Mengapa Menstruasi Lama dan Berkepanjangan? Temukan Jawabanya Di Sini

2383
Mengapa Menstruasi Lama dan Berkepanjangan
Advertisement
Loading...

Mengapa Menstruasi Lama dan Berkepanjangan? – Semua wanita di dunia pasti pernah pernah merasakan menstruasi yang terjadi setiap bulannya berdasarakan siklus haid mereka.

Meskipun demikian, ada beberapa wanita yang tidak mengetahui bagaimana proses terjadinya menstruasi hingga tanda menstruasi luput dari perhatian mereka, karena ketidaktahuan tersebut, ia akan kesusahan mencegah kelainan menstruasi yang ia alami.

Penting bagi setiap perempuan untuk mengenali dan mengetahui bagaimana proses menstruasi, pengenalan tersebut berguna untuk memperoleh gambaran mengenai langkah terbaik dalam mengurangi resiko yang akan terjadi di kemudian hari.

Sebagaimana yang telah kami jelaskan secara rinci pada artikel yang lalu (baca: proses menstruasi). Secara sederhana menstruasi dapat diartikan sebagai proeses pendarahan yang terjadi pada masa tidak terjadinya ovulasi (terdapat pembuahan di dalam rahim).

Secara tersirat, pengertian tersebut memberikan gambaran bahwa proses menstruasi akan terus berlangsung selama masa pembuahan dan akan berhenti pada masa menopause.

Advertisement
Loading...

Secara umum menstruasi terjadi lebih awal, lalu disusul dengan pendarahan dari rahim yang berlangsung selama beberapa hari.

Kemudian, datang bulan terjadi saat sel telur keluar dari indung telur yang tidak disertai dengan pembuahan dari sel sperma.

Proses tersebut akan berdampak pada peluruhan sel telur di dalam rahim.

Jika proses menstruasi Anda mengikuti pola di atas, berarti haid yang Anda alami sejauh ini masih tergolong normal, berbeda dengan haid yang berlangsung lebih lama (melebihi 7 hari), tidak tergolong ke dalam menstruasi normal.

Mungkin Anda juga pernah mengalami hal demikian, namun rasa panasaran tidak menggerakan kaki untuk mengetahui lebih lanjut, padahal dalam ilmu medis menstruasi dengan jenis seperti di atas (masa haid lama dari biasanya) dikategorikan ke dalam menstruasi tidak normal.

Secara umum proses atau siklus menstruasi normal akan terjadi dalam rentang waktu 21 sampai 35 hari dengan frekuensi waktu 3 hingg 7 hari. Sedangkan volume sel telur dalam kondisi menstruasi normal berkisar pada 35 hingga 150 ml.

Lalu pertanyaan yang timbul,

Kenapa menstruasi saya lebih dari 7 hari atau berlansung lebih lama lagi? Berapakah Volume darah yang dikatakan tidak normal?

Inilah sebagian pertanyaan yang timbul dari beberapa wanita hingga menimbulkan kegelisahan mendalam.

Jika Anda termasuk dari salah satu wanita tersebut, maka kami pastikan Anda terbiasa mengabaikan masalah menstruasi.

Ada beberapa masalah yang terjadi ketika proses datang bulan terasa lebih lama dari biasanya.

Salah satu di antaranya adalah gangguan pada uterus atau disebut dengan Disfunctional Uterine Bledding (baca: gangguan menstruasi).

Jika Anda masih tidak mengerti dengan gangguan menstruasi tersebut, akan kami jelaskan secara bertahap yang disertai dengan beberapa kasus yang umum terjadi pada wanita.

Disfunctional Uterine Bledding atau biasa disebut dengan gangguan uterus merupakan sebuah masalah yang biasa terjadi pada bagian uterus dan mengakibatkan keluarnya darah dari rahim secara berlebihan.

Sayangnya kejadian gangguan uterus beriringan dengan masa tahap usia produktif sehingga sering membuat proses menstruasi terasa lebih lama.

Mengapa hal tersebut terjadi? Apakah ada kejadian khusus yang memicu?

Terdapat beberapa fakror yang melatarbelakangi gangguan uterus, di antaranya:

Gangguan metabolisme hormon pada organ tubuh tertentu seperti otak, rahim, dan indung telur. Namun gangguan pada hormon tersebut tidak disertai dengan adanya kelainan pada organ reproduksi.

Selain itu gangguan ini diawali dengan kondisi uterus yang tidk berfungsi secara baik dan ditandai dengan perdarahan secara berlebihan.

Untuk memperkaya pemahaman mengenai gangguan ini, kami berikan sebuah gambaran khusus cirri-ciri umum menstruasi yang berkepanjangan.

Jika Anda mengalami menstruasi melebihi dari hari-hari biasa, misalanya berlangsung lebih dari 7 hari.

Atau darah menstruasi melebihi dari kata wajar. Meskipun ini berbeda dengan gangguan menstruasi 2 kali dalam sebulan.

Kesimupulan pertama yang dapat dijadikan pegangan yaitu Anda mengalami gangguan uterus .

Lantas bagaiamana solusinya? Apa yang harus saya kerjakan?

Seperti yang kami sebutkan di atas, gangguan ini dikategorikan dalam menstruasi yang tidak normal.

Sehingga rata-rata gangguan uterus pada wanita dapat berakibat fatal jika tidak diatasi dengan penangan khusus dari seorang ahli.

Kami sangat menyarankan untuk menghubungi dokter sepesialis untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat dan penangan lebih khusus.

Untuk mendiagnosa adanya gangguan, Anda akan memerlukan beberapa tahapan mulai dari tes wawancara seputar proses menstruasi dan kondisi kejiwaan Anda.

Ada baiknya saat akan melakukan wawancara perhatikan kondisi psikis Anda, Jaga mood tetap baik saat menstruasi berlangsung.

Kemudian setelah menjalani tes wawancara, Anda akan melakukan tahapan selanjutnya yaitu pemeriksaan kesehatan secara umum untuk mengetahui penyebab utama pendarahan tersebut.

Pemeriksaan ini akan menghasilkan beberapa diagnosa seputar apakah proses menstruasi yang panjang tadi dikarenakan infeksi, tumor, abortus, atau ada gangguan lainnya.

Sebaliknya, Jika tidak ditemukan kelainan atau permasalahan serius maka langkah yang akan dilakukan adalah menghentikan pendarahan. Tetapi jika kadar Hb kurang dari 80 % maka harus dilakukan transfusi darah.

Ada beberapa segelintir wanita yang tidak ingin repot melakukan tahapan pemeriksaan di atas sehingga meraka cenderung mengkonsumsi obat.

Perlu dipahami bahwa pemilihan obat menstruasi harus di bawah pengawasan dokter. Karena ada beberapa kasus wanita alergi terhadap obat tertentu yang akan berdampak pada kesehatan.

Informasi seputar Mengapa Menstruasi Lama dan Berkepanjangan? bisa saja dapat ditemukan hal-hal yang diluar kewajaran, kami sangat menyarankan untuk segera berkonsultasi ke Dokter.

Jangan sungkan menanyakan perihal yang sedang dialami, mendiskusikan aktivitas yang sedang dilakukan, penggunaan obat yang sejauh ini telah diminum.

“Jangan mengambil tindakan sendiri untuk mengurangi permasalahan yang dapat timbul dikemudian hari”

Loading...
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here