Menu Makan Sahur bagi Penderita Maag

950
Menu Makan Sahur bagi Penderita Maag
futuready.com

Arwini.com — Menu makan sahur bagi penderita maag pada umumnya berbeda dengan menu makan sahur bagi orang yang sehat. Hal ini bertujuan untuk mencegah supaya sakit maag tidak kambuh pada saat berpuasa.

Loading...

Jika menu sahur penderita maag tersebut tidak tepat, dapat menyebabkan sakit maag bertambah parah. Oleh karena itu, penting bagi siapapun yang menderita maag untuk mengonsumsi makanan yang tepat pada saat sahur. Hal ini juga berfungsi untuk menjaga tubuh agar tetap bugar pada saat berpuasa.

Orang yang menderita maag, perlu memerhatikan menu makan sahur bagi penderita maag. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama menjalani ibadah puasa sehari penuh.

Menu Makan Sahur bagi Penderita Maag yang Dianjurkan

  1. Makan dengan nasi lembek secukupnya dengan menggunakan sayur ataupun lauk yang sesuai dengan selera, namun tetap sehat dan aman untuk lambung.
  2. Kacang hijau yang direbus hingga pecah yang kemudian diambil sarinya sebanyak setengah gelas. Minuman ini dapat menjadi menu makan sahur bagi penderita maag.
  3. Mengonsumsi makanan yang berserat tinggi. Hal ini dapat menyebabkan pencernaan berjalan lebih lama, sehingga menyebabkan rasa kenyang bertahan lebih lama. Makanan yang berserat tinggi seperti misalnya sayur mayor yang tidak memiliki kandungan gas yang banyak
  4. Mengonsumsi buah kurma. Buah kurma memiliki kandungan serat yang tinggi, memiliki kandungan gula yang kompleks, kaya akan karbohidrat, magnesium, vitamin, kalium, dan masih banyak yang lainnya. Sehingga kurma dapat menjadi menu makan sahur bagi penderita maag.
  5. Mengonsumsi banyak air putih pada saat sahur mampu menghindari dehidrasi pada waktu berpuasa. Minum air putih yang banyak sangat dianjurkan bagi penderita maag
  6. Mengonsumsi buah pisang untuk santapan sahur. Pisang mengandung banyak karbohidrat, kalium, dan magnesium.
  7. Mengonsmsi kacang almond pada saat sahur juga dianjurkan bagi penderita maag, karena kacang almond mengandung serat dan protein yang baik untuk tubuh.
  8. Menu makan sahur bagi penderita maag selanjutnya ialah segala makanan yang diolah dengan cara direbus ataupun dipanggang.
  9. Sayur yang dapat dijadikan sebagai menu makan sahur bagi penderita maag di antaranya labu siam yang direbus dan diberi garam, labu siam yang ditumis, sup bihun yang dimasak tanpa merica, semur kentang dan tahu putih, ayur sop yang dimasak tanpa menggunakan merica, dan sebagainya.
  10. Lauk yang dapat menjadi menu sahur bagi penderita maag di antaranya ialah tahu putih yang direbus dan diberi garam, ayam presto bumbu bacem, jenis ikan apapun yang dimasak menjadi sayur kecuali kakap dan tongkol, telur ayam kampong rebus, ataupun dadar.

Selain mengonsumsi menu makan sahur yang disarankan di atas, hindari makanan-makanan yang dapat menyebabkan penyakit maag kambuh pada saat waktu berpuasa.

Penyakit maag dapat kambuh kapan saja dan dimana saja. Namun resiko penyakit maag kambuh dapat dihindari dengan mengatur pola makan yang sehat serta menghindari makanan ataupun minuman yang dapat meningkatkan resiko kambuhnya penyakit maag saat berpuasa.

Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Penderita Maag pada Saat Sahur
papasemar.com

Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Penderita Maag pada Saat Sahur

  1. Makanan serta minuman yang memiliki kandungan kafein dan dapat merangsang keluarnya asam lambung yang banyak. Seperti misalnya the, kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih, susu full cream, dan sari buah citrus
  2. Makanan yang dapat menyebabkan kerusakan pada dinding lambung secara langsung. Seperti misalnya makanan pedas, makanan yang mengandung merica, cuka, serta bumbu-bumbu rempah yang dapat merangsang
  3. Makanan atau minuman yang mengandung banyak gas tidak baik untuk menu makan sahur bagi penderita maag, seperti misalnya buah-buah yang dikeringkan, nangka, pisang ambon, kedondong, minuman bersoda, serta sayur seperti misalnya sawi atau kol.
  4. Makanan atau minuman yang memiliki kadar lemak yang tinggi serta makanan yang susah dicerna. Makanan jenis ini dapat menyebabkan aktivitas pengosongan lambung berjalan lambat sehingga produksi asam lambung meningkat. Seperti misalnya keju, cokelat, gorengan, atau yang lainnya.
  5. Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat yang perlu dihindari seseorang yang menderita maag. Seperti misalnya jagung, ubi singkong, beras ketan, talas, mi bihun, dan yang lainnya.
  6. Merokok serta mengunyah permen karet. Kedua hal ini bisa saja meningkatkan resiko penyakit maag kambuh pada saat puasa.

Ibadah puasa akan lebih nyaman dan lancar jika penyakit maag tidak kambuh ditengah-tengah masa berpuasa. Oleh karena itu, diperlukan perhatian terhadap pola makan saat sahur dan berbuka puasa.

Demikian beberapa penjelasan mengenai menu makan sahur bagi penderita maag yang dianjurkan dan yang harus dihindari. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi bahan referensi.

Dengan menerapkan anjuran diatas, ibadah puasa yang dijalankan tidak akan mengalami kendala yang berarti. Semoga bermanfaat.

 

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here