7 Tempat Wisata di Kediri yang Wajib di Kunjungi

1016
7 tempat wisata di kediri yang wajib dikunjungi
7 tempat wisata di kediri yang wajib dikunjungi

Tempat Wisata di Kediri –  Untuk destinasi wisata mungkin kita lebih consern pada kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung ataupun Surabaya. Namun tahukah anda bahwa beberapa kota ‘level dua’ memiliki destinasi wisata yang tidak kalah happeningnya.

Salah satu kota dengan tempat-tempat wisata first-class adalah kota Kediri. Kota terbesar ketiga di Jawa Timur ini diklaim sebagai kota dengan pertumbuhan paling cepat dalam pariwisata, baik itu wisata kuliner, wisata alam dan wisata pendidikan.

Pemerintah kabupaten Kediri bahkan terus menggenjot beberapa tempat wisata jagoan di Kediri, hal ini tentu disertai ‘direct promotion’ agar tempat wisata tersebut dapat diakses dengan mudah. Untuk lebih detailnya, berikut kami sertakan 7 tempat wisata di Kediri.

1. Kampung Inggris

Kampung Inggris bisa jadi merupakan satu-satunya representatif dari sebuah kawasan di Indonesia yang memakai bahasa inggris sebagai ‘lingua franca’nya. Hal inilah yang membuat Kampung Inggris berada di jajaran tempat wisata pendidikan paling atas di Indonesia.

Kampung Inggris berada di daerah Pare dan tidak kurang dari puluhan ribu wisatawan datang ke kampung paling high class di Indonesia ini. Apa yang membuatnya unik karena kampung ini memiliki 102 lembaga kursus dan masyarakatnya pun ikut memakai bahasa inggris sebagai bahasa pengantar.

Traveler bisa menemukan tukang becak atau penjaga warung yang ngomong dengan menggunakan bahasa inggris.

Mayoritas dari wisatawan memang memiliki tujuan untuk mempelajari bahasa inggris di Kampung Inggris ini namun banyak juga yang cuma sekedar berlibur saja.

Setiap tahun, Kampung Inggris ini sering dikunjungi berbagai kalangan mulai dari profesional muda, mahasiswa, guru dan lain-lain. Jadi jika anda sedang berlibur di Kediri maka tak ada salahnya mengunjungi Kampung Inggris ini dan minimal setelah pulang bahasa inggris anda sedikit membaik.

2. Gua Selomangleng

Kota Kediri sangat identik dengan legenda Dewi Kilisuci, yaitu seorang Dewi yang menolak menerima tampuk kekuasaan yang diberikan oleh ayahnya yaitu Raja Erlangga. Sikapnya yang sufistik tersebut akhirnya membawanya pada sebuah gua dan bertapa dalam waktu yang lama.

Untuk melihat sejauh mana kerja keras Dewi Kilisuci untuk mendapatkan ‘nirwana’ nya maka anda bisa melihat relief-relief yang berada di Gua Selomangleng. Objek wisata ini berada di Kotamadya Kediri dan sering dijadikan wisata spiritual dan budaya.

Kata Selomangleng berarti batu miring yang menandakan sebuah lingkungan gua yang memang bentuknya agak miring.

Traveler bisa menemukan bebatuan yang dipahat dan juga relief-relief yang terlihat di dinding-dinding gua. Begitu eksotisnya tempat ini sampai beberapa seniman melakukan pertunjukan teater langsung di area gua, hal ini sempat diekspos oleh beberapa media dan merupakan salah satu effort pemerintah Kediri dalam melestarikan kebudayaan. Kalau ke kota Kediri jangan lupa ke Gua Selomangleng.

3. Monumen Simpang Lima Gumul

Enggak afdol rasanya jika ke Kediri tapi tak mengunjungi Monumen Simpang Lima Gumul. Monumen unik ini adalah ikon kota Kediri, jadi sangat tidak lucu jika anda mengesampingkan destinasi wisata satu ini.

Monumen Simpang Lima Gumul ini memang sangat identik dengan monumen Arc de Triomphe di Prancis, namun nuansanya sengat jelas beda, di monumen ini kesan ‘spirit of Java’ sangat-sangat kental.

Monumen Simpang Lima Gumul ini merupakan bangunan pemersatu yang ditandai dengan penempatannya yang berada di tengah jalur lima jalan arah Kediri, Pare, Plosoklaten, dan Menang dan Pesantren.

Tempatnya yang ‘cozy’ membuat Monumen Simpang Lima Gumul sering dijadikan tempat nongkrong, apalagi pada malam hari suasananya begitu melankolik khas Jawa.

Traveler bisa menikmati waktu di ikon kota Kediri ini dan menikmati berbagai jajanan khas Kediri seperti tahu takwa, tahu poo, nasi pecel tumpang, sate bekicot, sate emprit dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Gunung Kelud

Salah satu wisata alam paling populer di Kediri adalah gunung Kelud. Gunung Kelud sering dijadikan destinasi pendakian untuk mencapai puncaknya yang legendaris. Selain itu banyak traveler yang hanya ingin melihat berbagai spot-spot ‘volcano’ yang ada di gunung Kelud ini.

Faktanya adalah gunung Kelud ini adalah gunung berapi paling aktif di Indonesia, jadi sangat banyak spot-spot belerang yang ada di gunung Kelud. Tumpahan lahar dan juga abu pekatnya menjadikan ekosistem alam di gunung Kelud semakin kaya, traveler bisa menemukan berbagai panorama alam di gunung Kelud ini.

Selain itu ada hal unik yang bisa traveler temukan saat mendaki gunung Kelud ini yaitu adanya ‘mysterious road’. Adanya jalan misterious ini membuat kendaraan dapat berjalan dengan sendirinya hingga 10km jauhnya, aneh kan?

5. Candi Surawana

Beberapa daerah di pulau Jawa memang selalu memiliki situs candi termasuk di kota Kediri. Berdekatan dengan Kampung Inggris, Candi Surawana merupakan candi hindu yang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Namun candi ini memiliki label yang menyertainya yaitu legenda kerajaan Majapahit yang menjadikan monumen penghormatan untuk raja Bhre Wengker.

Candi ini sangat eksotis dan bisa dijadikan tempat wisata wajib saat mengunjungi Kediri. Apalagi jika anda memiliki rencana berkunjung ke Kampung Inggris maka jangan lewatkan objek wisata Candi Surawana.

6. Gereja Puh Sarang

Memang ada banyak gereja yang ada di Kota Kediri namun bisa dipastikan Gereja Puh Sarang merupakan yang paling unik.

Gereja Puh Sarang merupakan Gereja Katolik Roma dan memiliki arsitektur bangunan yang sangat eksentrik gabungan dari arsitektur Eropa dan Kediri.

Jadi destinasi wisata di Kediri ini bisa menjadi tempat paling pas untuk melakukan kegiatan fotografi karena arsitekturnya yang sangat ornamental dan unik. Selain itu Gereja Puh Sarang juga berada di kawasan sangat nyaman, yaitu di kaki gunung Wilis.

Selain itu didekat bangunan gereja terdapat patung bunda maria yang dibentuk dengan sangat presisi dan ditempatkan disebuah gua artifisial. Terlihat sangat unik apalagi jika anda memang ingin sekaligus melakukan ibadah di Gereja Puh Sarang.

7. Petilasan Sri Aji Jayabaya

Nah bagi traveler yang ingin mengunjungi destinasi wisata unik maka Petilasan Sri Aji Jayabaya ini bisa menjadi alternatif terbaik. Apa yang membuatnya unik karena petilasan ini merupakan tempat kontemplasi raja terbesar dalam sejarah kerajaan di Kediri yaitu Jayabaya.

Jayabaya dikenal sebagai pembuat kitab Jongko Joyoboyo yaitu sebuah kitab yang berisikan ramalan-ramalan di masa depan. Jadi bagi siapa saja yang mengunjungi Petilasan Sri Aji Jayabaya akan merasakan sensasi hegemoni pemerintahan Sri Aji Jayabaya.

Traveler bisa menemukan berbagai palinggihan dan arca, selain itu terdapat juga makam yang biasanya menjadi tempat banyak orang-orang eksentrik ziarah.

Petilasan Sri Aji Jayabaya juga mempunyai patung gajah yang merepresentasikan ilmu pengetahuan, patung tersebut ditempatkan disebuah kolam dan terlihat sangat unik.

Petilasan Sri Aji Jayabaya dapat menjadi tempat wisata pilihan anda bersama keluarga saat musim liburan tiba.

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here