Bingung Pilihan Pantai Cantik Gunung Kidul? Berikut Daftarnya!

1978
Pantai Terindah di Gunung Kidul
Pantai Terindah di Gunung Kidul

5 Pantai Cantik Gunung Kidul – Yogyakarta, sebuah daerah istimewa yang memiliki begitu banyak destinasi wisata. Berbagai macam destinasi wisata ada di provinsi ini. Mulai dari wisata budaya hingga wisata alam, mulai dari candi hingga pegunungan, dan dari wisata tradisional hingga wisata modern dapat kamu temui di kota ini.

Berdiri di tempat yang langsung berbatasan dengan Samudra Hindia serta mempunyai garis pantai sepanjang 110 Km, wajar saja jika Daerah Istimewah Yogyakarta memiliki puluhan pantai yang sangat kece. Begitu banyaknya pantai yang mempesona hingga membutuhkan waktu lama untuk menelusuri pemandangan indah di tiap lokasi.

Saat kamu mencoba berkunjung ke salah satu pantai di Yogyakarta, tentu kamu akan menemukan beragam destinasi yang tidak kalah indahnya dengan tempat lain. Berikut Arwini.com akan berikan ulasan mengenai deretan pantai apa saja yang selalu ramai dikunjungi wisatawan Jogja yang terletak di Kab Gunung Kidul, DIY:

1. Semilir Angin Pantai Indrayanti Dekat Gazebo Indah Pinggir Pantai

Pantai dengan pesona kece pertama di Daerah Istimewah Yogyakarta adalah Pantai Indrayanti. Pantai yang juga bisa disebut Pantai Pulang Sawal ini memiliki suasana pantai yang sejuk bersama hamparan pasir putih dari ujung timur sampai dengan ujung barat. Bebeatuan di sisiran pantai, bak sedang berjalan di alam terbuka sangat sayang untuk dilewatkan.

Di tempat ini terdapat beberapa fasilitas dan akomodasi yang mudah di temukan, seperti gazebo, penginapan, sampai dengan watersport yang semakin memanjakan para pengunjung saat ia menikmati semilir angin di pinggiran pantai.

Pantai Indrayanti dikenal sebagi pantai yang asri nan bersih, sanagt jarang ditemukan sampah yang berserakan di lokasi pantai, bahkan pengeloa wisata pantai Indrayanti memberikan denda bagi yang membuang sampah di area pantai.

Selain fasilitas di atas, pantai yang terletak di daerah Tepus Kabupaten Gunung Kidul ini juga dilengkapi dengan jejerang warung makan di dekat parkiran, menunya pun beragam, ada yang menyiapkan ikan bakar, ayam, hingga kepiting dan udang serta air kelapa muda dengan harga yang beragam pula.

Saat Kami bersua kesana, porsi untuk ikan bakarnya hanya dibanderol Rp. 15.000,- perpaket. Sangat cocok bagi kamu, yang ingin mengekspolarisakan diri di pinggir pantai yang disertai dengan suasana nyaman dan santai.

2. Nikmati Pemandangan Laut lepas Pantai Kukup, di sebuah Pulau Tak Jauh dari Pantai Ini

Selain Pantai Indrayanti, pantai kedua ini tidak kalah kecenya dengan pantai pertama, Pantai Kukup, begitulah namanya. Nah, jika kamu suka destinasi wisata maka tempat ini sangat cocok bagi kamu.

Pulau Jumino yang terletak di sebelah utara pantai ini, banyak diminati pengunjung lantaran dijadikan tempat menikmati pemandangan laut lepas. Jangan khawatir untuk tidak mendapatkan tempat berteduh. di lokasi ini disediakan pendopo yang sangat cocok bagi kamu yang khawatir kepasaan saat matahari semakin terik.

Di Pantai Kukup sendiri, kamu bisa menemui bermacam-macam indahnya pemandangan. Di antaranya ikan laut yang menghiasi pantai, meskipun masih ikannya masih kecil namun dapat dijadikan sebagai wahana bermain bagi si kecil.

Selain itu pantai kukup memiliki daerah laut yang dangkal disertai dengan pasir putih seikat 100 meter dari deburan ombak. Daerah dangkal ini dihiasi dengan bintang laut serta terumbu karang yang dapat dijadikan spot asyik di pinggir pantai.

Pantai ini terletak di kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, sekita 40 km dari kota Wonosari dan sekitar 2 jam perjalanan dari arah Yogyakarta.

3. Tatanan Bebatuan Karang Pantai Wediombo selalu Melambai untuk Dikunjungi

Pantai Wediombo adalah sebuah pantai yang diapit oleh teluk yang lebar yang dihiasi pasir putih yang mengarah ke laut, serta dikelilingi dengan perbukitan kapur. Letak Pantai Wedi Ombo berada di Desa Jepitu, atau kurang lebih 40 km dari arah Wonosari.

Suasana sejuk dan santai dari hamparan ombak akan kamu rasakan saat berada di pantai ini. Di tepi Pantai Wediombo kamu dapat menikmati panorama pantai yang yang indah baik di pagi hari hingga sore hari.

Saat kamu Menyambangi pantai Wediombo di musim yang tepat, kamu akan menemukan banyak kerang serta landak laut di bibir pantai. Sehingga tak jarang kamu temukan, banyak masyarakat yang menangkap binatan laut tersebut untuk dijadikan sebagai lauk tambahan.

4. Pantai Pok Tunggal, Keunikan Pohon Ikonik di tengah Hamparan Pasir

Pantai kece selanjutnya adalah Pok Tunggal. Pemilihan nama “Pok Tunggal” berdasar pada sebuah pohon ikonik yang terletak di hamparan pasir cokelat. Untuk menambah kekecean kamu saat menikmati liburan di pantai ini, terdepat sebuah tenda dome dan payung yang disewakan bagi pengunjung.

Lokasi Pantai Pok Tunggal berada di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul – Yogyakarta. Meskipun akses ke sana terbilang susah dengan melewati jalanan berliku dan berputar, namun akan terbayar saat tiba di pesisir pantai. Maka dari itu, jika penasaran akan keindahannya, jangan lewatkan Pantai Pok Tunggal saat kamu berada di Kota Gudeg ini.

5. Pantai Timang, Pesona menarik di sebuah Pulau

Selain kece, Pantai Timang merupakan pantai yang terkenal paling unik dibandingkan dengan deretan pantai lainnya di Gunung Kidul – Yogyakarta. Keunikannya terletak pada keindahan Pulau Timang yang yang dapat dinikmati bukit Pantai.

Wisata ini juga memiliki segudang lobster yang dapat kamu cicipi sembari menikmati panorama indah di sekililing pantai. Bagi kamu yang ingin menyebrang ke Pulau Timang, dapat menggunakan tali penghubung yang telah disediakan pengelola wisata setempat, penghubung ini disebut flyling fox.

Baca Juga: 21 Wisata Pantai di Jogja yang Mulai Ramai Dikunjungi Wisatawan

Flying fox wisa timang tidak seperti dengan plying fox yang sering kamu temukan, Flying fox ini dibuat dari bahan tradisional oleh nelayan setempat dan dijadikan sebagai penghubung untuk menangkap lobster. Pesona yang begitu kece ditambah dengan keunikannya membuat Pantai Timang wajib untuk kamu kunjungi, saat bersua ke Jogja.

Demikianlah deretan Daftar 5 Rekomendasi Pantai Peling Kece di Gunung Kidul yang Wajib Kamu Kunjungi saat Liburan. Selamat Berfantasi.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here