Mblusuk Wisata Alam Jogja? 16 Air Terjun Terindah di DIY, Selalu Menanti Kunjunganmu

1694
Wisata Alam Air Terjun Jogja
Wisata Alam Air Terjun Jogja

Wisata Alam Air Terjun Jogja – Berbagai jenis destinasi wisata di daerah istimewa Yogyakarta selalu menarik perhatian masyarakat Indonesia hingga mancanegara. Jogja bukan hanya populer sebagai kota budaya namun juga kota wisata yang menawarkan ragam potensi wisata yang penuh warna.

Selain situs budaya yang penuh dengan nilai historis, wisata alam di Jogja juga tidak bisa dipandang sebelah mata, mulai dari wisata pegunungan, pantai, hingga keberadaan air terjun yang semakin terekspose akhir-akhir ini.

Sebagai tempat wisata alternatif setelah pantai, air terjun banyak dijadikan wisatawan sebagai tempat rehat dari berbagai rutinitas di lingkungan mereka. Tidak hanya itu, ada banyak golongan masyarakat yang berbondong-bondong meluangkan waktu ke jenis wisata ini. Dari pelajar, mahasiswa, hingga beberapa keluarga dapat kamu temukan di obyek wisata ini.

Beberapa air terjun di Jogja bahkan bisa dikatakan tersembunyi dan masih alami, sehingga cocok bagi Kamu yang ingin berpetualang selama liburan di Jogja. Dari sekian banyak air terjun yang dapat dinikmati di kota pelajar ini, Arwini.com akan memberikan beberapa rekomendasi terkait air terjun terbanyak dikunjungi oleh masyarakat Jogja dan Sekitarnya.

1. Air Terjun Sri Gethuk, Gunung Kidul, DIY

Air terjun Sri Gethuk merupakan air terjun terfavorit di Gunung Kidul yang selalu sayang untuk dilewatkan. Terletak di Dusun Menggora, Bleberan, Playen, Gunungkidul, air terjun ini memiliki volume air yang melimpah ruah yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Bebatuan yang tersusun rapi dan apik di bawah guyuran air terjun menghadirkan nuansa alami mempesona sangat cocok dijadikan tempat selfie ria. Tidak hanya di musim hujan, di musim kemarau pun genangan air dari kucuran bukit terdekat selalu mengalir deras. Jadi jangan khawatir untuk tidak menikmati tempat wisata ini, kamu dapat bersua kapanpun kamu ingingkan.

Saat kamu mencoba untuk berdiri dibawah guyuran air terjun ini, kamu seakan tidak memiliki beban di pundak yang selalu menghiasi kehidupan kamu, beginilah yang admin alami. Admin bahkan telah menjawab panggilan air terjun tersebut sebanyak 5 kali. Selalu kangen untuk kesana.

Keindahan Air Terjun Sri Gethuk akan bertambah saat di musim hujan, dimana pesona pelangi kerap kali menghiasi awan, hal in dapat kamu nikmati saat menengadahkan wajah ke langit di tengah-tengah bebukitan.

Setelah sampai diparkiran kamu dapat menggapai lokasi air terjun ini dengan dua jalur, jalur pertama menggunakan rakit 5 ribu pulang peri dan jalur kedua dengan berjalan kaki.

2.  Air Terjun Kedung Pedut, Kulon Progo, DIY

Air Terjun Kedung Pedut Adalah pilihan kedua setelah Srigethuk. Lokasi air terjun ini terletak di dusun Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo. Air terjun ini tidak sama dengan beberapa air terjun yang ada di DIY, keunikan tersebut terletak pada warna air yang tidak biasa, yaitu hijau toska dan putih.

Dari keunikan ini, tidak jarang para pengunjung menyambangi lokasi wisata ini karena penasaran pada warna yang ia miliki. Warna putih merupakan warna alami dari air terjun ini yang mengalir dari dataran tinggi ke dataran rendah.

Berbeda dengan warnah hijau toska yang terbentuk dari bebatuan di bawah air terjun, pelarutan dari bebatuan inilah yang seolah warna hijau di air.

Keistimewaan lain dari Air Terjun Kedung Petut adalah sebuah kolam alami yang menampakkan suasana alam nan asri, sangat cocok bagi kamu yang suka berenang. “Kedung”, begitulah sebutan kolam alami ini. Adalah sebuah cekungan yang terisi air dan diperkirakan memiliki kedalaman sekitar dada orang deawasa.

Air Terjun Kedung Petut dapat digolongkan destinasi wisata yang baru di Kulon Progo Yogyakarta. Akan tetapi, fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola terbilang sudah sangat baik.

Saat berjalan di jalan setapak dari lokasi parkir menuju Air Terjun Kedung Petut, kamu tidak perlu khawatir jika kerongkongan kamu terasa haus. Di sepanjang jalan menuju lokasi tersedia beberapa spot penjual makanan dan minuman ringan.

Pesona alam yang indah ditambah fasilitas yang mumpuni tak ada alasan untuk tidak menyempatkan diri mengunjungi Air Terjun Kedung Petut.

3. Air Terjun Jurang Pulosari, Bantul

Wisata air terjun di Yogyakarta yang selanjutnya tak boleh untuk dilewatkan adalah Air Terjun Julang Pulosari. Wisata Jogja ini dapat digolongkan sebagai destinasi wisata yang masih tersembunyi di Yogyakarta. Lokasinya berada di Desa Wisata Krebet Sendangsari, Pajangan – Bantul. Letaknya berada diantara dua perbukitan di Bantul yang masih sangat sejuk dan asri.

Volume air yang dihasilkan oleh Air Terjun Jurang Pulosari pada musim hujam lebih deras. Begitu sebaliknya, saat musim kemarau volumenya mengecil. Untuk bisa mengunjungi destinasi wisata yang satu ini, kamu hanya perlu membayar tiket parkir saja.

Tak ada pungutan biaya masuk ke Air Terjun Jurang Pulosari. Jika sudah kesini, jernihnya air dengan keindahan alam yang mempesona dari Air Terjun Julang Pulosari akan membuatmu tertarik untuk kembali lagi.

4. Air Terjun Lepo, Bantul

Terletak di Dusun Pokoh I, Dlingo, Bantul, Air Terjun Lepo menyuguhkan pesona alam nan sejuk dan asri diantara gemericik air yang mengalir. Bisa ditempuh dalam waktu satu setengah jam dari pusat kota Jogja, air terjun lepo masih tersembunyi dan memiliki tiga tingkatan besar dengan masing-masing kolam yang bisa digunakan untuk bermain air.

Salah satu tingkatan bahkan menyerupai balok bersusun dari bebatuan alami yang menjadikan air terjun ini semakin unik dan menarik untuk dijelajahi. Suasana alam yang indah ditambah dengan segarnya air yang menyentuh kulit membuat Kamu akan betah untuk berlama-lama di tempat ini, terlebih dengan adanya warung-warung makan di sekitar lokasi yang menyajikan berbagai menu khas yang menggugah selera. Dengan membayar retribusi seikhasnya, Kamu bisa merefresh segala beban pikiran dan kepenatan dengan berlibur di tempat ini.

5. Air Terjun Randusari, Bantul

Jika Kamu mengunjungi Puncak Becici ataupun Hutan Pinus yang sudah cukup populer belakangan ini, maka tidak ada salahnya Kamu juga singgah di Air Terjun Randusari yang terletak di Dusun Rejosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul.

Untuk mencapai lokasi air terjun Kamu bisa berjalan sekitar 15 menit dari area parkir kawasan Air Terjun Randusari dan setibanya di lokasi Kamu akan disuguhi dengan pemandangan air terjun yang eksotis berupa dua air terjun yang berdampingan.

Kamu pun bisa bermain air, berenang atau berendam karena kedalaman kolam hanya sekitar 1 meter saja. Bagi Kamu yang tidak suka berbasah-basahan cukup menikmati gemericik air dan kicauan burung sambil rebahan di hammock.

6. Air Terjun Sidoharjo, Kulonprogo

Air terjun yang tersembunyi ini berada di pelosok Samigaluh, tepatnya di Dusun Gonolangu, Desa Sidoharjo, Samigaluh, Kulonprogo. Dengan ketinggian air mencapai sekitar 75 meter, Kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam yang elok nan menawan.

Kamupun harus siap berbasah-basahan dengan derasnya air terjun meski berada dalam radius beberapa meter dari air terjun ini. Keberadaan bunga-bunga liar di lokasi air terjun tentu semakin memperindah nuansa alam yang ada ditambah dengan beberapa kera berekor panjang yang kadang menampakkan diri bergelayutan di atas pohon.

Saat yang paling tepat untuk menikmati keindahan air terjun ini adalah pada musim penghujan, karena jika musim kemarau debit air akan berkurang.

7. Air Terjun Curug Luweng Sampang, Gunung Kidul

Curug Luweng Sampang menjadi salah satu air terjun ekstotis di Jogja yang layak untuk Kamu sambangi. Terletak di Dusun Karangasem, Sampang, Gedangsari, Gunung Kidul, air terjun ini menyajikan keelokan bebatuan alami diantara gemericik air yang mengalir.

Air terjun di lokasi ini relatif kecil dengan diapit dua batu raksasa yang memiliki corak unik nan memikat. Menurut informasi dari warga setempat, di balik curug terdapat sebuah terowongan yang diyakini sebagai tempat Sunan Kalijaga bersemedi.

8. Air Terjun Curug Setawing, Kulonprogo

Berada di perbukitan Menoreh yang hijau, Curug Setawing menyajikan keindahan alami aliran air yang melucur deras dengan ketinggian mencapai sekitar 45 meter. Terletak di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo.

Keindahan air terjun akan semakin menawan di musim penghujan karena debit airnya cenderung lebih banyak dengan pepohonan yang rindang di sekitarnya. Untuk mencapai lokasi air terjun pastikan kendaraan Kamu dalam kondisi prima dan berkendaralah dengan lebih hati-hati terutama di musim hujan karena jalanan yang menanjak cenderung lebih licin.

9. Air Terjun Grojogan Sewu, Kulonprogo

Bukan hanya di Jawa Tengah, di Jogja pun ada Grojogan Sewu yang terletak di Dusun Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Banyaknya aliran air yang ada menjadikan lokasi ini dikenal dengan Grojogan Sewu yang menyuguhkan keindahan air jernih meski di musim penghujan sekalipun. Pepohonan yang menghijau di sekitar lokasi air terjun seolah menjadi peneduh bagi siapapun yang ingin menghirup segarnya udara di alam bebas yang asri.

10. Air Terjun Curug Indah Tegalrejo Gunung Kidul

Curug yang masih sangat alami ini terletak di Desa Tegalrejo, Gedangsari, Gunung Kidul. Curug ini juga dikenal dengan beberapa nama yang berbeda, seperti Curug Gedangsari dan Curug Bayat, namun nama Curug Indah Tegalrejo mungkin lebih populer di kalangan traveller.

Di lokasi wisata ini Kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam yang memukau dengan aliran air jernih di bawah tebing dimana air terpecah menjadi tiga bagian yang indah.

Setidaknya ada dua buah air terjun di lokasi ini, namun demikian air terjun yang berada di atas lebih populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Beberapa cekungan yang ada di lokasi air terjun memiliki kedalaman sekitar 2-3 meter sehingga tidak disarankan bagi yang tidak bisa berenang. Untuk mencapai air terjun eksotis ini lebih disarankan lewat jalur Klaten karena akses jalannya lebih mudah.

11. Air Terjun Curug Banyu Nibo Bantul dan Gunung Kidul

Dalam istilah Jawa, Banyu Nibo bisa diartikan sebagai air yang jatuh sehingga banyak air terjun tersembunyi yang akhirnya diberi nama Banyu Nibo. Di Jogja sendiri ada beberapa curug yang dikenal dengan nama Banyu Nibo diantaranya adalah Curug Banyu Nibo di Pajangan, tepatnya di Dusun Kabrokan Kulon, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul.

Lokasi wisata alam yang satu ini menyajikan keindahan yang mampu menenangkan pikiran Kamu di antara gemericik air yang mengalir dan terpaan angin yang sejuk alami. Meski debit air sedikit berkurang di musim kemarau, namun setidaknya Kamu bisa sejenak rehat dan menghirup udara segar di lokasi Curug Banyu Nibo ini.

Selain di Pajangan, Curug Banyu Nibo juga ada di Dusun Sanggrahan 2, Desa Muntuk, Dlingo, Bantul. Untuk mencapai lokasi curug ini, Kamu bisa melewati arah menuju Hutan Pinus yang sudah cukup populer. Akses menuju ke lokasi curug hanya bisa dilalui oleh sepeda motor dan sepeda, untuk sepeda motor pun harus dititipkan di rumah warga dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki melalui medan tracking yang licin dan berbatu.

Curug Banyu Nibo juga bisa ditemukan di Dusun Batur, Desa Putat, Patuk, Gunung Kidul. Air terjun yang satu ini menyuguhkan keindahan alam yang begitu mempesona, meski tidak dapat dilihat dari jarak jauh akibat bebatuan yang menghalangi.

12. Air Terjun Curug Gede, Gunung Kidul

Terletak di Dusun Gembyong, Desa Ngoro-oro, Patuk, Gunung Kidul curug yang memiliki ketinggian mencapai 30 meter ini berada di tengah lembah dan hutan yang menghijau. Di musim hujan, debit air di Curug Gede cukup banyak sehingga aliran airnya relatif deras.

Di lokasi ini, Kamu juga bisa merasakkan sensasi melewati jembatan gantung yang cukup memacu adrenalin. Lokasinya yang berdekatan dengan Gunung Api Purba Nglanggeran cukup memudahkan bagi kamu yang ingin sekalian menyambangi air terjun eksotis ini.

13. Air Terjun Tlogo Muncar Sleman

Berada di kawasan Taman Wisata Kalliurang tepatnya di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman, Yogyakarta air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 30-45 meter dengan kondisi air yang jernih dan dingin. Ditambah dengan hawa sejuk pegunungan dan lingkungan yang asri semakin menambah ketenangan bagi kamu yang ingin melepas kepenatan. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap seperti taman bermain anak, kolam Tlogo Putri hingga hutan wisata, camping ground dan penginapan.

Untuk informasi seputar tiket masuk air terjun ini dapat dibaca pada artikel kami kawasan wisata kaliurang. Selain air terjun ini, ada banyak obyek wisataa yang dapat kamu nikmati di tempat ini.

14. Air Terjun Curug Kembar Sleman

Berada di wilayah yang tersembunyi diantara rimbunan pepohonan di perbukitan Prambanan Curug Kembar terletak di Dusun Candisari, Wukirharjo, Prambanan, Sleman. Curug yang dikenal dengan nama Curug Kembar Jurang Gandul ini mungkin belum banyak diketahui oleh para traveller.

Akses jalan yang cukup sulit dan licin di musim penghujan, mengharuskan Kamu untuk tetap berhati-hati selama di perjalanan menuju ke lokasi air terjun eksotis ini. Saat Kamu berada di kecamatan Prambanan jangan cuma mengunjungi Candi Prambanan, cobalah untuk mampir di tempat ini.

Di balik aliran air terjun terdapat rongga yang memungkinkan Kamu untuk menikmati keindahan unik dari bawah. Dengan ketinggian mencapai sekitar 10 meter Kamu bisa menikmati aliran air yang jatuh dan mendengarkan harmoni alam diantara gemericik air yang begitu menenangkan.

Demikianlah Daftar 16 Wisata Alam Air Terjun Terindah di Jogja, yang Selalu Menanti Kunjunganmu. Selamat Menikmati

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here