Cara Mengatasi Gejala Kehamilan trimester Pertama

3523
Cara Mengatasi Gejala Kehamilan Trimester Pertama

Cara Mengatasi Gejala Kehamilan Trimester Pertama – Persalinan adalah masa yang paling ditunggu oleh ibu hamil setelah menghadapi beberapa masalah sejak trimester pertama hingga trimester terakhir.

Priode trimester pertama dianggap masa yang paling sulit dalam mengandung calon bayi. Ada banyak keluhan dan tantangan yang akan dihadapai, sehingga ibu hamil dituntut untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan pada masa trimester awal.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal tidak diinginkan, sudah selayaknya bagi ibu hamil untuk mempertanyakan segala hal ke dokter kandungan sehingga ia tidak akan khawatir mengenai tindakan apa yang perlu dilakukan dan tindakan apa yang dapat tidak perlu dilakukan.

Konsultasi ke dokter adalah prioritas utama, namun ada baiknya anda mengetahui pengertian trimester pertama, gejala dan bahaya yang biasa timbul pada trimester awal ini.

Pengertian kehamilan trimester pertama

Kehamilan trimeter awal terhitung sejak hari pertama terkahir menstruasi hingga 12 minggu kemudian. Pada masa ini, wanita yang sedang hamil merasa gembira, hati berdebar-debar dan keinginantahuan yang tinggi semakin meningkat. Bagitu banyak perubahan yang akan dialami paada masa ini mulai dari perkembangan janin hingga tubuh yang menyesuaikan dengan usia kehamilan.

Banyak yang harus diperhatikan oleh ibu hamil pada masa ini diantaranya gejala apa saja yang terjadi, bagaimana cara mengatasinya, nutrisi apa saja yang harus dikonsumsi, dan apakah senam ibu hamil cocok pada periode ini.

Tulisan ini akan memberikan sedikit informasi mengenai masa trimester awal dan cara menghadapinya. Yang akan saya penggal ke dalam beberapa sub bahasan berikut:

Nutrisi yang Cocok pada Masa Trimester Awal

Kehamilan trimester satu emembutuhkan banyak nutrisi dan asupan protein guna menunjang perkemabngan janin dalam kandungan ibu hamil. Biasakan menkonsumsi susu, buah serta lemak untuk memperbaiki kalisium bayi anda antinya.

Pertumbuhan serta perkembangan janin dapat melalui darah yang diserap dari ibu. Sehingga sehat tidaknya seorang bayi tergantung pada pembiasaan ibu hamil dalam memperhatikan asupan makanan.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil pada masa trimester awal ini, seperti bayam yang bermanfaat untuk produksi sel. Kandungan zat besi dan kalsium dalam bayam dapat membantu pertumbuhan janin. Selain bayam, kacang almond juga dibutuhkan oleh ibu hamil.

Omega 3, vitamin  dan protein yang terkandung dalam kacang almond dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kecerdasan bayi. Makanan yang telah kami sebutkan di atas hanya sebagian dari beberapa jenis makanan yang ada di dunia ini, sehingga disarankan untuk mengkonsumsi beberapa makanan dengan ketentuan bermanfaat bagi perkembangan calon bayi karena kehamilan 2 minggu pertama adalah pondasi awal dalam mengandung. Sehingga anak yang dilahirkan nanti dapat berguna bagi bangsa dan negara.

Cara Mengatasi Gejala yang Muncul saat Kehamilan Trimester Pertama

Pada masa trimester pertama muntah dan mual adalah keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil. Morning sickness dipicu oleh perubahan hormon yang diakibatkan oleh bau menyengat yang tercium.

Masa trimester awal adalah masa perkembangan organ-organ tubuh janin yang membutuhkan banyak nutrisi, sehingga mual dan muntah akan berdampak pada kesusahan dalam mengkonsumsi nutrisi yang dibutuhkan ketika hamil.

Produksi asi pada payudara, wanita yang pertama mengalami kehamilan akan berharap perut membuncit secara cepat pada trimester pertama. Perubahan yang paling cepat justru dari payudara.

Payudara akan bersiap untuk memproduksi Asi sejak masa konsepsi. Gejala yang muncul dari pembesaran payudara adalah bra yang terasa mengecil. Namun anda tidak perlu hawatir karen hal tersebut adalah sesuatu yang wajar terjadi.

Keguguran,- Dari beberapa kasus yang ditemukan, keguguran sering terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan. Jika mengalami pendarahan yang mengeluarkan banyak darah, diiringi dengan kram yang sangat sakit di bagian bawah peru, maka segerala menghubungi dokter untuk diperiksa secara intensif.

Pendarahan atau flek,- Ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan perdarahan namun yang perlu anda garis bawahi adalah tidak semua pendarahan dapat menyebabkan keguguran.

Jika terjadi perdarahan ringan (sedikit dan tidak disertai sakit kram) makal hal itu adalah sesuatu yang wajar. Meskipun demikian, anda tetap diharuskan mengknsultasikan ke dokter. Mudahan bermanfaat.

Demikianlah Pegertian Kehamilan Trimester Pertama, Gejala yang Muncul serta cara Mengatasinya. Mudahan bermanfaat

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here