Fase Perkembangan Janin 7 Bulan (Usia Kandungan 28-31 Minggu)

9577
Tahapan Fase Perkembangan Janin Usia 7 Bulan
Perkembangan Janin Usia 7 Bulan

Perkembangan Janin Usia 7 Bulan – Selamat datang di trimester terakhir! Anda sudah menmpuh dua pertiga perjalanan, dan tinggal tiga bulan menjelang garis finis.

Loading...

Pada tahap terakhi pertumbuahan ini, kegembiraan dan kegelisahan mungkin bertambah begitu juga dangan rasa sakit nyeri yang juga cenderung bertembah seiring dengan bertambahnya berat bayi anda.

Mendekati akhir kehamilan, anda semakin dekat dengan persalinan yang akan mulai anda rencanakan, persiapkan dan pelajari. Waktunya untuk mengikuti pelatihan melahirkan jika anda belum melakukannya meskipun kelahiran dapat dilakukan dengan bantuan dokter.

Perkembangan Bayi dan Janin Usia 7 Bulan Minggu ke-28 

Meskipun pertumbuhan bayi pada bulan ini berbeda dengan perkemabangan bayi usia 5 bulan. Namun pada minggu ini, bayi Anda yang menakjubkan telah mencapai berat 1,1 kilogram dan panjang 41 sentimter.

Keterampilan yang dikuasainya pada minggu ini: mengedipkan mata. Benar, untuk melengkapi perkembangannya keterampilan lain seperti batuk, mengisap, cegukan, dan mengambil napas sederhana, kini bayi anda dapat mengedipkan matanya yang mungil itu.

Memimpikan bayi anda, berkat tidur REM (rapid Eye Movement) yang mulai dialaminya. Akan tetapi, pemimpi kecil ini masuh belum siap untuk hari kelahiran.

Meskipun paru-parunya hampir sepenuhnya matang (memudahkan ia untuk bernapas seandainya ia terlahir sekarang) bayi anda masih perlu melakukan tugas pertumbuhan.

Perkembangan Bayi dan Janin Usia 7 Bulan Minggu ke 29 

Panjanganya mungkin telah mencapai 43 sentimeter dengan berat hampir mencapai 1,4 kilogram. Meskipun telah sangat dekat dengan panjang tubuhnya pada saat lahir, ia masih perlu menambah berat badannya lebih kurang 7,5 sentimeter.

Kenyataanya, selama 11 minggu berikutnya, berat bayi anda akan bertambah dua kali lipat bahkan mndekati tiga kali lipat dari beratnya pada minggu ini.

Sebagian besar berat badan itu berasal dari lemak yang masih akan ditumpuk di bawah kulit. Dengan bayi yang semakin besar, ruang di dalam rahim anda akan semakin sempit sehingga si kecil mungkin akan lebih kesulitan untuk menendang keras.

Sebagai gantinya, anda mungkin hanya akan merasakan sikutan dan benturan dari siku dan lutut.

Ada beberapa hal menarik yang akan Anda temui jika memantau gaerak-gerik janin di dalam perut. pemantauan tersebut, selain akan menambah semangat dalam menjalani masa keahamilan. Juga berguna dalam mendapatkan informasi seputar apa saja yang dibutuhkan si kecil.

Perkembangan Bayi dan Janin Usia 7 Bulan Minggu ke 30

Apa yang memiliki panjang 43 sentimeter, berat 1,4 kilogram, dan sangat menggemaskan? Itu bayi anda yang semakin besar dari hari ke hari.

Otaknya pun bertambah besar setiap hari untuk menyongsong kehidupan di luar rahim dan untuk menunjang proses belajar sepanjang hidup.

Sejak minggu ini, otak bayi mulai memperlihatkan alur dan lekukannya. Kerutan-kerutan ini memudahkan pembesaran jaringan otak di masa depan yang sangat penting ketika buah hati anda berkembang dari sosok bayi yang tidak berdaya menjadi bayi yang mulai belajar, kemudian menjdi balita yang pandai berbicara, lalu menjadi anak prasekolah yang senang belajar, dan selanjutnya.

Otak bayi anda yang kini lebih besar dan dan mumpuni juga mulai mengambil alih tugas-tugas yang sebelumnya dijalankan oleh bagian tubuh lain, seperti pengaturan suhu tubuh.

Kini otak sudah dapat mmbangkitkan panas (dengan bantuan pasokan lemak bayi yang terus bertmabah), sehingga bayi anda akan mulai menggugurkan lanugo, yakni rambut halus yang menjaga kehangatan tubuhnya hingga saat ini. Jadi, ketika bayi anda lahir, ia tidak akan mnjadi sosok berambut lebat.

Perkembangan Bayi dan Janin Usia 7 Bulan Minggu ke 31

Meskipun bayi anda masihperlu mengalami kenaikan berat badan sbesar 1,3-2,3 kilogram sebelum dilahirkan, berat tubhnya bertambah 1,3 kilogram pada minggu ini.

Panjang tubuhnya pun kir-kira sudah mencapai 46 sentimeter. Bagian tubuh bayi anda yang juga berkembang pesat pada minggu ini: sambutan otak (bayi harus membuat beberapa triliun sambungan otak).

Ia sudh dapat menggunakan jejaring sambungan otak yang rumit itu dengan baik untuk memproses informasi, mengenali arah cahaya, dan menerima ransangan pancaindra.

Karena sering mengantuk, ia akan tertidur lebih lama, terutama tidur REM. Oleh karena itu, Anda mungkin mulai dapat membedakan dengan jelas waktu bangun (menendang) dan wktu tidur (diam) si kecil.

Ada berapa perubahan janin yang dapat Anda saksikan pada  Pola Tahapan Perkembangan Bayi dan Janin Usia 7 Bulan ini sehingga perlu dipantau terus guna mengetahui kaebutuhannya. Teriamah Kasih

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here