Pantai Indrayanti Gunung Kidul, Tempat Wisata Berpasir Putih dengan Pemandangan Mempesona

4153
Pantai Indrayanti tempat wisata keren di Jogja

Wisata Pantai Indrayanti Gunung Kidul, Jogja – Gunung Kidul merupakan kabupaten di Yogyakarta yang banyak menyimpan potensi wisata yang mempesona. Berbagai keindahan alam bisa kamu nikmati di Kabupaten yang terkenal dengan wisata alam dan pantainya ini, seiring dengan kemunculan beberapa destinasi wisata baru di wilayah ini yang wajib kamu kunjungi.

Meskipun berbeda dengan pantai Prangtritis yang sarat dengan sejarah, Indrayanti tidak boleh dipandang sebelah mata. Ada banyak keunikan yang terdapat di kawasan ini.

Sebenarnya nama asli yang diberikan oleh pemerintah untuk pantai ini bukanlah Indrayanti, melainkan pantai Pulang Syawal yang juga oleh anak muda setempat disingkat menjadi “Pulsa”.

Nama Indrayanti muncul lantaran terdapat sebuah cafe dengan nama yang serupa, serta papan nama yang terpasang di cafe ini cukup noticeable, maka pantai ini secara luas dikenal dengan sebutan Indrayanti sebagai kawasan wisata yang eksotis.

Kenyamanan pantai Indrayanti tak lepas dari kebersihan pantai yang dijaga dengan sangat baik oleh pihak pengelola. Jadi, meskipun tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan, keindahanya tetap terjaga.

Selain pasir putih, hal lain yang menarik wisatawan adalah kecantikan karang-karang yang bertaburan di bibir pantai. Sangat cocok bagi para pengunjung yang suka dengan permainan air.

Terletak di sebelah timur Pantai Sundak dan Pantai Somandeng, pantai Indrayanti merupakan pantai berpasir putih dengan perbukitan karang yang mempesona, sangat cocok bagi kamu yang suka dengan suasana pantai yang dihiasi bebatuan karang.

Untuk sampai di lokasi Pantai Indrayanti, pengunjung dapat menempuh berbagai arah. Dari kota Jogja berkisar 2 jam dengan kecepatan stabil menggunakan kendaraan bermotor. Dari pusat kota Yogyakarta, setidaknya pantai ini berjarak sekitar 70 km, tepatnya di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Jarak tempuh untuk mencapai lokasi pantai pun termasuk lama jika dibandingkan pantai Glagah yang ada di Kulonprogo. Butuh sekitar 2 jam atau lebih untuk mencapai kawasan wisata ini.

Pantai berpasir putih ini sangat bersih, dengan pemandangan air laut hijau kebiruan membuat siapapun betah untuk berlama-lama menikmati indahnya deburan ombak, terlebih lagi ada banyak payung besar disewakan bagi para pengunjung yang lelah menikmati suasana pantai.

Dengan tarif sewa sebesar Rp 20.000-Rp 25.000, kamu pun bisa berteduh dan menikmati suasana pantai sepuasnya sambil mencicipi hidangan air kelapa muda. Untuk mencapai lokasi wisata, akses jalan pun cukup mudah. Dari arah kota yogyakarta, temukan jalan menuju alun-alun Wonosari.

Cukup mengikuti jalan tersebut, ke timur hingga terlihat papan petunjuk arah terminal Wonosari dan berbelok ke kanan hingga menemukan arah petunjuk menuju Pantai Indrayanti. Mengingat jalan yang dilalui cukup menanjak dan berkelok, Kamu disarankan untuk selalu berhati-hati selama berkendara.

Untuk tiket masuk pantai Indrayanti, cukup membayar retribusi sebesar Rp 10.000 per orang dan sudah termasuk akses jalan menuju ke kawasan wisata Pantai Baron, Krakal, Kukup, hingga Pantai Sepanjang, Sundak dan Pantai Drini. Sangat murah kan? untuk menikmati wahana pantai lainnya.

Kawasan wisata pantai Indrayanti buka 24 jam, Kamu pun bisa menikmati suasana pantai di malam hari, dimana deretan kafe berjajar memancarkan lampu yang gemerlap sehingga membuat suasana malam di pantai menjadi semakin berwarna.

Indrayanti memiliki garis pantai yang lumayan pendek, yaitu sekitar 250 meter. Sehingga jika Kamu ingin berjalan dari ujung barat menuju ujung timur maka hal itu bisa dilakukan tanpa membutuhkan waktu yang lama, dan pastinya suasan pantai dapat kamu rasakan dengan nyaman dan senang.

Dalam hal fasilitas, wisata pantai Indrayanti memiliki beragam sarana yang sangat mendukung kenyamanan setiap pengunjung pantai. Penginapan, tempat-tempat makan, pertokoan dan tempat hiburan bisa dengan mudah dijumpai.

Ketika malam tiba, suasana malam yang begitu romantis mulai menyelimuti pantai, makan malam dipinggiran pantai sambil menikmati semilir angin dan suara deburan ombak adalah pilihan sangat sempurna untuk menghabiskan waktu istimewa dengan pasangan terkasih.

Ada banyak obyek wisata yang dapat ditemukan di pantai, selain menikmati keindahan pantai wisatawan pun bisa mencoba sensasi memanjat tebing karang yang ada di pinggir pantai.

Pemandangan dari atas tebing tentunya akan memberikan view yang berbeda dan menakjubkan, sangat cocok untuk mengambil foto dengan pemandangan yang mempesona.

Jika aktivitas panjat tebing belum cukup memacu adrenalin, maka wisatawan bisa menikmati pantai Indrayanti sambil berkeliling menggunakan jetski yang disewakan dengan tarif sebesar Rp 250.000 untuk 15 menit. Wisatawan pun tidak perlu khawatir terjatuh saat berkeliling dengan jetski, karena retribusi tersebut termasuk di dalamnya baju pelampung.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Indrayanti cukup lengkap. Selain area parkir yang cukup luas, kamar mandi, kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan tempat ibadah, warung makan, kios cendera mata, hingga tersedia penginapan dengan tarif yang cukup terjangkau mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 350.000 per malam.

Indahnya pantai pengunjung tidak serta merta diberi keleluasaan untuk melakukan segalanya, hati-hati dengan buang sampah sembarangan, jika nekat menelantarkan sampah akan dikenai denda sebesar Rp 10.000/sampah.

Wisatawan dapat menutup kunjungan wisata Indrayanti dengan menikmati berbagai hidangan laut yang lezat hingga ayam bakar yang menggugah selera.

Selain pantai Indrayanti, ada berbagai macam destinasi wisata yang dapat dijadikan tempat alternatif untuk sejenak menenangkan diri di alam terbuka, menikmati genangan air di goa pindul, manatapi pemandangan indah di puncak kosakora, dan banyak lagi.

Baca Juga: Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Gunung kidul adalah surga wisata di Jogja, dari Wisata yang menantang adrenalin hingga wisata yang sederhana dapat Anda temukan di sini.

Pantai Indarayanti sangat cocok bagi traveller yang ingin mengesplorasikan diri dengan keluarga tercinta. selain tempat berjemur, pantai ini juga dilengkapi gubuk kecil yang dapat digunakan untuk menikmati semilir angin laut.

Dalam menyambangi tempat wisata, ada berbagai macam pertimbangan yang harus Anda pikirkan untuk mendapatkan nuansa alami yang eksotis tanpa perasaan kecewa di dalamnya.

Jika merasa bingung dengan aktivitas wisata yang seharunya dikerjakan di Yogyakarta, Anda dapat membaca artikel tips memilih wisata di Jogja untuk melanjutkan petualangan Anda setelah puas dengan suasana pantai Indrayanti. Selamat Berlibur!

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here