Tips Menjaga Kesegaran Nafas saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

787

Arwini.com – Tips menjaga kesegaran nafas saat berpuasa di bulan Ramadhan sangatlah penting bagi sebagian besar orang yang berpuasa agar aktifitas yang dilakukan tidak terganggu oleh rasa pernafasan yang kurang enak dan kadang disertai dengan bau mulut.

Loading...

Berbicara mengenai kesehatan dan kondisi tubuh saat berpuasa, penelitian ilmiah sudah banyak yang mengemukakan bahwa dengan berpuasa justru menjadikan seseorang lebih sehat.

Namun yang harus tetap Anda perhatikan adalah pola konsumsi makanan yang Anda makan pada bulan Ramadhan ini agar semakin mendukung kualitas ibadah puasa Anda. meskipun juga ada beberapa hal lain yang harus tetap Anda perhatikan saat menjalani ibadah puasa ini.

Beberapa kendala yang biasanya terjadi adalah seseorang mengalami ketidaknyamanan pada kesegaran nafas dan pada bau mulut. Untuk menyikapi hal seperti ini akan diulas beberapa cara untuk menjaga kesegaran nafas saat berpuasa.

Pola Konsumsi Makanan untuk Menjaga Kesegaran Nafas saat Berpuasa

Seperti yang sudah disinggung diatas. Bahwa rasa kesegaran nafas pada sesorang yang sedang berpuasa, sangat bergantung pada apa saja yang dikonsumsinya ketika sebelum berpuasa. Khususnya saat seseorang makan sahur.

Karena saat sahur adalah batas dimana seseorang masih diperbolehkan makan, maka Anda harus memilih makanan yang tepat agar nantinya selama satu hari penuh bekas ataupun sisa aroma makanan tidak mengganggu kesegaran aroma nafas Anda.

Maka dari itu, bagi Anda yang akan menjalani ibadah puasa sangat perlu untuk mengetahui langkah-langkah apa saja yang dapat membantu menjaga kondisi kesegaran nafas Anda saat sedang menjalani ibadah puasa.

Dengan keadaan seperti ini, otomatis juga tidak akan mengganggu aktifitas sehari-hari Anda ataupun orang lain. Untuk mengatasinya sebenarnya ada beberapa kiat-kiat atau tips yang dapat Anda jalankan saat Anda sedang menjalani ibadah puasa.

ahlikolesterol.com

Tips ini berhubungan dengan langkah –langkah untuk memilih makanan yang tepat untuk Anda jadikan hidangan saat sahur ataupun saat berbuka puasa. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

1.Kurangi konsumsi makanan mengandung lemak tinggi

Memang banyak dari kita yang sangat menyukai makanan-makanan dengan bumbu-bumbu lengkap serta yang mengandung lemak tinggi. Namun hal seperti ini sebenarnya tidak baik untuk kelangsungan ibadah puasa Anda.

Makanan yang dibuat dengan bumbu-bumbu seperti bawang, makanan bersantan, atau bahkan makanan pedas seringkali akan mengganggu kesegaran aroma nafas Anda serta sering menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Maka dari itu, untuk menyiasati agar kesegaran nafas Anda tetap terjaga, Anda dapat mengganti menu-menu tadi dengan menu ringan dan mudah untuk dicerna oleh tubuh Anda.

2.Memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran

Sudah kita ketahui bersama bahwa pada buah dan sayuran ini banyak kandungan didalamnya yang dapat menyehatkan tubuh kita.

Ternyata tidak hanya itu, konsumsi buah ataupun sayuran bagi seseorang yang sedang menjalani ibadah puasa dapat pula menjadi tips menjaga kesegaran nafas saat berpuasa di bulan Ramadhan.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan ketika seseorang mengkonsumsi buah-buahan ataupun makanan bersayur saat sahur, enzim yang ada pada saat proses pencernaan akan stabil.

Sehingga dengan proses pencernaan didalam tubuh tadi stabil, maka potensi keluarnya nafas yang tidak segar ataupun bau mulut dapat dihindari. Dengan begitu Anda akan tetap nyaman dan lancar beraktifitas meskipun sedang berpuasa.

3.Memperbanyak konsumsi air putih

Air putih ini memang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Tak jarang orang yang kekurangan cairan tubuh ini akan berdampak pada sakit. Tak terkecuali pada persoalan kesegaran nafas saat berpuasa ini.

Seringkali seseorang yang merasa nafasnya kurang segar biasanya disebabkan oleh dehidrasi dalam tubuhnya. Untuk menyiasati hal ini saat Anda sedang berpuasa, Anda dapat minum air putih yang banyak saat sahur sebelum Anda menjalani ibadah puasa.

4.Berkumur dan membersihkan mulut

Mungkin cara ini sudah menjadi kebiasaan dan rutinitas sehari-hari. Baik saat sedang berpuasa ataupun tidak. Namun untuk tambahan informasi, Anda dapat melakukan tips khusus lagi saat berkumur ini untuk menjaga kesegaran nafas Anda.

Salah satunya adalah dengan rebusan daun sirih. Air rebusan daun sirih ini dapat Anda pakai untuk berkumur setelah gosok gigi. Anda dapat melakukannya saat sesudah sahur ataupun disiang hari untuk berkumur saja.

5.Cairan cengkeh

Selain daun sirih seperti diatas, Anda juga dapat menggunakan cengkeh untuk berkumur agar kesegaran nafas Anda tetap terjaga. Daun cengkeh juga dikenal sebagai daun yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia.

Untuk cara penerapannya hampir sama dengan diatas. Yaitu Anda rebus terlebih dahulu cengkeh yang sudah Anda siapkan. Setelah selesai Anda dapat menggunakannya untuk berkumur sebelum Anda menjalani ibadah puasa.

Inilah beberapa tips menjaga kesegaran nafas saat berpuasa di bulan Ramadhan yang dapat Anda lakukan selama proses menjalani ibadah di bulan yang mulia ini. Semoga bermanfaat.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here