Pantai Glagah, Keganasan Ombak di tengah Jajaran Tetrapod dan Laguna

891
Alamat Pantai Glagah Kulon Progo
Pantai Glagah Via Gudet.net

Arwini.com – Pantai Glagah Kulon Progo Jogja merupakan tempat wisata kebanggaan Kabupaten Kulonprogo. Lokasi wisata yang terletak sekitar 15 km dari ibukota Kabupaten Kulonprogo, Wates dan sekitar 40 km dari kota Yogyakarta ini menyajikan pesona pantai yang unik.

Dari kota Yogyakarta dibutuhkan waktu sekitar satu hingga satu setengah jam untuk bisa sampai ke lokasi wisata ini. Terletak di desa Glagah, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Pantai Glagah terkenal dengan pemecah ombaknya atau tetrapod yang berjajar di sisi sebelah barat pantai.

Keganasan ombak yang menjadi ciri khas Laut Selatan seolah dihalau oleh ratusan tetrapod yang berjajar tersebut. Selain keberadaan pemecah ombak, Pantai Glagah juga terkenal dengan dengan lagunanya yang begitu tenang, seolah kontras dengan ganasnya ombak di Pantai Glagah.

Hamparan pasir besi di sepanjang pantai menjadi pemandangan yang mempesona, berpadu dengan wisata air di laguna yang menawarkan berbagai keseruan dan kegembiraan.

Selain perahu wisata yang berwarna-warni, di laguna ini kamu juga bisa menikmati permainan lainnya seperti mengendarai bebek air dengan tarif sewa sebesar Rp 20.000, ataupun kano. Untuk anak-anak juga disediakan kolam renang kecil yang lebih aman untuk bermain air.

Selain permainan air yang seru, di kawasan pantai Glagah wisatawan juga bisa menikmati sensasi bersepeda menyususri pantai, atau mencoba naik ATV. Jika ingin lebih menantang, Kamu juga bisa menikmati medan berpasir ini dengan motorcross.

Tidak hanya itu, bagi Kamu yang suka dengan kegiatan mancing, di lokasi pantai Glagah Kamu juga bisa menikmati sensasi memancing di antara pemecah ombah. Setidaknya ada beberapa jenis ikan yang akan mengail umpan kamu, seperti ikan Caru, Garon, Layur, Surung, ikan Talang, Pethek dan lainnya.

Akses menuju ke kawasan wisata Pantai Glagah cukup mudah. Dari arah Yogyakarta Kamu bisa menyusuri arah ke Jalan Bantul melalui Jalan Srandakan (Jembatan Srandakan) baru kemudian setelah lampu merah bisa berbelok ke arah kiri menuju Pantai Glagah.

Biaya Tiket Pantai Glagah Kulon Progo
Pantai Glagah Kulon Progo Via Jogjaupdate.com

Selain pemecah ombak dan laguna, Pantai Glagah juga memiliki daya tarik tersendiri dengan keberadaan kebun buah naga yang banyak terdapat di lokasi wisata ini.

Tak heran jika kemudian berbagai jenis buah naga menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak diminati pengunjung sebagai buah tangan bagi sanak keluarga di rumah.

Selain buah naga, kawasan wisata ini juga terkenal dengan hasil pertanian lainnya seperti melon, semangka hingga bawang merah. Tidak ketinggalan juga, gula merah asli yang menjadi andalan di lokasi ini yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh yang manis.

Untuk memanjakan lidah kamu, lokasi wisata pantai ini juga banyak menawarkan menu olahan ikan di sekitar bibir laguna. Selain rumah makan seafood, beberapa deretan warung makan bisa menjadi pilihan bagi wisatawan untuk meredakan rasa lapar setelah lelah bermain air.

Tentu menjadi pengalaman yang menyenangkan bisa menikmati lezatnya ikan sambil tetap menikmati pemandangan indah di sekitar pantai.

Di Pantai Glagah, wisatawan juga bisa menikmati indahnya sore, dan tidak ada salahnya menunggu hingga matahari tenggelam untuk memandang pesona sunset yang terbias keemasan di birunya pantai dan pemecah ombak yang tak henti-hentinya menghalau ombak yang datang.

Untuk rute ini pengunjung pun bisa singgah ke Pantai Trisik di Kecamatan Galur atau Pantai Bugel yang terletak di antara Pantai Trisik dan Pantai Glagah jika ingin sekalian mengunjunginya.

Selain rute dari Bantul, kamu bisa juga melalui Jalan Wates arah Sentolo, dan sebelum perbatasan dengan Purworejo bisa ambil arah sesuai dengan petunjuk arah untuk menuju ke Pantai Glagah. Selain menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan juga bisa menggunakan angkutan umum yang telah tersedia munju rute ke Pantai Glagah.

Dengan tiket masuk sebesar Rp 4.000, Kamu sudah bisa menikmati keindahan Pantai Glagah dan lagunanya yang menenangkan hati. Fasilitas di lokasi wisata pun cukup memadai, mulai dari area parkir, toilet hingga penginapan dengan fasilitas standar bagi kamu yang ingin menikmati suasan malam di lokasi ini.

Kawasan wisata ini juga tersedia area camping ground yang cukup luas, bagi pengunjung yang ingin berkemah dan menikmati tidur alam bebas. Selain itu, tengah dibangun Pelabuhan Tanjung Adikarto yang rencananya akan menjadi salah satu pelabuhan terbesar di Asia Tenggara yang mampu menampung perahu dan kapal dengan berat ratusan ton.

Demikianlah informasi tentang alamat, tiket masuk, serta obyek wisata pantai Glagah yang dapat disambangi kapanpun kamu mau. Selamat bermain

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here