Berbahayakah Penyakit Tiroid Pada Ibu Hamil (Gondok)?

9462
Penyakit Tiroid Pada Ibu Hamil
Penyakit Tiroid Pada Ibu Hamil / Goodshownegro.net

Penyakit Tiroid Pada Ibu Hamil – Penyakit tiroid atau orang Indonesia biasa menyebutnya dengan penyakit gondok merupakan kondisi dimana tidak seimbangnya hormon tiroid pada kelenjar tiroid.

Penyakit tiroid juga sering menghinggapi ibu hamil, terutama karena adanya ketidakseimbangan hormon dan metabolisme dalam tubuh.

Kelenjar tiroid sangat berguna dalam mengatur metabolisme dalam tubuh, oleh karena itu jika terjadi masalah pada kelenjar tiroid, biasanya disertai gejala-gejala penyakit lainnya.

Jika Anda adalah seorang ibu hamil yang mengalami penyakit tiroid, jangan khawatir karena penyakit tiroid relatif umum kok. Berikut ini Arwini telah mengulas berbagai informasi mengenai penyakit tiroid pada ibu hamil, berbahayakah?

Mengenal Penyakit Tiroid pada Ibu Hamil

Penyakit tiroid termasuk dalam penyakit sedang, sehingga tidak terlalu memerlukan tindakan medis ekstrem. Penyakit tiroid memiliki dua tipe berbeda yaitu hipertiroid dan hipotiroid.

Ibu hamil lebih sering mengidap hipotiroid karena hormon tiroid semakin berkurang selama masa kehamilan.

Ahli penyakit, Dr Tri Juli Edi Tarigan, mengatakan bahwa ibu hamil yang mengidap hipertiroid atau hipotiroid tetap dibolehkan untuk hamil.

Yang terpenting adalah perawatan-perawatan yang mesti diambil setelah bumil divonis mengidap penyakit tiroid.

Ibu hamil juga bisa mengidap hipertiroid terutama jika ibu hamil tersebut memiliki latar belakang hipertiroid sebelum hamil.

Meskipun bukan high-level disease, berbagai perawatan harus dilakukan oleh ibu hamil yang mengidap penyakit tiroid.

Jika tidak diatasi dengan baik dan benar, penyakit tiroid dapat menyebabkan kelahiran prematur, karena metabolisme tubuh yang tidak seimbang.

Selain itu juga bisa menyebabkan terjadinya preeklampsia karena adanya perubahan hormon yang berimbas pada tekanan darah (baca: hipertensi ibu hamil).

Jika Anda sering mengalami penyakit tiroid, ada baiknya untuk mengkonsultasikan berbagai latar belakang kesehatan Anda pada dokter spesialis.

Penyebab Penyakit Tiroid pada Ibu Hamil

Penyakit tiroid disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan pada kelenjar tiroid. Untuk hipertiroid, tubuh menghasilkan antibodi yang bernama TSI (Thyroid-Stimulating Immunoglobulin) sehingga kelenjar menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid.

Sedangkan untuk hipotiroid disebabkan karena tubuh secara tidak sengaja menyerang sel-sel kelenjar tiroid sehingga kandungan tiroid semakin berkurang.

Penyebab paling umum pada ibu hamil adalah karena memang metabolisme dan hormon pada ibu hamil sedang dalam kondisi tidak stabil sehingga berpengaruh pada kelenjar tiroid.

Gejala Penyakit Tiroid pada Ibu Hamil

Baik itu hipertiroid atau hipotiroid, semuanya memiliki gejala-gejala yang khas pada ibu hamil. Di bawah ini adalah beberapa gejala penyakit tiroid pada ibu hamil:

1. Hipertiroid

  • Sembelit
  • Sakit otot
  • Sulit konsentrasi
  • Sensiti terhadap cuaca dingin

2. Hipotiroid

Perawatan Penyakit Tiroid pada Ibu Hamil

Setelah ibu hamil divonis mengidap penyakit tiroid, baik itu hipertiroid atau hipotiroid, maka dokter akan merekomendasikan berbagai metode penyembuhan medis baik berupa terapi ataupun obat-obatan.

Terapi dan obat-obatan tersebut berfungsi untuk menurunkan atau menaikan kadar hormon tiroid sehingga metabolisme tubuh kembali menjadi normal.

Jika ukuran kelenjar semakin membesar, biasanya dokter akan menyarankan untuk dilakukan operasi pengangkatan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Penyakit Ambeien Pada Ibu Hamil

Selain itu cara-cara alamiah juga bisa digunakan untuk mengobati tiroid seperti memperbanyak asupan sayuran dan buah, membatasi asupan daging merah dan menggantinya dengan daging ikan, kurangi asupan gula, memperbanyak asupan iodin, kurangi stres dan lain-lain.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here