Masih Muda ada Uban Nongol, Atasi saja dengan Cara ini!

77
mengatasi uban di usia muda

Arwini.com – Munculnya uban atau rambut berwarna putih memang merupakan sebuah proses alamiah, hal tersebut berlaku bagi orang yang sudah menginjak masa tua. Namun bagaimana jika uban muncul pada usia masih muda?

Nah hal itu merupakan gejala abnormal yang tidak semua orang alami, dan kondisi ini sering disebut dengan premature graying.

Kali ini Arwini tidak akan membahas secara mendetail tentang premature graying ini, namun akan menyajikan beberapa cara menghilangkan uban secara permanen tanpa bahan kimia.

Mengapa Muncul Uban di Usia Muda?

Sebelum kita membahas tentang cara mengatasi uban di usia muda, ada baiknya Anda mengetahui penyebab munculnya uban. Bukan rahasia lagi bahwa munculnya uban dapat mempengaruhi penampilan seseorang, apalagi jika muncul pada usia muda, seseorang akan jauh terlihat lebih tua daripada umurnya.

Mengapa muncul uban? Secara medis, uban muncul karena kandungan enzim katalase pada rambut berkurang sehingga hidrogen peroksida tidak mampu menghasilkan air dan oksigen pada rambut. Hal inilah yang membuat rambut mengalami depigmentasi, dan warnanya berubah menjadi putih. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, berikut beberapa diantaranya:

  • Genetika atau gejala bawaan
  • Faktor etnis
  • Gaya hidup yang tidak sehat
  • Sering merokok
  • Kekurangan vitamin B12
  • Kurang gizi
  • Daya tahan tubuh lemah
  • Stress

Banyak orang mungkin berpikir bahwa munculnya uban dapat dengan mudah diatasi dengan mewarnai rambut. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena bahan kimia pada pewarna rambut dapat mengakibatkan efek yang lebih fatal pada rambut, salah satunya adalah kerontokan dan uban permanen. Nah cara terbaik mengatasi uban memang tetap dengan metode alamiah, dan untungnya Anda dapat menemukannya dibawah ini.

Cara Mengatasi Uban di usia Muda Secara Permanen

Baiklah, Anda sudah membaca sekelumit pembahasan mengenai penyebab timbulnya uban. Salah satu penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat, jadi sebenarnya untuk menghindari timbulnya uban, ya Anda harus terus menjaga gaya hidup Anda. Nah kali ini Arwini akan memberikan beberapa cara menghilangkan uban secara permanen tanpa bahan kimia, berikut ulasannya.

Daun Sage

Dalam bahasa latin, sage berarti ‘menyelamatkan’, dan memang daun sage dapat menyelamatkan Anda dari rambut yang beruban. Sage merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan salah satunya adalah dapat menghilangkan uban.

Selain untuk uban, daun sage ini sering dipakai untuk bumbu masakan, khususnya masakan Eropa. Nah untuk menghilangkan uban, Anda dapat melihat panduan cara meramu daun sage sebagai obat penangkal uban berikut ini:

  1. Masukan air kedalam panci, biarkan mendidih.
  2. Lalu masukan beberapa helai daun sage.
  3. Biarkan selama 5 menit, lalu matikan api.
  4. Saring air rebusan tersebut.
  5. Dinginkan terlebih dahulu air rebusan daun sage tersebut.
  6. Setelah dingin, basuhkan air rebusan daun sage tersebut pada rambut.
  7. Remas-remas rambut Anda layaknya Anda keramas menggunakan sampo.
  8. Lakukan cara ini minimal seminggu sekali.

Pacar Kuku

Pacar kuku atau hena merupakan obat alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan uban. Selama ini kita mungkin mengenal hena sebagai tato alami yang biasa ditempelkan di tangan atau kaki. Namun pacar kuku ini juga dapat menghilangkan uban, bahkan secara permanen jika dilakukan secara rutin.

Pacar kuku ini tidak akan merusak kondisi rambut, malah membuatnya semakin kuat. Pacar kuku dapat mengikat keratin dengan sangat powerful, sehingga kondisi rambut selalu dalam keadaan sehat. Nah berikut ramuan pacar kuku yang dapat digunakan untuk mengatasi uban di usia muda.

Bahan ramuan:

  • Biji hilba, 1 sendok makan
  • Bubuk pacar kuku, 2 sendok makan
  • Yogurt, 1 sendok makan
  • Kemangi, 2 sendok makan
  • Bubuk kopi, 2 sendok makan

Pengaplikasian:

  1. Campurkan seluruh bahan, aduk-aduk hingga mengental, jangan terlalu cair.
  2. Oleskan ramuan pacar kuku tersebut pada area rambut beruban.
  3. Biarkan selama 2-3 jam.
  4. Basuh dengan air bersih.
  5. Lakukan cara ini secara rutin jika ingin hasilnya maksimal.

Kopi

Cara menghilangkan uban lainnya yang tidak membutuhkan banyak dana adalah dengan menggunakan kopi. Kopi memiliki senyawa yang dapat memperkuat keratin dan meningkatkan produksi enzim katalase.

  1. Gunakan bubuk kopi organik, utamakan kopi espresso.
  2. Pada saat mandi, tuangkan bubuk kopi pada area rambut.
  3. Remas-remas hingga merata.
  4. Tutup rambut dengan plastik shower.
  5. Biarkan selama 20-30 menit.
  6. Basuh perlahan-lahan dan menyeluruh.

Nah itulah beberapa langkah mengatasi uban di usia muda secara permanen tanpa bahan kimia. Cara-cara diatas selain aman, juga tak memerlukan banyak dana untuk merealisasikannya. Jadi tidak usah menunggu lama, langsung praktekan cara diatas untuk menghilangkan uban di kepala Anda.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here