7 Menu Wajib Ibu Hamil saat Puasa Ramadhan, Jangan Lupa Dikonsumsi Bund!

1772
Menu Wajib Ibu Hamil saat Puasa Ramadhan

Arwini.com – Menu wajib ibu hamil saat puasa Ramadhan memang bunda butuhkan, karena ketika berpuasa kondisi tubuh akan lebih lemah jika dibandingkan tidak berpuasa, apalagi usia kehamilan sudah di kisaran lima bulan ke atas.

Seperti yang kita tahu bahwa setiap muslim wajib menjalankan ibadah puasa selama bulan ramadhan. Bulan yang penuh berkah ini tentunya merupakan bulan paling dinantikan oleh umat muslim di dunia.

Banyak orang yang memaksakan diri untuk berpuasa. Nah, bagaimanakah jika orang tersebut dalam keadaan hamil? Berbahayakah bagi kesehatan dan Janin?

Mungkin sebagian orang akan bertanya demikian. Pilihan berpuasa adalah pilihan terbaik bagi umat islam, Namun jika dalam kondisi tertentu seorang tidak dapat menjalankan puasa dengan sempurna maka dibolehkan untuk meninggalkannya.

Seperti halnya dengan ibu hamil, bila dikhawatirkan berdampak buruk bagi kesehatan maka sebaiknya ditinggalkan.  Sebaliknya, Jika merasa yakin dengan kondisi kesehatan maka sebaiknya memilih menu makanan sehat untuk mengurangi resiko yang akan terjadi, seperti mudah lelah dan capek.

Meskipun berpuasa dalam kondisi hamil bisa menyebabkan suatu kondisi dimana hormon yang mengatur glukosa darah akan terganggu serta kadar glukosa darah bisa menurun sangat drastis. Namun kondisi tersebut bisa dihindari dengan cara mengatur pola makanan untuk ibu hamil pada saat berpuasa.

7 Menu Wajib Ibu Hamil saat Puasa Ramadhan

1. Perbanyak menu gizi seimbang

Ketika bunda berpuasa, tentu asupan makanan yang dibutuhkan jauh lebih banyak dari hari-hari biasa. Oleh sebab itu menu wajib sahur dan juga berbuka harus tetap diperhatikan dengan penekanan gizi seimbang.

Usahakan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, vitamin, mineral, protein hewani dan juga protein nabati. Seperti yang terdapat pada nasi, ikan, sayur mayur, buah, susu, tahu dan tempe.

Nah menu seperti inilah yang wajib bunda konsumsi karena memiliki kandungan gizi lengkap, tentu dimaksudkan agar membantu kebutuhan gizi bunda dan janin dalam rahim.

2. Perhatikan menu berkarbohidrat kompleks

Menu sehat selanjutnya yaitu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum, dan kacang-kacangan. Jenis makanan ini dipercaya memperlambat saluran pencernaan sehingga mengurangi rasa lapar, tentu bermanfaat dalam penambahan energi.

Selain hal di atas, Karbohidrat kompleks ini juga dipercaya membantu ibu hamil dalam mengatasi sembelit semasa kehamilan. Perbanyak mengkonsumsi makanan berat yang mengandung karbohidrat, namun dalam porsi sewajarnya.

3. Perbanyak makanan berprotein tinggi

Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi seperti contoh telur, kacang-kacangan, ikan dan daging juga dibutuhkan oleh ibu hamil.

Nah jenis makanan dapat membantu pertumbuhan serta perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Usahakan mengkonsumsi sebanyak mungkin, baik saat sahur maupun setelah berbuka hingga tidur.

4. Kurangi makanan manis-manis

Seperti yang kita ketahui bahwa makanan manis akan meningkatkan kadar gula darah setelah dikonsumsi, namun akan mengalami penurunan saat kita berpuasa. Kondisi ini tentu akan berdampak pada perasaan lemas dan mudah lapar.

Ganti makanan manis tersebut dengan jenis makanan yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti buah-buahan. Selain mengandung kadar gula rendah, buah-buahan juga membantu dalam penyimpanan energi, tentu bermanfaat dalam menjalankan puasa.

5. Hindari makanan berlemak tinggi

Beberapa makanan yang mengandung lemak tinggi tidak disarankan untuk dikonsumsi, baik sedang sahur maupun hendak berbuka puasa. Jenis makanan ini seperti donat, pizza, cake, gorengan, kulit ayam dan lain sebagainya.

Nah, bunda bisa mengganti makanan tersebut dengan beberapa makanan yang mengandung lemak baik seperti kacang, alpukat, ikan, keju, minyak ikan dan lain sebagainya.

6. Konsumsi makanan yang mengandung kalsium

Bunda juga dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium seperti contoh keju, youghurt, susu, ikan dan juga sayuran hijau yang segar. Selain membantu dalam ketahanan tubuh juga bermanfaat bagi pertumbuhan tulang janin bunda nantinya.

Carilah beberapa jenis makanan yang cocok dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa. Bila perlu persiapkan dalam jumlah yang banyak meskipun di luar ramadhan.

7. Perbanyak mengkonsumsi air putih

Bagi bunda yang menjalankan ibadah puasa disarankan untuk mengkonsumsi air putih sekitar 8 gelas perhari atau sekitar 1,5 hingga 2 liter perhari.

Jangan mengkonsumsi minuman yang berkafein seperti contoh teh dan kopi karena minuman ini bersifat diuretik yang dapat mengakibatkan sering buang air kecil hingga kehilangan cairan dalam tubuh.

Catatan

Pilihan berpuasa bagi ibu hamil memang sudah menjadi pilihan tersendiri bagi mereka yang menjalankannya. Namun perlu diyakini bahwa langkah yang bunda jalankan merupakan langkah terbaik, diyakini tidak menimbulkan keresahan bilamana menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan.

Tentu keyakinan ini harus dilandasi dengan pengetahuan lebih, sehingga kami sangat menyarankan untuk berkonsultasi ke dokter terkait apa saja yang harus diperhatikan serta dihindari selama menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here