Amankah Minum Pil KB saat Menstruasi?

14859
Minum Pil KB saat Menstruasi
Minum Obat saat Menstruasi / Eblogline.com
Advertisement
Loading...

Minum Pil Kb saat Menstruasi – Minum pil KB merupakan salah satu cara yang diyakini memiliki efektivitas cukup tinggi dalam mencegah kehamilan.

Ketika seorang wanita mengkonsumsi pil Kb namun kehamilan tidak dapat dihindari, ada kemungkinanan tata cara yang telah dilakukan tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Kehamilan yang terjadi, kita asumsikan bahwa wanita yang mengkonsumsinya tidak memahami penggunaan pil KB dengan benar.

Karena pil KB sering digunakan untuk membatasi diri dalam membuat anak, di sini kami akan paparkan penggunaan yang tepat untuk meningkat tingkat keberhasilannya, yang kami titik beratkan pada penggunaan pil KB saat sedang menstruasi, seperti:

  1. Bolehkah seorang wanita minum Pil KB saat menstruasi?
  2. Apakah ada efek Tertentu yang perlu dikhawatirkan saat mengkonsumsinya?
  3. Bagaiamanakah cara yang tepat mengkonsumi Pil Kb

Mengenal jenis pil KB

Advertisement
Loading...

Sebelum kami membahas ketiga hal di atas, ada baiknya sahabat Arwini memiliki gambaran mengenai jenis pil KB yang sering dikonsumsi.

Pada dasarnya pil KB terdiri dari 2 jenis;

  1. Pil KB Kombinasi yang mengandung estrogen dan progesteron,
  2. Pil KB Mini Pil yang hanya mengandung progesteron.

Menurut Dr. Wisnu Setyawan Sp.OG, Pil Kb yang barisi progesteron umumnya diperuntukkan bagi wanita yang sedang menyusui.

Sedangkan pil KB Kombinasi diperuntakkan bagi wanita yang ingin memperhalus kulit dan membantu menghilangkan jerawat.

Hasil riset Dr. Aleksandar Krunic yang pernah dimuat di Journal of the American Academy of Dermatology menunjukkan bahwa Pil KB dapat membantu wanita dalam menghilangkan jerawat.

Pada riset tersebut, tidak ditemukan adanya gangguan menstruasi dan penambahan berat badan yang berarti bagi wanita.

Selain itu, pada rise ini juga ditemukan tidak ada efek samping yang akan ditemukan saat pengobatan ini tetap dilanjutkan.

Meskipun hasilnya tidak membahayakan, menurut Krunic perlu diadakan penelitian tambahan dengan pasien yang lebih banyak, agar mendapatkan keyakinan yang tidak meragukan.

Kapan sebaiknya minum pil KB?

Jika Anda baru pertama kali meminum pil KB, maka ada beberapa waktu tepat untuk memulai mengkonsumsi jenis pil ini.

Waktu yang tepat ini diyakini meningkatkan efektivitas dalam menorehkan hasil yang memuaskan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Setiap saat selagi haid, minum pil KB saat haid akan menyebabkan volume darah lebih sedikit karena pengaruh faktor hormonal di dalam pil, namun demikian kondisi tersebut tidak akan menimbulkan bahaya apapun sehingga tidak perlu dikhawatirkan.  Karena jika pil KB yang berisi 28 dikonsumsi sesuai dengan aturan, biasanya haid akan dialami ketika seorang wanita minum pil KB plasebo.  Sementara jika konsumsi pil KB yang berisi 21, maka setelah habis 21 pil akan ada jeda selama 7 hari untuk terjadinya menstruasi.
  • Hari ke1-7 siklus menstruasi, dan biasanya dokter akan menganjurkan untuk mengkonsumsi pil KB yang baru sesuai aturan pada hari ke-3 atau ke-4 menstruasi.
  • Pil KB bisa saja dikonsumsi pada hari ke-8 siklus menstruasi tetapi sebagai catatan harus melengkapinya dengan metode kontrasepsi lainnya seperti kondom mulai hari ke-8 sampai ke-14, atau sama sekali tidak melakukan hubungan seksual dulu sampai menghabiskan paket pil KB tersebut.
  • Pada intinya konsumsi pil KB bisa dilakukan setiap saat berdasarkan penjelasan di atas, dan pastikan bahwa tidak sedang dalam kondisi hamil.
  • Jika sebelumnya menggunakan kontrasepsi hormonal lainnya seperti suntik KB, maka konsumsi pil KB bisa langsung dilakukan tanpa harus menunggu saat menstruasi.
  • Pada saat setelah melahirkan, konsumsi pil KB dianjurkan untuk di minum pada waktu tertentu, yaitu setelah 6 bulan ASI ekslusif, setelah jeda 3 bulan jika tidak menyusui, dan setelah keguguran bisa segera atau dalam waktu 7 hari.
  • Jika konsumsi pil KB adalah yang pertama kalinya, maka untuk mencegah kehamilan secara efektif sebaiknya tetap menggunakan metode kontrasepsi lainnya seperti kondom pada 5-7 hari pertama mengkonsumsi pil KB.

Untuk aturan minumnya, pada pil KB yang berisi 28 maka pil tersebut bisa dikonsumsi terus menerus tanpa jeda sedangkan pada pil KB yang berisi 21 ada jeda 7 hari sebelum minum pil KB selanjutnya.

Selain itu aturan konsumsi pil KB sebaiknya dijadwalkan pada jam yang sama untuk mendapatkan manfaat yang optimal.  Dengan kata lain jeda waktu dalam mengkonsumsi pil KB tidak boleh lebih dari 36 jam, bahkan ada pil KB tertentu yang hanya memberikan jeda tidak lebih dari 24 jam.

Untuk mendapatkan manfaat minum pil KB saat menstruasi secara efektif, sebaiknya mengikuti petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan.  Meski demikian memang saat terbaik untuk mengkonsumsi pil KB adalah saat menstruasi, karena pada saat tersebut bisa dipastikan seorang wanita tidak sedang dalam kondisi hamil.

Berdasarkan ulasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa minum pil KB saat menstruasi tidak berbahaya namun justru dianjurkan.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here