Hindari Aktivitas Ini Saat Puasa, Bila Bau Mulut Menyengat!

800
Penyebab Bau Mulut Menyengat

Arwini.com – Hindari aktivitas ini saat puasa, bila bau mulut menyengat! Karena saat berpuasa, wajib hukumnya untuk menahan lapar dan haus. Ini berarti, orang yang berpuasa tidak diperbolehkan untuk minum air dari mulai terbit fajar sampai dengan terbenamnya matahari.

Loading...

Terbayang jika tidak minum selama kurang lebih 14 jam lamanya, dapat dipastikan kondisi mulut akan terasa amat sangat kering dan produksi air liur akan menurun drastis secara otomatis.

Padahal, produksi air liur tetap sangat dibutuhkan selama berpuasa karena dapat menetralisir asam yang merupakan hasil perbuatan dari plak di gusi dan gigi.

Air liur pada mulut juga bermanfaat untuk menghilangkan sel – sel mati yang tidak dibutuhkan yang berkumpul di area lidah, gusi, serta pipi. Sel – sel mati yang dibiarkan di sana akan memicu bau mulut yan tidak sedap.

papasemar.com

Aktifitas yang Harus Dihindari saat Puasa jika Bau Mulut Menyengat

1.Sering merokok

Seperti yang kita ketahui bahwa merokok dapat menyebabkan banyak kerugian pada tubuh Anda termasuk meningkatkan potensi bau mulut terutama saat berpuasa.

Hal ini karena ketika merokok, bakteri jahat akan tumbuh secara aktif dan tentunya menimbulkan aroma yang tidak enak pada mulut. Belum lagi jika berlanjut menyebabkan kerusakan pada gigi.

2.Menyepelakan kesehatan mulut dan gigi

Menyepelekan kondisi kesehatan mulut dan gigi. Anda tetap harus melakukan perawatan dasar pada mulut, minimal membersihkan mulut dengan menggosok gigi pagi dan malam hari.

Bila perlu, tambah rangkaian perawatan dengan rutin membersihkan lidah dan menggunakan obat kumur serta dental floss agar gusi dan gigi tetap bersih dan nafas segar.

Kemudian, melakukan kontrol ke dokter gigi langganan Anda secara rutin juga sangat disarankan.

Bila kondisi gigi tidak baik, seperti banyak karang gigi misalnya, akan memicu bau mulut khususnya saat berpuasa. Oleh karena itu, mulailah memperhatikan kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh, bahkan organ mulut sekalipun.

3.Malas – malasan saat berpuasa

Meskipun memang saat berpuasa tenaga rasanya ikut berkurang, namun hal ini tidak dapat dijadikan alasan untuk bermalas – malasan ketika Anda melakukan ibadah puasa.

Justru, dengan melakukan olahraga ringan secara teratur pada pagi dan sore hari dapat membantu pelepasan zat – zat beracun di dalam tubuh, termasuk pada bagian organ mulut Anda.

4.Istirahat yang tidak terkontrol

Masih berhubungan dengan tips nomor 3, tidak ada alasan untuk berleha – leha selama puasa. Jika Anda tidur dalam jangka waktu yang lebih lama dari biasanya, dapat mengundang bau mulut yang sangat mengganggu.

Akan tetapi, bukan berarti Anda menjadi kurang tidur. Cukupkanlah waktu istirahat Anda. Sewajarnya saja, karena menjaga kesehatan selama berpuasa juga penting dan salah satunya yaitu dengan istirahat yang cukup.

5.Mengonsumsi makanan dengan aroma menyengat

Pada saat sahur dan berbuka, minimalkan bahkan sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan – makanan yang memiliki aroma menyengat karena dapat meningkatkan risiko bau mulut ketika berpuasa.

Makanan yang menyengat biasanya menggunakan bahan dasar atau bumbu yang diperoleh dari rempah – rempah, seperti macam – macam bawang, yaitu bawang merah, bawang putih, ataupun bawang bombay.

Selain itu, jangan pula mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula karena dapat menyebabkan lengket pada gigi, seperti biskuit manis, es krim, cokelat, aneka macam kue, dan lain sebagainya.

Lalu, makanan atau minuman apa yang sebaiknya dikonsumsi oleh orang yang hendak melakukan ibadah puasa? Simak daftar berikut ini!

Hal yang Wajib Dikonsumsi untuk Menghindari Bau Mulut saat Berpuasa

1.Aneka sayur dan buah – buahan
Sayur dan buah mengandung banyak serat dan vitamin yang baik untuk tubuh, termasuk mulut. Oleh karena itu, mungkin Anda sering mendengar istilah makanan pencuci mulut pada buah karena memang fungsinya yang seolah dapat membersihkan mulut.

Tidak hanya sampai di situ saja, buah dan sayur juga memiliki antioksidan tinggi yang berguna melawan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut sehingga nafas Anda tetap segar meskipun berpuasa.

2.Teh hijau
Mengapa teh hijau juga dapat menghilangkan bau mulut saat berpuasa? Karena kandungan zat polyphenol pada the hijau bermanfaat untuk membersihkan bakteri yang ada mulai dari dalam mulut sampai dengan saluran pernapasan.

Namun, perlu diingat jangan menambahkan gula pada teh hijau yang akan Anda konsumsi. Seperti yang sudah dibahas pada paragraf sebelumnya bahwa hindari makanan yang mengandung banyak gula karena dapat menjadi sumber makanan untuk bakteri.

Sedikit tips tambahan, menggunakan siwak lebih baik dibanding sikat gigi untuk membersihkan gigi karena siwakan telah dipercaya umat Muslim sejak lama.

Hal ini bahkan telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW pada zaman itu. Jangan lupa perhatikan makanan dan aktivitas yang Anda lakukan juga ya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here