7 Cara Mengatasi Nyeri Ulu Hati Pada Ibu Hamil

14800
Penyebab Nyeri Ulu Hati Wanita Hamil
Nyeri Ulu Hati Pada Ibu Hamil

Saya selalu merasakan mulas dan nyeri ulu hati. Mengapa demikian, dan apa yang harus saya lakukan?

Arwini.com – Tak seorangpun orang mengalami nyeri ulu hati seperti wanita hamil. Selain itu, wanita hamil terkadang tetap mengalaminya sepanjang masa kehamilan (tidak seperi gejala kehamilan lain, gejala yang satu ini tetap dirasakan pada kehamilan selanjutnya).

Mengapa rasanya seperti ada api di dalam dada? Pada awal kehamilan tubuh menghasilkan progesteron dan relaksin dalam jumlah besar. Akibatnya, jaringan otot polos di seluruh tubuh menjadi relaks, termasuk di saluran pencernaan.

Hal ini akan terasa tidak nyaman bagi Anda, tetapi sebenarnya menguntungkan bayi dalam kandungan. Melambatnya kerja sistem pencernaan meningkatkan penyerapan gizi ke dalam aliran darah agar bayi anda mendapat gizi maksimal.

Nyeri ulu hati terjadi ketika cincin otot yang memisahkan kerongkongan darilambung menjadi relaks (seperti semua otot polos lain pada saluran pencernaan) sehingga makanan dan asam lambung dapat kembali naik dari lambung dan kerongkongan.

Asam lambung mengakibatkan iritasi pada dinding kerongkongan yang peka dan mengakibatkan rasa terbakar di ruas kerongkongan yang dekat dengan jantung.

Selama dua trimester terakhir, gejala ini dapat menjadi semakin parah karena rahim yang membesar akan menekan lambung ke atas.

Hampir musathil untuk menjalani Sembilan bulan tanpa sering mulas, tetapi ada beberapa cara efektif menghindari nyeri ulu hati dan rasa mulas serta mengurangi ketidaknyaman yang timbul.

Jangan memicu penyebabnya, jika suatu makanan atau minuman mengakibatkan rasa terbakar (atau gangguan perut lain), jauhkanlah dari menu makanan Anda.

Makanan yang biasa enjadi pemicu nyeri pada perut biasanya berbentuk makanan pedas dan kaya bumbu, makanan berlemak, makanan yang digoreng, daging olahan, cokelat, kopi, minuman bersoda dan mint.

Baca Juga: Makanan SehatĀ ibu Hamil tiap Trimester

Cara Alami Mengatasi Nyeri Ulu Hati Pada Ibu Hamil

1. Pilihah porsi kecil

Untuk menghindari kelebihan beban pada system pencernaan (mencegah naiknya getah lambung), makanlah dengan porsi kecil, tetapi sering, ketimbang tiga kali makan dalam porsi besar. Solusi enam kali makan sangat baik bagi wanita yang menderita nyeri ulu hati dan rasa mulas.

2. Perlahan-lahan

Jika makan terlalu cepat, Anda akan menan banyak udara. Udara tersebut dapat membentuk gelembung-gelembung gas di dalam lambung.

Makan terburu-buru akan membuat Anda tidak mengunyah dengan baik sehingga lambung harus bekerja keras untuk mencerna makanan. Oleh karena itu, kemungkinan terjadinya nyeri ulu hati lebih besar.

Walaupun anda merasa sangat lapar atau sedang terburu-buru, tetaplah makan secara perlahan, gigit sedikit kemudian kunyah dengan baik.

3. Jangan minum dan makan secara bersamaan.

Meskipun makan makanan yang bergizi dan minum air adalah sesuatu yang baik dan menyehatkan anggota tubuh, namun terlalu banyak cairan yang bercampur dengan makanan akan menggangu kerja lambung sehingga memperparah rasa mulas. Karena itu minumlah banyak cairan di antara waktu makan (tidak saat sedang makan).

4. Tetap tegak

Getah lambung akan lebih sulit untuk naik jika tubu anda tegak daripada jika tubuh anda berbaring. Agar getah lambung tetap berada pada tempatnya, jangan makan sambil berbaring, berbaring setelah makan atau makan dalam porsi besar sesaat sebelum tidur. Tidur dengan meninggikan kepala dan bahi setinggi 15 sentimeter dapat mencegah naiknya getah lambung.

5. Minum obat

Selalu simpan persedian obat nyeri ulu hati. Selain meredakan rasa terbakar, beberapa obat nyeri hati dapat member anda kalsium dalam dosis yang menyehatkan, tetapi pilihlah obat yang diizinkan oleh dokter atau bidan.

Anda bisa mencoba alternative lain, cobalah salah satu tips berikut juga: tuangkan madu satu sendok ke dalam susu hangat lalu diminum, makan segenggam kacang almond atau papaya baik yang segar maupun yang telah dikeringkan.

6. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet tanpa gula selama setengah jam setelah makan dapat menurunkan kelebihan asam (peningkatan produksi air liur dapat menetralkan asam dalam kerongkongan).

Beberapa orang mengaku bahwa permen karet rasa mint dapat memperparah nyeri ulu hati, sehingga permen karet yang dianjurkan adalah permen karet selain rasa mint.

7. Bersantai

Stres hanya akan memperparah semua gangguan lambung, terutama nyeri ulu hati, maka belajrlah unruk relaks dan santai dalam menghadapi masalah tersebut.

Cobalah beberap teknik pengobatan komplementer seperti meditasi, visualisasi atau hipnosisi.

Mudahan artikel Cara Mengatasi Nyeri Ulu Hati bagi ibu Hamil ini dapat membantu mengurangi permasalahan yang anda hadapi. Terimah kasih

Loading...
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here