ujung jemari tangannya pada minggu ini, jadi pastikan pemotong kuku sudah tercantum dalam daftar belanjaan Anda.

Perkembangan Janin Usia 8 Bulan Minggu ke 35

Bayi anda sudah tinggi sekarang. Jika ia dapat berdiri, tingginya sudah mencapai ½ meter. Ia terus mengikuti rencan kenaikan berat badan sebanyak 225 gram setiap minggu hingga beratnya sekarang mencapai sekitar 2 ½ kilogram.

Walaupun pertumbuhan tinggi badanya mulai berhenti, berat badanya akan terus berambah hingga hari kelahiran. Hal lain yang masih akan bertambah dalam beberapa minggu mendatang adalah sel otak.

Pertumbuhan otak berlangsung dengan kecepatan yang menakjubkan sehingga kepala bayi anda sedikit lebih berat. Saat in, pantatnya mungkin sudah berada di atas.

Hampir semua bayi sudah berada pada posisi kepala dibawah dan pantat di atas di dalam rongga pinggul ibu pada mala mini, atau dalam waktu dekat.

Ini merupakan hal yang baik karena akan lebih mudah bagi anda jika kepala bayi keluar lebih dahulu pada saat ia dilahirkan. Walaupun besar, kepalanya masih lunak, sehingga tidak terlalu sulit untuk dikeluarkan melalui jalan lahir.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here