Puasa Bukan Alasan Malas Olahraga, Coba 7 Pilihan Olahraga Ringan Selama Puasa Ramadhan Ini!

716
Olahraga Ringan Selama Puasa Ramadhan

Arwini.com – Melakukan olahraga ringan selama puasa Ramadhan bisa menjadi aktivitas tambahan untuk mengisi kekosongan waktu. Dengan berolahraga, kita dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi stress, memperlancar peredaran darah, serta kita mampu memperkuat daya ingat.

Banyak orang yang salah paham dengan jenis olahraga yang sebaiknya dilakukan, terutama di bulan ramadhan. Mereka beranggapan bahwa olahraga dapat menguras energi terutama saat sedang berpuasa.

Anggapan ini tidaklah salah, mengingat beberapa jenis olahraga bertujuan membakar energi terutama saat sedang menjalankan program diet. Diet selama ramadhan tentu berbeda dengan diet yang dilakukan pada hari-hari biasa.

Jenis olahraga ringan selama puasa ramadhan bisa menjadi solusi terbaik dalam menjalankan program diet. Selain berguna untuk menurunkan berat badan, diet jenis ini juga bermanfaat dalam mencegah stamina terkuras secara berlebihan.

7 Olahraga Ringan Selama Puasa Ramadhan

1. Bersepeda

Bersepeda bisa menjadi salah satu olahraga ringan terbaik yang dapat dilakukan pada saat bulan ramadhan. Selain mudah dilakukan, olahraga ringan ini masih marak di lakukan di masyarakat terutama saat pagi hari.

Lakukan secara rutin olahraga ringan ini selama kurang lebih 30 menit hingga 1 jam, baik setelah sholat subuh maupun menjelang waktu berbuka puasa. Pastikan untuk tidak membebani tubuh dengan melakukan kegiatan bersepeda secara berlebihan.

2. Berjalan ringan

Melakukan perjalanan dengan jarak tempuh sedang bisa menjadi alternatif mengisi kekosongan menjelang persiapan bekerja di pagi hari. Lakukan secara rutin setiap pagi setelah subuh, selama kurang lebih 15 menit hingga 1 jam.

Jenis olahraga ini dapat memperkuat otot bagian di bagian kaki, melancarkan peredaran darah serta menjaga kesehatan tubuh.

3. Jogging

Selain bersepeda dan jalan kaki di pagi hari, jogging atau lari kecil juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Sama halnya dengan kedu olahraga di atas, jenis olahraga ini dapat dilakukan setelah shalat subuh maupun menjelang waktu berbuka.

Lakukan jogging secara rutin kurang lebih selama 20 hingga 30 menit dengan intensitas ringan. Jika perasaan capek mulai menyerang, sebaiknya dihentikan.

4. Yoga

Olahraga ringan selanjutnya yang bisa menjadi alternatif selama ramadhan adalah yoga. Olahraga ini dapat membantu proses detoksifikasi yang terjadi dalam tubuh sehingga proses suplai oksigen ke dalam otak menjadi lancar

Selain itu, yoga juga fokus pada teknik pernapasan, sehingga membantu pikiran tetap tenang dan jernih selama menjalankan ibadah puasa.

5. Bowling

Meski jenis olahraga ini kurang familiar di masyarakat terutama di daerah pedesaan, bowling bisa menjadi alternatif olahraga ringan selama bulan ramadhan.

Bowling berguna dalam melatih otot tangan serta membantu dalam menyeimbangkan tubuh. Bila memungkinkan, lakukan aktivitas ini menjelang buka puasa maupun setelah shalat tarawih.

6. Melakukan aktivitas sehari-hari

Pada saat puasa suplai sumber energi dalam tubuh akan berkurang, namun bukan berarti kita mengabaikan kegiatan sehari-hari.

Aktivitas yang dilakukan sehari-hari seperti misalnya menyapu, mencuci piring, mencuci baju, belanja, atau aktivitas lainnya dapat membantu menggerakkan otot-otot pada tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit.

7. Angkat beban

Angkat beban yang kami maksudkan di sini berupa olahraga yang tidak menguras energi seperti barbel dengan ukuran sedang. Rutinitas mengangkat barbel bisa dilakukan saat menjelang mandi, baik di pagi hari maupun sore hari.

Selain bermanfaat dalam mengencangkan otot tubuh, jenis olahraga ini bermanfaat dalam menurunkan berat badan dan menjaga kebugaran tubuh.

Tips Tambahan dalam Menjalani Olahraga Ringan Selama Ramadhan

  • Lakukan olahraga ringan secara konsisten baik pada pagi hari atau sore hari selama 30 menit.
  • Lakukan di bawah pohon atau tempat sejuk lainnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko mengalami dehidrasi maupun kelelahan akibat olahraga yang sedang dikerjakan.
  • Saat menjalani olahraga ringan di malam hari, lakukan 2 jam setelah buka puasa. Hindari melakukan olahraga pada saat menjelang istirahat. Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu kepada tubuh untuk beristirahat.

Dengan melakukan olahraga ringan secara rutin di bulan Ramadhan, tubuh akan tetap segar dan bugar dalam menjalankan puasa. Jika badan sehat, maka puasa dapat dilakukan dengan lancar. Semoga bermanfaat

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here