5 Hal tak Terduga yang bisa Menyebabkan Penuaan Dini

1020

Arwini.comPenyebab penuaan dini, Kondisi kulit akan mengalami perubahan seiring dengan bertambahnya usia, seperti munculnya garis halus di wajah, lingkaran hitam di leher atau mata, hingga kulit yang cenderung keriput. Namun tahukah Anda jika ada beberapa hal yang bisa memicu terjadinya penuaan dini selain faktor usia? Berikut ini adalah 5 hal tak terduga yang bisa menyebabkan penuaan dini dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Banyak Mengkonsumsi Gula

Konsumsi gula secara berlebih akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, termasuk juga pada kulit.  Selain bisa memicu kegemukan, gula juga berpengaruh pada proses penuaan dini.

Kandungan glisemik pada karbohidrat tinggi yang megandung banyak gula bisa memicu terjadinya peradangan kulit.  Selain itu pada proses glikasi terjadi produksi molekul yang mengikat kolagen dan elastin yang melemahkan fungsi keduanya, sehingga elastisitas kulit pun semakin menurun.

Membatasi konsumsi gula bisa menjadi salah satu solusi yang paling tepat agar terhindar dari resiko penuaan dini.

Enggan Menggunakan Tabir Surya

Tahukah Anda jika 90 persen proses penuaan dini terjadi akibat paparan sinar ultraviolet langsung pada kulit yang tidak terlindungi tabir surya?

Kebiasaan keluar ruaha tanpa menggunakan tabir surya bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya penuaan dini yang tidak boleh diremehkan.

Penggunaan tabir surya yang mengandung SPF-30 bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari sehingga meminimalisir dampak buruknya pada kulit.

Tinggal di Perkotaan

Tinggal di perkotaan tentu lebih beresiko terkena paparan polusi udara, dan kondisi tersebut sangat berpengaruh pada kesehatan kulit.  Bahkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang sering terkena paparan polusi dari knalpot kendaraan bermotor maupun polutan lainnya secara terus menerus berpeluang mengalami penuaan dini di usia 30-an.

Rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang tidak ingin mengalami penuaan dini meski tinggal di perkotaan.  Tingginya kandungan antioksidan pada buah-buahan dan sayuran bisa membantu menangkal radikal bebas yang bisa memicu terjadinya penuaan dini.

Nonton TV atau Menggunakan Gadget hingga Larut Malam

Kebiasaan begadang hingga larut malam dengan nonton TV atau bermain gadget bisa menyebabkan tubuh kelelahan bahkan lebih susah untuk tidur.  Sebuah studi menyebutkan bahwa kebiasaan menatap layar TV atau gadget dalam waktu yang lama bisa menurunkan keremajaan kulit secara lebih cepat.

Selain itu paparan sinar HEV (High Energy Visible) dari semua gadget bisa berpengaruh buruk pada kulit.  Karena pancaran sinar tersebut bisa masuk ke lapisan kulit hingga memicu terjadinya kerusakan pada kulit, terutama ketika berlangsung secara terus menerus dalam waktu yang lama, sehingga kulit lebih mudah keriput.

Terkena Paparan Asap Rokok

Kandungan zat beracun pada rokok bukan hanya bisa menyebabkan masalah kesehatan, namun juga bisa meningkatkan resiko terjadinya penuaan dini, baik orang yang merokok secara langsung ataupun yang terkena paparan asapnya.

Kandungan radikal bebas pada rokok juga bisa menurunkan elastisitas kulit sehingga terlihat kusam dan tidak halus, terutama jika paparan asap rokok berlangsung dalam waktu yang lama.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah agar tidak terjadi penuaan dini, diantaranya adalah dengan konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup setidaknya 8-10 gelas per hari sehingga racun dalam tubuh bisa lebih mudah dikeluarkan.  Istirahat yang cukup juga sangat dianjurkan untuk mencegah penuaan dini, karena pada saat tidur terjadi proses detoksifikasi dan regenerasi kulit secara alami.

Cara lain yang cukup sederhana untuk mencegah penuaan dini adalah menghindari stress.  Karena pada saat stress, produksi hormon kortisol meningkat dan hormon ini sangat berpengaruh pada proses penuaan dini.

Selain itu melakukan perawatan tubuh dengan bahan-bahan alami yang banyak mengandung vitamin C juga bisa Anda lakukan, baik itu berupa masker maupun scrub yang efektif untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang regenerasi kulit.

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin E, seperti biji bunga matahari, asparagus, almond, bayam, buah bit dan alpukat juga baik untuk Anda yang tidak ingin mengalami penuaan dini, karena vitamin E mampu mempertahankan kadar air alami pada kulit sehingga elastisitas kulit lebih terjaga.  Vitamin E juga diyakini mampu mengurangi garis halus di wajah sehingga kulit tampak lebih segar.

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here