Tips Mengatasi Bau Mulut Tidak Sedap selama Berpuasa di Bulan Ramadhan

1161
Mengatasi Bau Mulut Tidak Sedap

Arwini.com – Menjelang bulan Ramadhan, tips mengatasi bau mulut tidak sedap selama berpuasa di bulan Ramadhan mulai dicari sebagian orang yang mayoritas beragama Islam.

Loading...

Hal ini karena sudah menjadi rahasia umum bila masalah utama ketika berpuasa selain menahan lapar dan haus adalah harus pintar – pintar menjaga kesehatan mulut agar nafas tetap segar.

Bila tidak, Anda akan dihadapkan dengan bau mulut yang membuat Anda sendiri tidak merasa nyaman. Karena aktivitas selama berpuasa tetap berjalan normal seperti biasanya, maka Anda juga tetap harus berinteraksi dengan orang banyak.

Tidak mungkin kan Anda ingin orang lain merasa terganggu dengan aroma nafas Anda yang tidak segar selama berpuasa?

Mengapa bau mulut sering diidentikkan dengan orang yang berpuasa? Hal ini karena Anda akan otomatis menggunakan lemak sebagai sumber energi utama saat berpuasa.

Cadangan glikogen pada hati dan otot yang biasa dipakai sebagai sumber energi akan habis terpakai lebih dahulu saat Anda berpuasa.

Tubuh otomatis menghasilkan senyawa yang bernama keton ketika menggunakan lemak. Nah, senyawa inilah yang menjadi penyebab utamanya karena memiliki bau khas yang kemudian tercium oleh orang lain dari nafas Anda.

Lalu, apakah ada tips mengatasi bau mulut tidak sedap selama berpuasa di bulan Ramadhan? Tentu saja ada! Simak selengkapnya pada pembahasan berikut.

media.infospesial.net

Tips Menjaga Nafas Tetap Segar Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan

1.Membersihkan mulut secara menyeluruh dengan baik dan benar. Tips pertama ini bisa dimulai dengan menyikat gigi yang benar atau tidak asal – asalan.

Bersihkanlah gigi menggunakan sikat gigi dan pasta gigi minimal selama kurang lebih 2 menit lamanya. Pilih pasta gigi yang dapat menghilangkan plak serta sisa makanan sekaligus.

2.Masih berkaitan dengan tips nomor satu, Anda juga harus membersihkan lidah dengan menggunakan alat khusus yang sudah tersedia di super market atau mini market terdekat.

Anda juga bisa membeli langsung di dokter gigi langganan Anda. Namun, sekarang juga sudah banyak sikat gigi yang memiliki bagian belakang khusus untuk membersihkan lidah.

3.Gunakan benang gigi jika perlu untuk membersihkan kotoran dan sisa makanan yang masih menempel di sela – sela gigi Anda.

Biasanya, hal ini dilakukan jika sikat gigi tidak mampu menjangkau kotoran tersebut dan terpaksa harus menggunakan benang gigi sebagai alat bantu untuk membersihkannya.

4.Berkumurlah menggunakan obat kumur anti bakteri yang sudah tersedia banyak pilihan merek dan aroma. Pilihlah rasa atau aroma yang Anda suka.

5.Perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka puasa. Air putih dapat menghindari kekeringan yang dapat menyerang mulut selama berpuasa. Kurang lebih 8 gelas perhari konsumsilah Air putih pada saat sahur dan berbuka puasa.

Jika kondisi mulut kering, sudah pasti akan tercium aroma mulut yang tidak sedap. Oleh karena itu, cukupkanlah atau bahkan lebihkan porsi untuk air mineral sebelum Anda melakukan aktivitas berpuasa.

6.Perhatikan dan jaga menu makanan Anda. Jangan makan makanan yang memiliki aroma menyengat ketika sahur dan berbuka puasa. Terutama saat sahur, hindari makanan seperti bawang salah satunya.

Karena setelah makanan sudah selesai diproses untuk dicerna, makanan ini akan diedarkan ke seluruh tubuh termasuk paru – paru oleh darah.

Sebagai gantinya, lebihkan porsi makanan buah dan sayur selama bulan Ramadhan. Buah dan sayur ini selain baik untuk kesehatan Anda.

Ternyata buah dan sayur juga memiliki kandungan serat dan antioksidan yang berkhasiat membuat nafas tetap segar sehingga dapat menghindari bau mulut saat berpuasa.

Mengapa bisa seperti itu? Karena buah dan sayur mengandung serat yang bekerja dalam hal meningkatkan produksi air liur dalam mulut Anda.

Seperti yang sudah diketahui bahwa air liur diperlukan untuk menjaga mulut agar tidak mengalami kekeringan yang pada akhirnya dapat menyebabkan bau mulut.

Sementara itu, antioksidan yang terkandung di kedua jenis makanan ini juga dapat membunuh sekaligus menghambat perkembangan bakteri yang menyebabkan bau di dalam mulut secara efektif.

Kondisi lainnya seperti memiliki riwayat penyakit tertentu juga dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap atau memiliki penyakit gigi itu sendiri. Contohnya, sudah mengalami pengeroposan pada gigi atau yang lebih sering disebut dengan karies gigi.

Khususnya jika Anda memiliki banyak karang gigi, kemungkinan atau potensi memiliki nafas yang tidak sedap akan bertambah 2 x lipat. Tentunya hal ini akan menjadi hal yang sangat menyebalkan.

Demikian tips mengatasi bau mulut tidak sedap selama berpuasa di bulan Ramadhan. Rajin – rajinlah membersihkan gigi dan memperhatikan kesehatan gigi dan gusi Anda.

Perhatikan tips nomor satu sampai dengan empat yang merupakan kunci utama sebelum melakukan tips lainnya.

Lakukan rangkaian tips nomor 1 sampai dengan 4 tersebut saat sahur dan berbuka puasa guna menghindari bau mulut yang tidak diinginkan. Selamat berpuasa.

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here