5 Hal tak Terduga yang Membuat Anda lebih Sulit untuk Tidur

623
Penyebab susah tidur
Susah tidur

Arwini.com, Penyebab Sulit Tidur – Idealnya seseorang membutuhkan waktu sekitar 6-8 jam sehari untuk tidur, meski demikan lama waktu tidur masing-masing individu bisa saja berbeda.

Tubuh membutuhkan waktu istirahat setelah aktivitas seharian agar fungsi tubuh bisa bekerja optimal sehingga tetap fit dan terjaga kesehatannya.

Kurangnya waktu tidur bukan hanya akan membuat tubuh merasa mengantuk, tetapi juga bisa memberikan dampak yang kurang baik dalam jangka panjang.

Beberapa hal yang bisa terjadi ketika seseorang kurang tidur adalah resiko terserang berbagai macam penyakit akibat kekebalan tubuh yang menurun karena kurangnya istirahat, lebih mudah stress, menurunnya kreativitas dan konsentrasi hingga depresi.

Kurangnya waktu tidur bisa terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah karena sulit tidur atau mengalami gangguan tidur di malam hari.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang lebih sulit untuk tidur di malam hari, sehingga cenderung memiliki kualitas tidur yang buruk dan akibatnya bangun pagi dalam keadaan yang tidak segar.  Kebiasaan minum kopi di malam hari bisa menjadi salah satu faktor penyebab seseorang tetap terjaga dan sulit untuk tidur.

Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa hal tak terduga yang ternyata bisa membuat Anda lebih sulit untuk tidur?  Untuk menjawab rasa penasaran Anda, berikut ini adalah penjelasan mengenai 5 hal tak terduga yang membuat Anda sulit tidur di malam hari.

Nonton TV dan bermain gadget

Jika Anda memutuskan untuk nonton TV atau bermain gadget karena sulit untuk tidur meski sudah merasa mengantuk, maka hal itu bukanlah solusi yang tepat.

Aktivitas menonton TV, berselancar ria di dunia maya, atau bermain game justru akan membuat mata Anda tetap terjaga karena pengaruh pancaran sinar dari TV maupun layar gadget Anda, termasuk ponsel.

Sebuah studi menyebutkan bahwa mematikan ponsel sebelum tidur akan membuat Anda lebih fokus untuk beristirahat.

Kelelahan dan stress

Biasanya seseorang akan lebih mudah tertidur jika mengalami kelelahan dalam tahap sedang.  Namun jika seseorang terlalu lelah dan mengalami tekanan stress yang tinggi (Baca: Atasi Stres), hal itu justru akan menyebabkan sulit tidur.

Makan

Makan dalam porsi banyak sebelum tidur atau mengkonsumsi camilan di malam hari akan menyebabkan sistem pencernaan bekerja ekstra untuk memproses makanan tersebut, akibatnya tubuh menjadi lebih sulit untuk tidur.

Kamar yang berantakan

Keadaan kamar yang berantakan dan tidak rapi bukan hanya tidak sedap dipandang, tetapi juga akan membuat Anda lebih sulit untuk tidur.  Merapikan dan membersihkan kamar sebelum tidur bisa membantu Anda lebih mudah untuk tertidur.

Olahraga

Mungkin Anda berpikir bahwa melakukan olahraga sebelum tidur akan membuat tidur lebih nyenyak, namun tahukah Anda bahwa melakukan olahraga berat menjelang waktu tidur justru akan membuat Anda lebih sulit untuk tidur?

Tubuh Anda akan merasa terlalu lelah sehingga menyebabkan sulit tidur.  Olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari agar tidur Anda lebih berkualitas.

Selain itu, kebiasaan tidur yang tidak teratur dan perubahan hormon estrogen yang terjadi ketika seorang wanita sedang menstruasi juga bisa menjadi faktor penyebab sulit tidur di malam hari.

Agar lebih mudah terlelap dan mendapatkan tidur yang berkualitas, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Hentikanlah kebiasaan minum kopi di malam hari, dan gantilah dengan susu hangat atau teh herbal yang menenangkan dan membuat tubuh lebih rileks.
  • Mandilah setelah beraktivitas seharian, namun tunggulah beberapa saat ketika suhu tubuh mulai menurun sehingga tubuh lebih segar dan rileks.
  • Lakukan peregangan ringan seperti yoga agar otot lebih rileks.
  • Kecilkanlah volume televisi atau musik yang Anda putar setidaknya 2 jam menjelang waktu tidur agar tubuh lebih mudah untuk mengantuk dan terlelap.
  • Pastikan juga lampu kamar Anda meredup agar tubuh membacanya sebagai tanda untuk segera tidur sehingga lebih mudah terlelap.
  • Singkirkan semua gadget dari tempat tidur Anda agar tidak tergoda untuk kembali menggunakannya atau sekedar melihat notifikasi yang masuk, sehingga fokus untuk tidur tidak terganggu.

Baca Juga: Cara Mengatasi Insomnia

Itulah 5 hal tak terduga yang bisa membuat Anda lebih sulit untuk tidur, dan Andapun bisa mengantisipasinya dengan cara yang tepat agar tidur Anda cukup dan berkualitas.  Nah, sudah siapkah Anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas malam ini?

 

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here