Menstruasi Pertama Berkunjung, 5 Hal Ini Wajib Dilakukan!

9630
Menstruasi Pertama
Tips Hadapi Menstruasi Pertama / Hafana.com
Advertisement
Loading...

Arwini.com, Menstruasi Pertama – Pengalaman pertama mengalami menstruasi sering menimbulkan kekhawatiran pada remaja putri, terlebih jika tidak memiliki informasi terkait bagaimana gejala dan tanda yang menyertai menstruasi wanita.

Oleh karena itu penting kiranya bagi orang tua terutama ibu untuk memberikan pemahaman yang jelas mengenai menstruasi agar remaja putri lebih siap dan percaya diri saat tiba ia akan mengalami menstruasi untuk pertama kalinya.

Bagi Anda yang belum pernah mengalami menstruasi, perhatikan dengan seksama apa saja yang harus disiapkan saat siklus haid mulai berkunjung.

Ulasan yang akan sahabat arwini dapatkan disini adalah pemahaman langkah demi langkah mepersiapkan diri menghadapi menstruasi yang kami awali dengan tanda yang bermunculan menjelang menstruasi.

5 Tanda yang Bermunculan saat Menstruasi Pertama Kali

Advertisement
Loading...

Pada umumnya, remaja putri akan mengalami menstruasi pertama kali di usia 11-14 tahun meskipun bisa saja terjadi sebelum atau sesudah usia tersebut, tergantung dari kematangan sistem reproduksi dan kondisi hormon.

Bagi anak wanita yang sudah berusia 10-11 tahun, sebaiknya sudah mendapatkan pemahaman mengenai tanda-tanda atau gejala yang umum dialami menjelang menstruasi, seperti berikut ini:

1. Tanda Fisik sebelum Menstruasi

Beberapa tanda fisik yang lazim dialami menjelang menstruasi antara lain adalah payudara yang membesar dan pertumbuhan bulu halus di sekitar organ kewanitaan.

Kondisi ini dapat dijadikan sebagai tanda awal menstruasi yang akan dialami anak perempuan.

Biasanya tanda-tanda fisik demikian dialami sekitar 2 tahun sebelum menstruasi pertama kali.

2. Munculnya lendir

Pada umumnya, pembesaran payudara pada anak wanita juga disertai dengan munculnya lendir dari organ kewanitaan, yang terjadi sekitar 1 tahun atau 6 bulan sebelum mengalami menstruasi yang pertama.

3. Perubahan Hormonal

Perubahan hormonal lazim terjadi menjelang menstruasi, dan hal ini bisa ditandai dengan kondisi psikis yang cenderung moody dan emosional.

Saat Anda mengalami hal ini, perbanyak antisipasi dengan mengetahui hormon apa saja yang berpengaruh saat haid.

4. Rasa Sakit Perut bagian Bawah

Sebelum menstruasi, seorang wanita akan mengalami rasa sakit pada perut bagian bawah sebagai akibat adanya kontraksi otot rahim.

Terkadang rasa saki ini diringi dengan pegal pada area pinggang dan panggul.

5. Premenstrual Syndrome (PMS)

Gejala PMS juga sering dikeluhkan menjelang menstruasi, meskipun masing-masing wanita mungkin memiliki intenstitas yang tidak sama.

PMS sering ditandai dengan gejala seperti nyeri perut, kembung, sakit kepala, mudah lelah dan cenderung emosional (baca: Atasi PMS).

Tips Menghadapi Menstruasi Pertama bagi Remaja Putri

Setelah mengetahui tanda-tanda yang terjadi menjelang menstruasi, maka sebaiknya melakukan beberapa persiapan saat siklus menstruasi baru dimulai, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan Pembalut

Periode menstruasi yang pertama bisa terjadi sewaktu-waktu dengan gejala yang telah ada sebelumnya, dan sangat mungkin terjadi ketika remaja putri sedang berada di sekolah.

Oleh karena itu langkah persiapan pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan pembalut untuk keperluan menstruasi.

Untuk keperluan ini, sebaiknya menyiapkan pembalut dengan daya serap tinggi sebagai antisipasi agar tidak tembus jika darah menstruasi yang keluar banyak.

Pastikan juga membawa cadangan pembalut untuk ganti agar bisa segera mengganti pembalut jika volume darah yang keluar banyak.

Selengkapnya: Tips Aman Memilih Pembalut Saat Menstruasi

2. Siapkan Pakaian Ganti

Jika menstruasi datang tiba-tiba tanpa disadari sehingga menimbulkan noda darah pada rok, maka penting bagi seorang remaja putri untuk membawa pakaian ganti baik celana dalam maupun rok sebagai antisipasi jika mengalami hal itu.

Pastikan juga celana dalam yang digunakan terbuat dari katun yang menyerap keringat sehingga tidak lembab dan nyaman digunakan.

3. Jangan panik

Jika ternyata menstruasi datang tiba-tiba dan ada teman yang memberitahukan adanya sedikit noda darah pada rok, maka tidak perlu panik dengan teguran tersebut.

Segera ke kamar mandi dan gunakan pembalut serta ganti rok dengan yang sudah disiapkan sebelumnya.

4. Batasi Aktivitas Fisik

Jika menstruasi datang untuk pertama kali, maka sebaiknya menghindari aktivitas fisik atau olehraga berat.

Penting juga untuk mengimbanginya dengan istirahat yang cukup, perbanyak makanan dengan gizi yang seimbang serta perbanyak mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup agar terhindar dari dehidrasi.

5. Jaga kebersihan Organ

Pastikan untuk selalu mengganti pembalut setidaknya setiap 3-4 jam sekali terutama ketika darah menstruasi yang keluar sedang banyak-banyaknya.

Dan jangan lupa untuk membasuh organ kewanitaan dengan cara yang benar, dengan arah dari depan ke belakang dan segera mengeringkan dengan arah yang sama agar tidak lembab.

Itulah beberapa tips menstruasi pertama bagi remaja putri.

Dengan mengetahui gejala dan persiapan sebelum menstruasi, seorang remaja putri bisa lebih siap dalam menghadapi menstruasi pertamanya yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here