Bolehkah Obat Sakit Kepala diminum Ibu Hamil?

996
Cara Meredakan Obat Kepala Ibu Hamil
Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Hamil

“Sekarang, saya sering sekali mengalami sakit kepala.
Apakah saya boleh menggunakan obat sakit kepala?”

Wanita lebih rentan terhadap sakit kepala ketika mereka menjauhi obat-obatan pereda rasa nyeri tertentu adalah salah satu ironi kehamilan. Namun, pencegahan dan penanganan yang tepat (dengan atau tanpa obat) dapat meredakan sakit kepala kambuh selama masa kehamilan.

Cara terbaik untuk meredakan sakit kepala bergantung pada penyebabnya. Sakit kepala ketika hamil merupakan akibat yang sering terjadi akibat perubahan hormon, kelelahan, ketegengan, ketidakaturan waktu makan, stres, atau gabungan dari beberapa gejala tersebut.

Obat Alami untuk Meredakan Sakit Kepala pada Ibu Hamil

Ada cukup banyak cara untuk mengatasi sakit kepala. Dalam banya kasus, Anda dapa memilih penanganan yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

1. Relaks.

Kehamilan merupakan waktu timbulnya berbagai gangguan ibu hamil, salah satu diantaranya adalah sakit kepala. Beberapa orang wanita berhasil mengatasinya dengan melakukan meditasi dan yoga atau senam kehamilan.

Anda dapat bergabung dalam klub tertentu, membaca buku mengenai teknik relaksasi atau mencari informasi gerakan yang cocok bagi ibu hamil di internet (baca: Latihan Fisik Melancarkan Kehamilan).

Latihan relaksasi memang belum tentu cocok bagi semua orang, sebab ada juga ibu hamil yang mengaku justru merasa lebih tegang ketika melakukannya.

Jika anda adalah salah satu dari mereka, berbaringlah di kamar yang gelap dan sepi, atau duduklah di sopa sambil meletakkan kaki pada posisi yang lebih tinggi selama 10-15 menit.

2. Istrahat Cukup

Kehamilan juga identik dengan kelelahan yang parah, khususnya pada trimester pertama dan terakhir, dan terkadang juga dialami wanita hamil yang memiliki jam kerja tambahan sepert memiliki anak banyak.

Tidur menjadi sulit setelah perut mulai membesar dan pikiran mulai terbebani dengan banyak hal. Berupaya untuk lebih banyak beristirahat, baik pada siang maupun malam hari, dapat mencegah sakit kepala. Namun, jangan pula tidur terlalu lama sebab hal itu justru dapat menimbulkan sakit kepala, demikian pula dengan tidur sambil menutupi kepala dengan selimut atau bantal.

3. Makanlah secara teratur

Untuk menghindari sakit kepala yang timbul karena lapar yang diakibatkan oleh rendahnya kadar gula darah, jangan biarkan perut anda kosong.

Bawalah cemilan pembangkit energi (seperti keripik, kedelai, buah-buahan, yag dikeringkan, dan kacang-kacangan) di dalam tas, simpanlah di dalam kotak dasbor mobil dan laci meja kantor, dan selalu siapkan persedian rumah.

3. Carilah kedamaian dan ketenangan

Kebisingan dapat menimbulkan sakit kepala pada ibu hamil, terutama jika anda sangat peka terhadap suara. Hindarilah tempat-tempat yang bising (mal, pesta dan konser).

Jika Anda bekerja di tempat yang bising, bicarakanlah pada atasan agar dapat mengambil beberapa alternatif untuk mengurangi kebisingan, atau mintalah padanya agar anda dipindahkan ke bagian yang lebih tenang jika memungkinkan. Di rumah, kecilkan volume dering telepon, televise dan radio.

4. Carilah tempat yang lapang

Ruang yang terlalu panas atau tidak berjendela dapat membuat siapapun merasa sakit kepala. Hindarilah tempat yang sesak, tetapi jika tidak memungkinkan keluarlah untuk berjalan-jalan sejenak dan carilah udara segar setiap kali ada kesempatan. Dan jika terjebak dalam ruangan, bukalah jendela untuk mendapatkan udara segar.

5. Gantilah pencahayaan ruangan

Luangkanlah waktu untuk mengamati sekitar, terutama pencahayaan. Beberapa orang menganggap ruang tak berjendela yang diterangi lampu fluoresen dapat memicu sakit kepala ibu hamil.

Mengganti penerangan dengan lampu pijar atau pindah ke tempat yang berjendela dapat membantu hal tersebut. Jika tidak memungkinkan berjalanlah mengitari sebuah taman setiap ada kesempatan.

6. Pilihlah yang panas dan dingin

Untuk meredakan sakit kepala di atas hidung, gunakan kompres air panas dan dingin pada bagian yang terasa sakit, bergantian setiap 30 detik selama 10 menit, empat kali sehari. Untuk meredakan sakit kepala akibat ketegangan, cobalah meletakkan es di bagian belakang leher selama 20 menit sambil memejamkan mata dan bersantai.

7. Tegakkanlah badan Anda

Membungkuk, menunduk ketika membaca, atau melakukan pekerjaan dalam jarak dekat (merajut sepatu bayi?) dalam waktu lama dapat memicu sakit kepala, maka perhatikan posur anda. Sesekali menghadapat ke atas atau sekedar berjalan santai disekitar ruangan anda untuk merelaksasi kepala.

8. Minumlah obat Sakit Kepala

Ingin solusi cepat? Asetaminofen (parasetamol) biasanya dapat meredakan sakit kepala dengan cepat dan dinyatakan aman bagi wanita hamil (hindari ibuprofen dan aspirin).

Tanyakan dosis dan aturan penggunaan kepada dokter atau bidan. Hindari obat-obatan pereda nyeri (baik obat bebas, obat resep, maupu obat herbal tanpa persetujuan dokter.

Jika sakit kepala tanpa alasan yang jelas terus berlanjut selama lebih dari beberapa jam, sangat sering kambuh, disebabkan oleh demam, atau disertai gangguan penglihatan atau pembengkakan pada tangan dan wajah, beritahu dokter atau bidan anda.

Saya menderita migrain. Saya pernah mendengar bahwa hal ini wajar terjadi dalam kehamilan. Apakah itu benar?

Beberap orang wanita mengaku lebih sering mengalami migraine ketika hamil, tetapi wanita hamil yang lebih beruntung mengaku lebih jarang mengalami migrain.

Belum jelas apakah ini benar, dan belum jelas pula mengapa beberapa orang mengalami migraine berulang-ulang, sedangkan orang lain tidak pernah mengalaminya sama sekali.

Jika anda pernah mengalami migraine, bertanyalah kepada dokter atau bidan mengenai obat migrain yang aman bagi wanita hamil sehingga Anda lebih siap untuk menghadapinya apabila serangan migraine terjadi di tempat kehamilan.

Lakukan pula tindakan pencegahan dengan menganali hal-hal yang memicu serangan migraine pada diri Anda sehingga anda dapat menghindarinya seperti stress, keju, kopi, cokelat, adalah beberapa penyebab umum.

Beberapa tindakan mungkin dapat membantu anda: membasuh wajah dengan air dingin, meletakkan kain dingin di wajah, menghindari kebisingan, cahaya dan aroma tajam dengan berbaring dan mmjamkan mata dalam ruangan gelap selam 2-3 jam.

Mudahan artikel cara aman meredakan sakit kepala bagi ibu hamil ini bermanfaat, terimah kasih telah berkunjung ke situs kami.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here