Benarkah Wanita Lebih sering Mengalami Migrain Dibandingkan Pria?

277
Cara Mengatasi Migrain Lebih Dominan pada Wanita dibandingkan Laki-laki
Migrain Foto Via Healingchronicpains.com

Arwini.com, Penyebab Migrain Lebih Dominan pada Wanita dibandingkan Laki-laki – Sakit kepala sebelah atau lebih dikenal dengan istilah migrain adalah kondisi yang sering menggangu aktivitas sehari-hari, bahkan menimbulkan rasa sakit yang berlebihan.

Migrain sering dikaitkan dengan beberapa permasalahan pada pembuluh darah, dimana pembuluh darah memberikan respon salah terhadap sistem syaraf simpatik yang berada di otak.  Lalu benarkah wanita lebih sering mengalami migrain dibandingkan pria?

Sejumlah penelitian menunjukan bahwa wanita mengalami serangan migrain 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan pria. Kondisi ini ditimbulkan oleh dua faktor berlainan yaitu faktor hormon dan predisposisi genetik.

Meski hingga saat ini belum diketahui secara pasti perihal penyebab migrain yang lebih dominan terjadi pada wanita, namun dugaan terkuat disebabkan oleh siklus menstruasi.

Dugaan tersebut berasal dari dua studi: Pertama, wanita muda lebih beresiko mengalami migrain pertama di tahun yang sama saat ia menstruasi, dan kedua wanita memiliki gelombang aktivitas otak lebih cepat dibandingakan pria.Kedua hal ini, yang menjadi penyebab migrain lebih dominan pada wanita.

Meski sering dianggap sebagai sakit kepala biasa, namun ada beberapa perbedaan terkait gajala dan tanda munculnya migrain.  Berikut ini adalah beberapa gejala yang bisa menjadi indikasi Anda mengalami migrain:

Sakit kepala sebelah

Sakit kepala sebelah menjadi salah satu gejala paling umum dari serangan migrain.  Bukan hanya pada kepala saja, migrain juga bisa ditandai dengan sakit pada area leher.  Dan jika kondisi ini sering Anda alami maka bisa dikatakan Anda sedang mengalami migrain.

Adanya gangguan penglihatan

Biasanya seseorang cenderung mengalami gangguan penglihatan berupa kerlip cahaya atau sering dikenal dengan istilah aura yang muncul 5 menit-30 menit sebelum migrain menyerang.

Perubahan suasana hati dan susah tidur

Saat mengalami migrain biasanya seseorang cenderung lebih mudah mengalami perubahan suasana hati secara drastis, mudah marah bahkan bisa mengalami depresi.  Selain itu serangan migrain juga bisa membuat seseorang susah tidur dan tidurnya cenderung tidak nyenyak.

Muntah

Pada saat migrain seseorang juga bisa mengalami muntah dan merasa objek di sekitarnya berputar atau vertigo.  Kondisi ini juga bisa dipengaruhi oleh kesalahan respon pembuluh darah di otak terhadap sistem syaraf simpatik sehingga sistem pencernaan terganggu, akibatnya seseorang cenderung merasa mual bahkan muntah ketika migrain.

Sakit kepala pada kondisi tertentu

Beberapa kondisi bisa menjadi pemicu munculnya serangan migrain, seperti misalnya suara bising, cahaya yang menyilaukan, rasa nyeri di sekitar mata hingga pengaruh makanan tertentu, diantaranya:

  • Produk kedelai dan kacang-kacangan

Konsumsi makanan berupa produk kedelai dan kacang-kacangan pada sebagian orang yang sensitif terhadap kedua jenis makanan ini bisa memicu munculnya sakit kepala seperti migrain.

  • Sosis dan MSG

Kandungan nitrit pada daging olahan dan juga penyedap rasa seperti MSG bisa memicu munculnya serangan migrain.

Selain makanan, serangan migrain juga bisa muncul akibat adanya tekanan pada kepala sehingga aliran darah tidak lancar.  Misalnya pada pemakaian helm yang terlalu sempit atau berat.

Meski belum ada obat yang bisa menghilangkan migrain secara permanen, namun beberapa obat pereda nyeri seperti parasetamol maupun ibuprofen bisa digunakan untuk mengatasi serangan migrain.  Bagi Anda yang ingin mengatasi migrain dengan cara alami, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Banyak minum air putih

Saat tubuh mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak maka racun di dalam tubuh yang memicu migrain bisa dikeluarkan secara lebih efektif sehingga sakit migrain berkurang.

  • Memijat pelipis dengan minyak kayu putih

Saat migrain menyerang, Anda bisa memijat area pelipis untuk mengurangi rasa sakit di area kepala dengan menggunakan minyak kayu putih.  Selain itu aroma minyak kayu putih dan sensasi hangatnya bisa membuat tubuh lebih rileks dan sakit migrain berkurang.

  • Menghangatkan tubuh

Saat tubuh dalam keadaan hangat, maka aliran darah menuju ke kepala bisa lebih efektif sehingga mengurangi rasa sakit akibat migrain.  Gunakan selimut atau berendam dengan air hangat agar tubuh tetap hangat dan nyaman.

Selain cara tersebut di atas, Anda juga bisa menggunakan es batu untuk mengompres kepala atau minum teh jahe hangat untuk meredakan sakit migrain.  Selamat mencoba.

 

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here