5 Tips Cerdas Mengelola Keuangan menjelang Akhir Ramadhan

545
Mengelola Keuangan menjelang Akhir Ramadhan

Arwini.com – Mendekati hari Raya Idul Fitri, biasanya kebutuhan pun semakin meningkat. Agar kebutuhan tetap terkendali, Anda perlu menerapkan tips mengelola keuangan menjelang akhir bulan Ramadhan. Meskipun berbagai kebutuhan yang berhubungan dengan hari raya tampaknya wajib untuk segera dipenuhi, Anda tetap harus bijak dalam membelanjakan uang.

Salah satu hakikat puasa di bulan Ramadhan adalah menahan hawa nafsu, termasuk dalam berbelanja. Namun faktanya, sebagian besar masyarakat justru mengeluarkan lebih banyak uang untuk keperluan belanja di bulan Ramadhan, apalagi menjelang akhir bulan Ramadhan. Anda bisa melihat bagaimana penuh sesaknya pusat perbelanjaan pada saat akhir bulan Ramadhan.

Jika Anda tidak ingin terjebak dalam “nafsu belanja yang menyesatkan”, maka Anda perlu mengelola keuangan secara bijak dan tidak asal belanja saja. Buang jauh-jauh pikiran yang membenarkan tindakan pemborosan Anda dengan istilah “hanya setahun sekali”.

Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an (QS. Al Israa’ 26-27) yang artinya: “Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara setan”.

5 Tips Cerdas Mengelola Keuangan menjelang Akhir Ramadhan

Nah, untuk menyiasati kebutuhan yang semakin membengkak menjelang Idul Fitri, Anda perlu menerapkan cara cerdas mengelola keuangan menjelang akhir Ramadhan berikut ini:

1. Membuat rencana sederhana

Agar tidak besar pasak daripada tiang, maka Anda perlu membuat rencana keuangan sederhana untuk mengatur keuangan Anda selama bulan Ramadhan. Anda bisa memisahkan antara pengeluaran rutin dan pengeluaran khusus, seperti untuk kebutuhan hari raya.

Pengeluaran rutin bisa Anda ambil dari penghasilan bulanan, sementara untuk pengeluaran khusus yang berhubungan dengan belanja lebaran bisa Anda ambilkan dari THR. Bagi Anda yang tidak mendapatkan THR, sebaiknya Anda sudah menyisihkan penghasilan bulanan untuk keperluan tabungan di hari raya.

2. Memanfaatkan promo belanja

Anda bisa menghemat pengeluaran menjelang akhir bulan Ramadhan dengan memanfaatkan promo belanja yang banyak ditawarkan oleh pusat perbelanjaan. Berbagai diskon menarik bisa Anda gunakan untuk berbelanja secara lebih hemat.

Namun begitu, Anda tetap harus mengontrol pengeluaran dengan belanja sesuai kebutuhan.

Ada baiknya Anda membatasi uang tunai yang dibawa agar tidak mudah tergoda untuk berbelanja barang yang tidak terlalu penting untuk kebutuhan Anda dan keluarga.

3. Memasak sendiri lebih hemat dan sehat

Ada kalanya kita tergoda untuk membeli aneka makanan berbuka yang cukup menggiurkan. Bolehlah sesekali membelinya untuk berbuka puasa untuk sekedar mencicipi rasanya. Tapi akan lebih hemat jika Anda memasak hidangan berbuka untuk keluarga. Selain hemat, pastinya lebih sehat bukan?

4. Lakukan tips mudik yang hemat

Bagi Anda yang melakukan mudik lebaran, sebaiknya mempersiapkan keperluan mudik jauh hari sebelum hari raya. Lakukan survey harga tiket jauh hari sebelum hari raya untuk mengantisipasi melonjaknya harga tiket ketika menjelang akhir bulan Ramadhan.

5. Menabung untuk menyiasati pengeluaran tak terduga

Sebelum mengalokasikan penghasilan untuk pengeluaran rutin, ada baiknya Anda sudah menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung. Kebiasaan ini menjadi sangat penting, mengingat kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi esok hari. Berbagai pengeluaran tak terduga bisa saja terjadi. Tapi dengan adanya tabungan, setidaknya Anda bisa merasa lebih tenang.

Selain menerapkan tips mengelola keuangan di akhir bulan Ramadhan tersebut, Anda juga perlu mengetahui beberapa hal yang tidak boleh dilakukan seperti berikut:

  • Mendahulukan keinginan daripada kebutuhan

Ada kalanya kita membelanjakan uang untuk membeli barang yang diinginkan walaupun sebenarnya tidak begitu membutuhkannya. Anda harus bisa mengubah kebiasaan ini agar kondisi keuangan tetap bugar hingga hari raya dan setelahnya.

  • Menggunakan kartu kredit untuk keperluan dana darurat selama bulan puasa dan hari raya

Anda harus bijak dalam menggunakan kartu kredit, jangan sampai penggunaannya yang tak terkontrol justru menjadi bumerang di kemudian hari. Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan promo tertentu agar lebih menguntungkan.

  • Hutang

Hutang banyak dipilih karena dianggap mampu menyelesaikan masalah keuangan secara instan, namun hutang juga akan menjadi beban karena penghasilan Anda akan berkurang untuk membayar angsurannya. Jadi, jika Anda memiliki penghasilan yang terbatas sebaiknya menyiasati kebutuhan dengan bijak agar tidak terjebak dalam hutang.

Hari raya Idul Fitri menjadi momen yang paling ditunggu untuk merayakan kemenangan setelah sebulan berpuasa. Dengan mengelola keuangan di akhir bulan Ramadhan secara bijak, Anda bisa menikmati indahnya lebaran tanpa beban. Jangan lupa juga untuk memperbanyak sedekah agar rezeki Anda semakin berkah!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here